Tiktok tidak hanya menjadi tempat untuk mencari hiburan, namun anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan pencarian mengenai informasi atau topik video tertentu yang anda suka.
Kebiasaan baru ini juga bisa dimanfaatkan oleh kreator atau marketer untuk membuat akun anda mudah ditemukan oleh banyak orang dengan menggunakan kata kunci tertentu dan menjangkau target audience yang diinginkan.
Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Tiktok SEO yang akan membantu anda untuk memaksimalkan jangkauan konten menggunakan kata kunci tertentu yang diletakkan di tempat yang strategis.
Karenanya berikut pengertian lebih dalam mengenai TIktok SEO, fungsi, dan cara menggunakannya untuk mendapatkan hasil konten yang diinginkan.
Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif
Saat membuka Tiktok, anda mungkin tidak hanya menyajikan konten yang direkomendasikan oleh Tiktok, namun anda juga bisa mencari rekomendasi konten menggunakan kata kunci tertentu.
Kegiatan mencari konten menggunakan kata kunci ini tidak hanya membantu untuk menemukan konten tertentu, namun juga menguntungkan bagi kreator tiktok untuk melakukan optimasi konten menggunakan tiktok seo.
Tiktok SEO adalah kegiatan melakukan optimasi video agar bisa mendapatkan ranking yang lebih tinggi di halaman pencarian Tiktok, sehingga membuka peluang bagi konten untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan tingkat interaksi yang lebih tinggi.
Praktik Tiktok SEO ini sama seperti saat melakukan optimasi konten di website menggunakan kata kunci atau analisa tertentu untuk mendapatkan ranking artikel yang lebih tinggi dan bisa bertahan dalam waktu lama.
Penggunaan Tiktok SEO ini bisa dimanfaatkan oleh kreator atau marketer di Tiktok, mengingat kini sudah banyak pengguna Tiktok yang menggunakan halaman pencarian Tiktok sebagai tempat untuk mencari informasi tertentu dengan mudah dan cepat.
Hal ini juga di dukung dengan konten Tiktok yang mulai muncul di halaman pencarian internet, sehingga memudahkan bagi konten anda untuk dikenal oleh target konsumen yang lebih luas.
Penggunaan Tiktok mulai bergeser lebih dari sekedar sosial media yang menyediakan berbagai jenis konten hiburan yang menarik, namun anda juga bisa menggunakannya sebagai media pencarian yang mudah dan cepat.
Pergeseran ini tentunya menguntungkan bagi kreator tiktok yang hendak melakukan optimasi konten dengan cara menggunakan kata kunci tertentu di deskripsi video atau caption konten untuk mendapatkan hasil konten yang lebih optimal.
Hal ini juga akan menguntungkan bagi kreator tiktok yang masih memiliki jumlah pengikut yang sedikit dan jumlah jangkauan yang sempit, sehingga mereka bisa bersaing dengan kompetitor lain yang lebih terkenal.
Tiktok juga mendukung optimasi konten untuk mesin pencari dengan menyediakan jumlah kata yang lebih banyak di halaman caption, sehingga anda bisa menempatkan kata kunci yang relevan dan memiliki kinerja yang lebih baik, sehingga konten anda mendapatkan jangkauan yang luas dan interaksi yang lebih baik.
Sehingga melakukan optimasi Tiktok SEO dengan baik akan memberikan banyak manfaat bagi kreator untuk mendapatkan hasil konten yang lebih baik.
Selain penggunaan kata kunci yang sesuai, terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi Tiktok SEO yang perlu anda ketahui untuk memaksimalkan jangkauan konten ke target audience yang sesuai. Berikut beberapa faktor yang bisa memengaruhi Tiktok SEO untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.
Faktor yang memengaruhi Tiktok SEO adalah jumlah interaksi dari pengguna tiktok di konten anda, misalnya saja jumlah likes, komentar, atau orang yang membagikan konten anda.
Semakin tinggi jumlah interaksi maka menjadi penanda bahwa konten anda disukai oleh banyak orang, serta membuka peluang konten anda untuk mendapatkan jangkauan audience yang lebih luas.
Apabila seorang pengguna Tiktok terus menerus melakukan interaksi di konten anda atau topik yang relevan dengan konten tersebut, maka akun anda akan terus direkomendasikan oleh Tiktok dan membuka peluang untuk mendapatkan penonton setia dari komunitas yang memiliki minat yang sama.
Guna mendapatkan interaksi pengguna yang dapat memengaruhi Tiktok SEO, maka anda bisa membuat konten yang menarik sehingga lebih mudah masuk ke halaman beranda Tiktok.
Tidak hanya itu, anda juga perlu membuat konten yang memancing interaksi dari pengguna Tiktok, sehingga mereka tertarik untuk memberikan komentar, memberikan tanda suka, atau membagikan konten anda ke pengguna lainnya.
Hal ini dikarenakan halaman beranda tiktok berisi rekomendasi video yang berasal dari aktivitas pengguna sebelumnya yang melakukan interaksi dengan konten tertentu.
