content marketing
|

9 Contoh Content Marketing & Manfaatnya untuk Bisnis-mu!

Content marketing merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran yang sangat penting untuk dapat meningkatkan penjualan Anda. Content marketing dapat digunakan dalam bisnis apa pun dengan berbagai jenis dan ukuran, termasuk usaha kecil dan menengah (UMKM).

Bagi seorang pebisnis, tantangan terberatnya adalah mendapatkan perhatian audiens. Nah, melalui artikel ini mari kita mengenal lebih jauh mengenai konsep content marketing, manfaat bagi pebisnis, hingga cara penerapannya.

content marketing

Penjelasan Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada produksi dan distribusi berbagai jenis konten. Jenis konten yang didistribusi ini memiliki nilai, relevansi, dan konsistensi untuk dapat menarik dan mempertahankan audiens yang menguntungkan bisnis Anda.

Menurut Neil Patel, pada dasarnya content marketing ini dilakukan untuk membangun relasi yang kuat dan juga dalam jangka waktu yang lama. Pada umumnya dalam membuat konten perlu dilakukan pengolahan yang kreativitas.

Bahwasannya konten yang dapat diberikan ini bermanfaat bagi audiens untuk membantu mereka memecahkan masalah, dan juga memberikan value kepada pembaca. Kemudian, dalam promosi Anda tidak boleh untuk meminta audiens atau calon pelanggan langsung membeli produk Anda.

Tentunya content marketing ini begitu penting untuk kesuksesan berbagai jenis bisnis. Selain itu, content marketing ini dijadikan sebagai gerbang pintu utama bisnis Anda untuk bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Bisa dibilang, content marketing ini merupakan sarana pemasaran yang sangat efektif apabila dapat dikelola dengan baik dan tepat.

Menurut laporan dari profitwell, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian,  47% konsumen melihat 3 sampai 5 konten. Melalui konten yang dikelola dan dioptimasi dengan baik, Anda bisa mencapai goal khususnya pada bisnis.

Adapun beberapa manfaat untuk melakukan strategi ini yaitu:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Membuat konten yang berkuliatas akan mendatangkan audiens. Brand awareness sendiri merupakan kemampuan audiens untuk langsung mengenali suatu brand hanya dengan melihat sesuatu, baik itu warna, logo, image, dan sebagainya.

Ketika konten Anda sudah ramai dan disukai banyak orang, akan meningkatkan ranking page, dan juga dapat membantu brand menjadi top of mind untuk pencarian topik serupa. Jadi, selalu pilih pembahasan yang berhubungan dengan tujuan perusahaan Anda dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

brand awareness

2. Mendatangkan Banyak Pelanggan

Pemasaran konten dapat digunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dengan menggunakan content marketing platform yang berbeda. Melalui konten yang bermanfaat dan disertai call-to-action akan mempermudah untuk mengajak dan membeli sebuah produk.

banyak pelanggan

3. Memperoleh Audiens yang Setia

Pada umumnya, seorang pembaca atau audiens punya kebebasan untuk memilih konten mana yang mereka sukai. Jika brand ingin lebih menonjol, maka wajib untuk menyajikan konten yang menarik dan positif bagi audiens. Sehingga, audiens akan datang kepada Anda secara sukarela dan menjadi setia.

audiens setia

4. Mendapatkan Investasi dengan Jangka Panjang

Metode content marketing ini adalah salah satu promosi yang dapat bertahan dalam waktu lebih lama. Misalnya, artikel di media website atau blog bisa diakses oleh pembaca kapan saja, selain itu video yang diposting di youtube dapat menarik jumlah penonton yang makin meningkat.

Konten yang dibuat dapat dinikmati oleh audiens selama bertahun-tahun yang akan datang, dan dapat menarik audiens baru yang membutuhkan informasi di suatu saat.

investasi jangka panjang

5. Meningkatkan Traffic

Jika Anda membuat banyak konten yang terkait dengan industri dan kebutuhan dari target audiens Anda di berbagai platform, maka mereka tidak akan ragu untuk mengunjungi konten Anda saat mereka membutuhkannya.

