Panduan Membuka Toko Etsy untuk Pemula (2024)

Pernahkah Anda memiliki hobi membuat karya seni, aksesoris unik, atau produk kerajinan tangan yang memukau?

Pernahkah Anda kepikiran untuk mengubah hobi tersebut menjadi sumber penghasilan? Jika iya, membuka toko online di Etsy bisa menjadi jalan ninja Anda!

Etsy, platform marketplace online yang khusus menjual barang-barang vintage dan handmade, bisa menjadi jembatan untuk memasarkan kreativitas Anda ke seluruh dunia.

Tanpa perlu modal besar untuk sewa toko fisik dan ribet mengurus perizinan, Anda bisa menjangkau pembeli internasional dan meraup keuntungan.

Tapi, bagaimana cara membuka toko Etsy untuk pemula? Tenang, panduan langkah-demi-langkah ini akan menemani Anda, dari registrasi hingga produk pertama terjual!

Apa Itu Etsy?

Etsy adalah platform e-niaga online yang didirikan pada tahun 2005 untuk menjual barang-barang buatan tangan, antik, dan unik.

Etsy merupakan pasar online untuk pengrajin, seniman, dan kolektor independen untuk menjual produk mereka ke pembeli di seluruh dunia.

Etsy memiliki ceruk pasar untuk barang-barang khusus, seperti perhiasan, pakaian, karya seni antik, dekorasi rumah, barang hewan peliharaan, dan barang vintage.

Pada tahun 2018, Etsy memiliki lebih dari 60 juta listing.

Etsy memiliki lebih dari 95 juta pembeli setiap tahunnya dan biaya penjual Etsy umumnya sekitar 10% dari total harga jual pembeli Anda.

Menjual di Etsy jauh lebih murah daripada Amazon dan memiliki lebih banyak lalu lintas dibandingkan dengan pasar yang lebih kecil.

Pada tahun 2024, biaya listing di Etsy tetap sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu $0,20 per listing pribadi.

Biaya ini dibebankan terlepas dari apakah barang tersebut terjual atau tidak. Listing tersebut tetap aktif selama empat bulan atau sampai barang tersebut terjual.

Selain biaya listing, Etsy juga membebankan biaya-biaya lain, seperti:

  • Biaya transaksi: 6,5% dari total harga jual
  • Biaya pemrosesan pembayaran: 3% dari total harga jual + $0,25
  • Biaya pengiriman: Biaya label pengiriman + biaya tambahan (asuransi)
  • Biaya iklan Etsy: 12% dari total harga jual
  • Biaya Etsy Plus: $10 per bulan

Nah, hal ini juga tergantung pada bisnis Anda, Anda mungkin juga dikenakan biaya lain, seperti pajak penjualan negara bagian, GST, PPN, atau bea masuk.

Baca Juga: Panduan Pemula: Rahasia Sukses Berjualan di Amazon

Jenis Produk yang Laris di Etsy

Lalu, jenis produk apa saja yang laris di jual di platform etsy ini?

Variannya sangat luas! Berikut beberapa contoh kategori produk yang banyak diminati:

  • Perhiasan: Kalung, gelang, anting, cincin buatan tangan dari berbagai bahan, seperti liontin kayu, manik-manik unik, atau perhiasan dengan desain kontemporer.
  • Pakaian dan Aksesoris: Baju batik handmade, tas rajut dengan motif eksentrik, topi buatan tangan dari bahan rami, hingga syal dengan motif tradisional.
  • Dekorasi Rumah: Lilin aromaterapi buatan tangan, bingkai foto dari kayu reklamasi, keset pintu dengan motif lucu, hingga pernak-pernik unik untuk mempercantik ruangan.
  • Perlengkapan Pesta: Kartu ucapan dengan desain personal, hiasan kue dengan bentuk handmade, topi pesta dengan tema spesifik, hingga pinata berbentuk karakter favorit.
  • Vintage: Pakaian vintage dari berbagai era, perabot antik, kamera klasik, hingga piringan hitam koleksi yang langka.