Saat mengunggah konten di video tiktok, anda tidak hanya memasukkan konten baru ke konten anda begitu saja, namun juga diperlukan berbagai persiapan agar konten anda mendapatkan jangkauan konten yang lebih dan sesuai dengan target audience yang dituju.
Pertama, anda bisa memanfatakan kolom informasi video yang dapat isi mengenai isi konten secara singkat dan jelas, sehingga algoritma Tiktok dapat menyebarkan konten anda ke target audience yang tepat dan menyukai topik tersebut.
Kedua adalah anda bisa memanfaatkan fitur caption di Tiktok yang dapat membantu penonton untuk memahami isi konten anda dan meningkatkan interaksi setelah membaca caption video.
Anda juga bisa menambahkan kata kunci yang sesuai di teks video, dimana algoritma Tiktok juga membaca isi teks tersebut untuk memudahkan memperluas jangkauan konten ke target audience yang sesuai.
Penggunaan kata kunci yang tepat di kolom informasi dan caption video juga akan membantu konten anda menjangkau target audience yang tepat dan menyukai konten anda, sehingga melakukan interaksi secara terus menerus.
Pengaturan mengenai perangkat akun dan penggunaan bahasa yang digunakan juga bisa menjadi faktor untuk meningkatkan Tiktok SEO.
Bayangkan saja konten anda tidak diterima oleh target audience karena anda menggunakan pengaturan bahasa yang berbeda dengan negara anda, sehingga konten anda tidak bisa dinikmati oleh target audience di negara yang sama.
Hal ini tentunya akan merugikan anda karena konten anda tidak diterima oleh target audience yang diinginkan, sehingga membuat konten anda tidak dikenal oleh banyak orang.
Tidak hanya itu, anda juga perlu mengatur kategori minat yang anda pilih, sehingga konten anda dapat diterima oleh target audience yang memiliki kesukaan yang sama, sehingga dapat meningkatkan jumlah interaksi.
Pengaturan ini juga di dukung dengan kebiasaan Tiktok yang memberikan rekomendasi konten berdasarkan negara lokasi pengguna, sehingga tidak mengherankan apabila rekomendasi konten anda akan berubah saat berpindah ke negara tertentu.
Perubahan ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang ingin melakukan optimasi local SEO dengan memasukkan beberapa kata kunci yang biasa digunakan oleh pengguna tiktok di daerah tertentu untuk melakukan pencarian yang lebih spesifik.
Misalnya saja anda adalah seorang influencer makanan untuk daerah tertentu, maka anda bisa melakukan optimasi local seo dengan memasukkan kata kunci mengenai nama daerah yang anda tuju, sehingga konten anda mudah ditemukan oleh pengguna tiktok yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Kegiatan optimasi tiktok SEO tidak hanya melakukan analisa dan memasukkan kata kunci di video Tiktok saja, namun penting bagi anda untuk melakukan berbagai persiapan terlebih dahulu agar konten anda bisa bekerja menjadi lebih maksimal.
Karenanya berikut beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk melakukan optimasi Tiktok SEO untuk mendapatkan hasil konten yang lebih maksimal.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi Tiktok SEO adalah memahami target audience yang dituju, dimana ini akan memudahkan anda untuk mengetahui kata kunci yang biasa dicari di halaman pencarian.
Anda bisa melakukannya dengan memasukkan kata kunci yang relevan dengan produk anda di halaman pencarian Tiktok, kemudian amati berbagai rekomendasi keyword yang digunakan serta hasil konten yang disajikan di Tiktok.
Semakin relevan kata kunci dengan isi topik, maka rekomendasi konten yang dibagikan menjadi lebih relevan dan beragam, sehingga anda bisa mendapatkan hasil konten yang diinginkan.
Tidak hanya itu, anda juga bisa menggunakan website analisa kata kunci khusus yang dapat memberikan informasi mengenai jumlah pengunjung pada kata kunci tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Semakin tinggi jumlah pengunjung kata kunci, maka menjadi indikasi bahwa kata kunci tersebut digunakan oleh banyak orang, sehingga bisa menjadi rekomendasi konten yang sesuai.
Selain itu, jika anda baru memulai membuat konten di tiktok, maka amati akun influencer atau akun brand lainnya dan amati topik yang mereka bahas di kolom komentar, dimana ini akan menjadi ide baru bagi konten anda dan mengenali keinginan target audience, sehingga anda bisa melakukan optimasi Tiktok SEO yang lebih baik.
Setelah melakukan analisa kata kunci secara manual atau menggunakan websita analisa kata kunci, maka anda bisa melanjutkan dengan menambahkan kata kunci tersebut di video, dimana anda bisa melakukannya dengan berbagai cara.
Pertama, anda bisa menambahkan kata kunci tersebut di deskripsi video, sehingga mudah dibaca oleh algoritma Tiktok, sehingga konten anda bisa menjangkau target audience yang diinginkan.
Kedua, anda bisa menempatkan kata kunci di caption video dengan tujuan yang sama, hal ini juga memudahkan bagi penonton untuk memastikan isi konten anda sesuai dengan topik yang mereka sukai.