Oleh karena itu, traffic yang tinggi dapat membantu meningkatkan kredibilitas Anda dan akan mendapatkan penempatan yang lebih baik di berbagai platform.

Contoh artikel yang menarik dan bermanfaat di situs Anda, akan mendapatkan banyak traffic dan diberi peringkat tinggi oleh mesin pencari. Selain itu juga pada konten video youtube jika memiliki jumlah like dan viewers banyak, maka akan lebih diprioritaskan untuk masuk ke halaman beranda.

Selanjutnya, ketika Anda sudah memenuhi semua persyaratan dalam membuat konten yang baik, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menarik banyak orang untuk mengunjungi situs web Anda setelah melihat berbagai konten di platform.

Sehingga dapat dikatakan bahwa content marketing sangat berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda.

meningkatkan traffic

6. Menghemat Biaya Marketing

Content marketing berfokus pada pembuatan konten, dan akan memberikan value pada brand dengan cara yang menarik. Cara yang dilakukan ini dinilai sebagai strategi yang tidak hanya efektif, namun juga hemat ongkos.

biaya marketing

Contoh Content Marketing

Setelah tahu pengertian dan apa saja manfaat dari content marketing, saat ini Anda mungkin sudah punya sedikit gambaran tentangnya. Nah, berikut ini akan kami jelaskan contoh content marketing yang dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda lebih berkembang:

1. Content Marketing di Blog

Pada strategi content marketing di blog bisa Anda lakukan dengan tulisan yang lebih bebas. Konten yang Anda buat dapat diperbaruhi setiap saat, dan bisa juga membuat postingan artikel baru setiap harinya.

Pada pembuatan content marketing, Anda bisa memposting artikel Anda lebih panjang, dan jelas. Seperti contoh mendeskripsikan sebuah produk, kemudian juga menambahkan pesan ajakan atau call to action kepada pembaca agar dapat membeli produk Anda.

content blog

2. Content Marketing di Website

Berbeda dengan blog, content marketing menggunakan website ini umumnya hanya menggunakan copywriting atau teks pemasaran. Dengan penggunaan copywriting yang asyik dan menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi website Anda.

Pada umumnya, situs website menjadi jembatan pertama antara bisnis Anda dengan para pelanggan di internet.

Oleh karena itu, pemilik bisnis harus memiliki situs web agar bisnis mereka berkembang dan pelanggan dapat mengaksesnya dari lokasi mana pun. Jika Anda belum memiliki situs web, jangan khawatir ada banyak panduan mudah tentang cara pembuatan website.

content website

3. Content Marketing di Media Sosial

Ada berbagai jenis konten yang mencakup profil brand, deskripsi produk, serta manfaat dari brand tersebut. Selain itu, di halaman setiap media sosial Anda harus memasukan logo brand, deskripsi bio yang ringkas dan padat. Dengan begitu audiens akan mudah mengenali brand Anda.

Salah satu contoh ketika audiens melihat konten-konten dan profil instagram, audiens akan mengetahui profil dari perusahaan atau brand apa yang ditawarkannya.

content media sosial

3. Podcast

Adanya platform streaming ini dapat meningkatkan minat masyarakat akan konten digital seperti film dan lagu. Pada platform streaming lagu pun juga menyediakan bagi para content creator yang senang berbagi cerita melalui suara yaitu ruang podcast.

Penikmat podcast sendiri sudah mulai banyak di Indonesia.

Anda dapat menggunakan layanan streaming ini untuk membuat konten bisnis, baik dengan membuat channel Anda sendiri atau berkolaborasi dengan pembuat konten lainnya.

podcast

4. Content Video

Content video juga merupakan salah satu dalam konten yang bisa Anda manfaatkan untuk content marketing. Pada pembuatan video ini Anda bisa menguploadnya di berbagai platform yang memiliki banyak audiens.

Misalnya, konten video yang membahas bisnis melalui media youtube, atau instagram. Nah, dikonten tersebut sekalian bisa mengajak audiens untuk membeli produk Anda

Dalam membuat konten, Anda harus sesuaikan dengan ketentuan setiap platform. Platform tiktok atau instagram dapat di unggah video singkatnya dengan format portrait dan kualitas yang bagus, karena kedua platform ini merupakan platform mobile yang tidak memiliki tampilan landscape.