Kenapa Memilih Berjualan di Etsy?

Ada beberapa alasan kenapa Etsy menjadi pilihan yang menarik untuk para penjual online, khususnya para pengrajin dan penjual barang unik:

Target Pasar yang Tepat:

Etsy secara khusus menyasar para pembeli yang mencari barang buatan tangan, vintage, dan perlengkapan kerajinan tangan. Ini berarti peluang produk Anda dilihat oleh pembeli yang memang tertarik dengan jenis barang tersebut.

Komunitas yang Supportif:

Komunitas penjual di Etsy sangat aktif dan saling mendukung. Anda bisa bertukar pikiran, mencari inspirasi, dan saling membantu untuk mengembangkan bisnis Anda.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan bergabung dalam komunitas ini, di antaranya:

  • Bertukar pikiran dan pengalaman: Anda dapat bertukar ide, tips, dan strategi dengan penjual lain untuk meningkatkan bisnis Anda. Ini bisa menjadi sumber informasi dan wawasan yang sangat berharga, terutama bagi pemula.
  • Mencari inspirasi: Komunitas Etsy penuh dengan kreativitas. Anda dapat melihat karya orang lain untuk mendapatkan inspirasi dan ide baru untuk produk Anda sendiri.
  • Saling membantu: Jika Anda mengalami kesulitan dengan sesuatu, kemungkinan besar ada penjual lain yang dapat membantu Anda. Komunitas Etsy adalah tempat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan dukungan.
  • Membangun jaringan: Semakin banyak Anda terlibat dalam komunitas, semakin banyak orang yang akan mengenal Anda dan bisnis Anda. Ini dapat membantu Anda menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.
  • Meningkatkan moral: Menjadi bagian dari komunitas yang suportif dapat sangat memotivasi. Ketika Anda melihat orang lain sukses di Etsy, itu dapat mendorong Anda untuk mencapai tujuan Anda sendiri.

Ada banyak cara untuk terlibat dalam komunitas penjual Etsy. Anda dapat bergabung dengan grup Facebook, forum online, atau menghadiri acara lokal.

Anda juga dapat mengikuti penjual lain di Etsy dan berinteraksi dengan mereka di media sosial.

Kemudahan Penggunaan:

Membuka toko di Etsy cukup mudah dan tidak membutuhkan keahlian teknis yang tinggi. Platform ini menyediakan antarmuka yang user-friendly dan proses listing produk yang sederhana.

Potensi Penjualan Global:

Etsy memiliki basis pembeli dari seluruh dunia. Ini berarti produk Anda berpotensi dilihat dan dibeli oleh orang dari berbagai negara.

Persiapkan Diri: Produk Andalah Bintangnya!

Sebelum kita menyelam ke dunia Etsy, mari luangkan waktu untuk memoles bintang utama toko Anda: produk.

Apa yang akan Anda jual? Pikirkan baik-baik jenis produk yang Anda buat dan minati pasar. Etsy identik dengan barang unik dan berkualitas, jadi pastikan produk Anda memiliki ciri khas yang memikat pembeli.

Yuk kita brainstorming! Misalnya, Anda jago merajut. Anda bisa menawarkan syal rajut motif tradisional Indonesia atau tas jinjing rajut dengan desain kekinian.

Selain produk, pikirkan juga tentang cerita di baliknya. Cerita ini bisa berupa kisah inspiratif di balik proses pembuatan, penggunaan bahan-bahan lokal, atau nilai budaya yang terkandung.

Dengan cerita yang emosional, pembeli akan lebih terhubung dengan produk Anda.

Perlu Anda ketahui, terdapat produk digital terlaris di Etsy yang mencakup berbagai macam kreativitas.