Kemudian platform youtube, Anda bisa mengunggah video yang lebih panjang dengan format landscape.

content video

5. Infografis

Infografis dapat digunakan sebagai strategi pemasaran konten untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Infografis adalah cara terbaik untuk berbagi informasi penting secara visual. Konten audio dan video saat ini sangat diminati oleh para pengguna di seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Adanya kesempatan ini, Anda bisa memanfaatkan khususnya pada bisnis Anda untuk membuat konten pemasaran berupa infografis. Dalam pembuatan infografis gambar yang Anda buat harus jelas, tanpa terlalu banyak tulisan yang didukung dengan data, grafis, ilustrasi, serta jargon brand yang mudah ingat oleh audiens

Selain itu infografis yang telah dibuat bisa Anda bagikan ke beberapa platform lainnya seperti di media sosial (facebook, dan twitter) tujuannya untuk menarik audiens.

infografis

6. Ebook

Ebook juga merupakan salah satu cara pemasaran konten yang bisa Anda coba. Dengan membuat ebook Anda bisa menulis panduan, tips dan trik mudah meraih sukses secara online. Khususnya dalam dunia bisnis baik secara professional maupun individu.

Ebook sangat bermanfaat bagi audiens yang memang ingin berkembang dengan online. Setelah itu, ebook dapat diunggah ke situs web Anda, dan dapat dipromosikan melalui email marketing yang dikirim ke pelanggan

Ebook yang diunduh oleh pelanggan harus bisa memasukkan alamat email terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda menambahkannya ke mailing list bisnis Anda sehingga Anda dapat mengirimkan promosi di masa mendatang.

ebook

7. Email Marketing

Menurut mailchimp, ketika ingin mengembangkan atau menjual barang Anda, email marketing adalah salah satu alat yang paling populer dan efektif untuk marketing campaigns.

Kemudian sebuah studi baru oleh mailmunch menunjukan bahwa sekitar 60% seorang internet marketing mempercayai bahwa email marketing mengungguli media sosial karena efektivitas email terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter.

Keuntungan email ini yaitu dapat mendistribusikan lebih personal. Selain pesan yang dibuat lebih personal, dengan menggunakan email ini menandakan Anda lebih profesional.

Selain itu, jumlah pengguna email cukup banyak khususnya di Indonesia, sehingga potensi untuk menjangkau target lebih besar sangat terbuka.

Adapun konten yang diberikan oleh email marketing, mulai dari email promosi, email pengingat shopping cart, newsletter, hingga promosi ebook.

email

8. Iklan Berbayar

Saat ini dalam mempromosikan konten sudah ada yang menggunakan berbayar. Content marketing yang dapat memanfaatkan pendekatan media berbayar ini dikatakan lebih strategis dan otentik.

Contoh perusahaan besar seperti OLX, Tokopedia, dan Shopee terdapat di atas halaman pertama pencarian Google. Hal itu bisa menjadi contoh content marketing yang berbayar.

Sebagai perusahaan yang menawarkan berbagai produk, misalnya mobil, tentu saja menargetkan kata kunci yang berkaitan jual beli mobil adalah sebuah strategi yang tepat.

iklan berbayar

9. Partnership dengan Influencer

Strategi content marketing ini merupakan campuran dari berbagai jenis konten, salah satunya copywriting, audio, video, maupun artikel blog. Namun, ada perbedaan utama antara jenis konten ini yaitu Anda dapat menggunakan partnership seperti influencer.

Ketika Anda mengajak influencer untuk bekerja sama, Anda harus sudah punya pengaruh kuat dalam hal content marketing. Jika Anda tidak dimaksimalkan, maka akan memberikan impact yang tidak signifikan.

partnership dengan influencer

Nah, Anda kini sudah mengetahui strategy for content marketing, manfaat, beserta contohnya.

Jika Anda ingin mencapai hasil yang maksimal dari content marketing, maka Anda perlu mengetahui lebih banyak tentang digital marketing, karena digital marketing merupakan kegiatan induk dari content marketing.

Similar Posts