Berikut adalah beberapa contoh produk digital yang laku keras di Etsy:

Templat: Ini adalah salah satu jenis produk digital paling populer di Etsy. Templat dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti presentasi, media sosial, perencanaan acara, dan banyak lagi.

Templat

Cetakan digital: Cetakan digital adalah file yang dapat diunduh dan dicetak di rumah atau di percetakan. Cetakan digital dapat berupa karya seni, kutipan inspirasional, atau grafik lainnya.

Cetakan digital

Font:Font adalah jenis huruf digital yang dapat digunakan untuk membuat teks yang terlihat unik dan profesional.

Font

Ebook:Ebook adalah buku elektronik yang dapat diunduh dan dibaca di perangkat elektronik seperti komputer, tablet, atau smartphone. Ebook dapat tentang berbagai macam topik, seperti kerajinan tangan, bisnis, keuangan pribadi, dan pengembangan diri.

Ebook

Alat peraga digital:Alat peraga digital adalah grafik atau gambar yang dapat digunakan untuk membuat presentasi, laporan, atau materi pemasaran lebih menarik.

Alat peraga digital

Pola jahit: Pola jahit digital adalah file yang dapat diunduh dan digunakan untuk membuat pakaian atau aksesoris.

Pola jahit

Musik: Beberapa musisi independen menjual musik mereka dalam bentuk digital di Etsy.

Ikon dan grafik:Ikon dan grafik adalah gambar digital yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti desain web, desain grafis, dan pengembangan aplikasi.

Ikon dan grafik

Perlu dicatat bahwa ini hanyalah beberapa contoh produk digital terlaris di Etsy. Ada banyak jenis produk digital lainnya yang laku keras di platform ini. Untuk menemukan produk yang tepat untuk dijual, penting untuk melakukan riset dan melihat apa yang sedang tren.

Membuka Toko Etsy: Step-by-Step untuk Pemula

Waktunya eksekusi! Mari kita buka toko Etsy Anda bersama-sama.

  1. Buat Akun Etsy. Prosesnya cepat dan mudah. Anda bisa menggunakan akun Google atau email untuk registrasi.
  2. Atur Preferensi Toko. Ini saatnya menentukan mata uang yang digunakan, bahasa toko, dan lokasi Anda. Pilihlah pengaturan yang memudahkan Anda dan calon pembeli.
  3. Pilih Nama Toko yang Menawan. Ingat, nama toko adalah identitas brand Anda. Pilihlah nama yang singkat, mudah diingat, dan mencerminkan produk yang Anda jual. Sedikit tips: gunakan kata kunci yang relevan dengan produk Anda agar pembeli mudah menemukan toko Anda di mesin pencari Etsy.
  4. Tambahkan Listing Produk Pertama Anda. Ini dia momen yang paling ditunggu! Siapkan foto produk berkualitas tinggi, deskripsi produk yang jelas dan menarik, serta tentukan harga yang kompetitif. Jangan lupa tambahkan kategori dan subkategori yang sesuai agar produk Anda mudah ditemukan.
  5. Setting Up Pembayaran. Etsy menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang aman dan terpercaya. Pilihlah metode yang sesuai dengan negara Anda dan kenyamanan pembeli.
  6. Biaya Penjualan dan Pengiriman. Etsy membebankan biaya listing dan transaksi pada penjual. Pelajarilah struktur biaya ini dan faktornya ke dalam penetapan harga produk Anda. Untuk urusan pengiriman, tentukan layanan yang Anda tawarkan (misalnya flat rate atau berdasarkan berat barang) dan pastikan Anda mengetahui biaya kirim ke negara tujuan.

Optimasi Toko Etsy: Strategi Jitu untuk Penjualan Maksimal

  • Foto Produk Berkualitas Tinggi. Ingat pepatah lama: “Gambar berbicara lebih banyak daripada kata-kata.” Foto produk yang jernih, detail, dan menarik bisa menjadi senjata ampuh untuk memikat pembeli. Jika memungkinkan, gunakan model untuk menampilkan produk yang sedang dipakai.
  • Deskripsi Produk yang Memikat. Jangan sepelekan kekuatan deskripsi produk! Tulislah deskripsi yang jelas, informatif, dan yang terpenting, menarik. Ceritakan kisah di balik produk Anda, tonjolkan keunikannya, dan gunakan kata kunci yang relevan untuk pencarian.
  • Promosikan Toko Anda. Jangan hanya menunggu pembeli datang dengan sendirinya. Promosikan toko Anda di media sosial, forum komunitas online yang sesuai dengan target market Anda, atau ikut serta dalam pameran virtual.
  • Jalin Hubungan dengan Pembeli. Etsy bukan hanya platform jual-beli, tapi juga komunitas. Balas komentar dan ulasan pembeli dengan ramah dan profesional. Tunjukkan apresiasi Anda dan tawarkan bantuan jika mereka memiliki pertanyaan.

Strategi Sukses: Meraih Penjualan Pertama dan Selanjutnya

Jika sudah ada notifikasi seperti “Selamat! Toko Anda sudah resmi dibuka”, maka Anda sudah bisa buka tokonya di marketplace etsy.

Akan tetapi, pekerjaan belum selesai. Sekarang saatnya memoles toko Anda agar semakin menarik dan mendatangkan pembeli.

Nah, berikut ini strategi agar Anda meraih penjualan maksimal: 

Optimasi Listing

Pertama Anda harus mengoptimasi listing seperti:

Riset Kata Kunci:

Melakukan riset kata kunci secara berkala dan menyesuaikan listing Etsy Anda dengan kata kunci yang sedang tren sangat penting untuk meningkatkan visibilitas produk Anda dan menarik lebih banyak pembeli. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda:

Langkah 1: Temukan kata kunci yang relevan

  • Pikirkan kata kunci yang akan digunakan pembeli untuk mencari produk Anda.
  • Gunakan alat bantu riset kata kunci Etsy seperti Marmalead, Erank, atau Google Keyword Planner.
  • Perhatikan kata kunci yang digunakan pesaing Anda di judul, tag, dan deskripsi listing mereka.
  • Pertimbangkan kata kunci ekor panjang yang lebih spesifik dan kurang kompetitif.

Langkah 2: Gunakan kata kunci Anda dengan tepat

  • Masukkan kata kunci utama Anda di judul listing Anda.
  • Gunakan kata kunci sekunder Anda di tag dan deskripsi listing Anda.
  • Sebarkan kata kunci Anda secara alami di seluruh copy listing Anda.
  • Hindari keyword stuffing.

Langkah 3: Lacak dan ukur hasil Anda

  • Gunakan alat bantu analisis Etsy untuk melacak berapa banyak orang yang menemukan listing Anda melalui kata kunci tertentu.
  • Sesuaikan strategi kata kunci Anda berdasarkan data yang Anda kumpulkan.

Tips tambahan:

  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan produk Anda.
  • Gunakan kata kunci yang spesifik dan ditargetkan.
  • Gunakan kata kunci yang sedang tren.
  • Perbarui listing Anda secara berkala dengan kata kunci baru.
  • Gunakan alat bantu gratis dan berbayar untuk membantu Anda dengan riset kata kunci.
strategi agar Anda meraih penjualan maksimal

Foto Produk Berkualitas Tinggi:

Foto produk yang berkualitas tinggi adalah salah satu aspek terpenting dari toko Etsy yang sukses.

Foto yang eye-catching dan menampilkan detail produk secara jelas akan menarik perhatian pembeli dan membuat mereka lebih cenderung untuk membeli produk Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan foto yang eye-catching dan menampilkan detail produk secara jelas di toko Etsy Anda:

1. Gunakan pencahayaan yang baik. Foto yang diambil dalam pencahayaan yang terang dan alami akan terlihat lebih profesional dan menarik. Hindari menggunakan pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu gelap.

2. Gunakan latar belakang yang netral. Latar belakang yang netral akan membantu produk Anda menonjol. Hindari menggunakan latar belakang yang terlalu ramai atau mengganggu.

3. Gunakan fokus yang tajam. Pastikan produk Anda difokuskan dengan tajam dalam foto. Ini akan membantu pembeli melihat detail produk dengan jelas.

4. Tampilkan detail produk dari berbagai sudut. Ambil foto produk Anda dari berbagai sudut untuk memberikan pembeli gambaran yang jelas tentang produk tersebut.

5. Gunakan gambar yang menunjukkan cara penggunaan produk. Jika memungkinkan, gunakan gambar yang menunjukkan cara penggunaan produk Anda. Ini akan membantu pembeli memahami manfaat produk Anda.

6. Gunakan foto yang menarik secara visual. Foto yang menarik secara visual akan menarik perhatian pembeli dan membuat mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

7. Gunakan alat pengeditan foto. Ada banyak alat pengeditan foto gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas foto Anda.

8. Optimalkan foto Anda untuk Etsy. Etsy memiliki persyaratan khusus untuk foto produk. Pastikan foto Anda sesuai dengan persyaratan tersebut sebelum mengunggahnya ke toko Anda.

Deskripsi Produk yang Menarik:

Tulis deskripsi produk yang informatif, persuasif, dan menghidupkan cerita di balik produk Anda

Promosi dan Pemasaran

Kedua, strategi penjualan dengan melakukan promosi dan pemasaran:

  • Media Sosial: Gunakan media sosial untuk mempromosikan toko Etsy Anda. Bagikan foto produk, cerita di balik produk, dan tawarkan promo menarik.
  • Iklan Etsy: Manfaatkan fitur iklan Etsy untuk menjangkau target audience yang lebih luas.
  • Berkolaborasi dengan Influencer: Ajukan kerjasama dengan influencer di niche Anda untuk mempromosikan produk Anda kepada followers mereka.
  • Ikut Komunitas Online: Bergabunglah dengan komunitas online yang relevan dengan produk Anda. Berbagi ilmu dan berkolaborasi dengan sesama artisan dapat membuka peluang baru.
  • Program Etsy Marketing: Ikuti program Etsy Marketing untuk mendapatkan tips dan panduan dalam memasarkan toko Anda.

Memberikan Layanan Terbaik

Ketiga, strategi penjualan dengan memberikan layanan terbaik:

  • Respon Cepat: Responlah pertanyaan dan pesan dari pembeli dengan cepat dan ramah.
  • Pengiriman Tepat Waktu: Pastikan Anda mengirimkan produk tepat waktu sesuai dengan estimasi yang diberikan.
  • Packaging yang Menarik: Kemas produk Anda dengan rapi dan menarik agar memberikan kesan first impression yang positif.
  • Pelayanan After-Sales yang Baik: Tetaplah terhubung dengan pembeli setelah pembelian dan tawarkan layanan after-sales yang memuaskan.

Analisis dan Adaptasi

Keempat, strategi penjualan dengan analisis dan adaptasi:

  • Pantau Performa Toko: Pantau data statistik toko Anda untuk melihat produk mana yang laris dan mana yang perlu dioptimalkan.
  • Gunakan Fitur Etsy Analytics: Etsy menyediakan fitur analytics yang dapat membantu Anda memahami perilaku pembeli dan meningkatkan strategi marketing Anda.
  • Terus Belajar dan Beradaptasi: Ikuti tren terbaru, pelajari tips dan trik dari penjual Etsy lainnya, dan jangan ragu untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

Tips Tambahan:

Adapun strategi penjualan tambahan lainnya yaitu:

  • Berpartisipasi dalam Etsy Treasury: Etsy Treasury adalah curated collection produk-produk unik dari berbagai penjual. Berpartisipasi di sini dapat meningkatkan visibilitas toko Anda.
  • Adakan Promo dan Diskon: Tawarkan promo dan diskon secara berkala untuk menarik pembeli baru dan meningkatkan penjualan.
  • Berikan Reward kepada Pelanggan Setia: Berikan reward seperti kupon diskon atau produk gratis untuk pelanggan setia yang sering berbelanja di toko Anda.
  • Jaga Kualitas Produk: Selalu jaga kualitas produk Anda agar pembeli puas dan kembali berbelanja di toko Anda.

Intinya, membuka toko Etsy ini merupakan langkah awal yang menyenangkan dalam membangun bisnis kreatif Anda.

Dengan dedikasi, kreativitas, dan strategi yang tepat, Anda dapat meraih keberhasilan dan menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Ingatlah untuk selalu passionate dengan produk Anda dan berikan layanan terbaik kepada pembeli agar mereka menjadi pelanggan setia toko Anda.

1. Apa saja produk yang boleh dijual di Etsy?

Etsy fokus pada produk handmade, vintage, dan supplies untuk pembuatan produk handmade. Beberapa contoh produk yang populer di Etsy antara lain:
Perhiasan
Aksesoris
Pakaian
Dekorasi rumah
Alat tulis dan seni
Mainan anak-anak
Produk digital (seperti pola jahit, template desain)

2. Berapa biaya untuk membuka toko Etsy?

Biaya membuka toko Etsy terbilang minimal. Anda hanya perlu membayar biaya listing sebesar $0.20 untuk setiap produk yang Anda tampilkan. Etsy juga membebankan biaya transaksi sebesar 3.5% dari harga jual produk Anda. Biaya ini sudah termasuk biaya pemrosesan pembayaran dan biaya iklan.

3. Bagaimana cara menentukan harga produk di Etsy?

Pertimbangkan beberapa faktor saat menentukan harga produk, seperti:
Biaya bahan baku dan pembuatan. Pastikan harga produk Anda cukup untuk menutupi biaya produksi dan memberikan Anda keuntungan.
Harga produk serupa di Etsy. Lakukan riset pasar untuk mengetahui harga rata-rata produk sejenis di Etsy.
Nilai dan keunikan produk Anda. Jika produk Anda memiliki kualitas tinggi, desain unik, atau nilai sentimental, Anda bisa mematok harga yang lebih tinggi.

4. Bagaimana cara mempromosikan toko Etsy saya?

Ada banyak cara untuk mempromosikan toko Etsy Anda, seperti:
Gunakan media sosial. Bagikan foto produk dan cerita menarik tentang toko Anda di Instagram, Facebook, Pinterest, dan platform lainnya.
Tulis blog atau artikel. Bagikan tips dan trik DIY, inspirasi desain, atau kisah di balik produk Anda. Sertakan link ke toko Etsy Anda di blog atau artikel.
Ikut serta dalam komunitas online. Bergabunglah dengan forum dan grup online yang relevan dengan niche produk Anda. Berbagi informasi dan membangun koneksi dengan calon pembeli.
Iklan berbayar. Etsy menawarkan platform iklan internal yang bisa Anda gunakan untuk menargetkan audiens yang tepat.

5. Bagaimana cara menangani keluhan pembeli di Etsy?

Menjaga reputasi toko online sangatlah penting. Berikut tips untuk menangani keluhan pembeli di Etsy:
Tanggapi dengan cepat dan profesional. Segera balas pesan pembeli yang menyampaikan keluhan. Tunjukkan bahwa Anda menghargai umpan balik mereka dan ingin membantu menyelesaikan masalah.
Minta maaf dengan tulus. Jika Anda melakukan kesalahan, akui dan minta maaf dengan tulus kepada pembeli. Tawarkan solusi yang adil dan memuaskan.
Pelajari dari pengalaman. Analisis keluhan pembeli untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki di toko Anda. Gunakan pengalaman ini untuk meningkatkan layanan dan kualitas produk Anda.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like