Ketiga adalah menambahkan kata kunci yang relevan di subtitle konten, dimana kegiatan ini juga dapat memudahkan algoritma tiktok untuk menyampaikan konten anda ke target audience yang sesuai.
Pastikan juga untuk menggunakan kata kunci yang relevan di deskripsi, caption, dan subtitle video, sehingga memudahkan algoritma tiktok untuk menelusuri konten anda dan membawanya ke penonton yang memiliki minat yang sama.
Tambahkan juga kalimat ajakan di caption atau subtitle video yang membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten anda, sehingga mereka tertarik untuk melakukan interaksi dengan memberikan komentar atau membagikan konten anda ke pengguna Tiktok lainnya.
Gunakan juga kata kunci yang panjang di caption yang akan membantu konten anda berada di hasil pencarian teratas saat pengguna tiktok melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Bagian paling penting dari melakukan optimasi tiktok seo adalah membuat konten yang menarik dan berkualitas, mengingat Tiktok merupakan sosial media visual yang dapat menarik perhatian audience melalui tampilan konten yang segar.
Anda bisa membuat konten tiktok yang menarik dengan menggunakan kamera handphone dengan resolusi kamera yang baik, sehingga dapat mengambil tampilan video dengan baik.
Tidak hanya itu, anda juga dapat mengambil video tiktok di tempat yang memiliki pencahayaan yang baik, sehingga memberikan hasil konten yang lebih segar.
Manfaatkan juga berbagai peralatan tambahan seperti ring light yang dapat membantu anda untuk memberikan hasil video yang lebih cerah meskipun anda mengambil video di dalam ruangan.
Pergunakan juga aplikasi edit video yang dapat membantu anda untuk memperbaiki tampilan video menjadi lebih menarik, anda juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki untuk membuat subtitle, sehingga konten anda lebih mudah dinikmati.
Tiktok juga menyediakan fitur edit video yang memudahkan anda untuk mengedit konten secara langsung setelah mengambil video dan membantu anda untuk mengunggahnya saat itu juga.
Pastikan juga suara yang diambil dapat di dengar jelas oleh penonton, dimana anda bisa melakukannya dengan menggunakan microphone agar suara anda bisa terdengar dengan jelas.
Anda juga bisa melakukan pengambilan suara di tempat yang sepi dan jauh dari gangguan, sehingga suara anda bisa direkam dengan baik.
Selain pengambilan gambar yang baik dan melakukan pengeditan video dengan aplikasi tertentu, anda juga perlu membuat konten yang menarik dan berkualitas.
Dimana anda bisa membuat konten yang tidak hanya menghibur penonton, namun juga bisa menyelesaikan masalah mereka, sehingga penonton memiliki alasan untuk mengikuti anda, melakukan pencarian konten di halaman pencarian, dan melakukan interaksi karena menyukai konten yang anda berikan.
Namun, membuat konten tiktok yang menarik mungkin membutuhkan waktu lama untuk mengetahui jenis konten yang sesuai dengan minat mereka, namun setelah menemukan tipe konten yang sesuai, maka konten anda bisa mendapatkan hasil tiktok seo yang maksimal.
Apabila konten anda belum mendapatkan jangkauan konten yang diinginkan meskipun telah melakukan optimasi SEO, maka tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu yang bergerak di industri yang sama.
Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu, maka anda akan menarik pengikut mereka untuk menonton konten dan mengenal brand anda, sehingga jangkauan konten anda menjadi lebih luas.
Namun, untuk melakukan kolaborasi dengan influencer tertentu, anda juga perlu melakukan berbagai persiapan, agar anda mendapatkan influencer yang sesuai dan bergerak di bidang yang sama dengan industri yang anda geluti.
Pertama anda bisa melakukan pencarian kata kunci yang relevan dengan topik dan industri anda untuk menemukan influencer yang bergerak di bidang yang sama.
Setelah menemukan influencer yang sesuai dengan keinginan, maka anda bisa melanjutkan dengan melihat interaksi dengan pengikut yang dimiliki, apakah mereka akif melakukan interaksi dua arah atau tidak sama sekali, dimana ini menjadi penanda bahwa penonton juga menyukai konten mereka.
Amati juga konten yang mereka miliki dan pastikan sesuai dengan minat target audience anda, dimana pemilihan ini dilakukan untuk memastikan bahwa konten mereka dapat beresonansi dengan baik untuk menyampaikan pesan ke konsumen, sehingga promosi yang dilakukan bisa lebih maksimal.
Anda juga perlu mempertimbangkan biaya promosi yang dikeluarkan untuk melakukan kolaborasi dengan influencer, mengingat mereka juga biasanya memiliki harga yang berbeda tergantung jumlah pengikut dan interaksi yang dimiliki.
Tentukan juga jenis konten dan pesan yang perlu disampaikan oleh influencer saat melakukan kolaborasi promosi, pemilihan pesan dan konten yang tepat juga akan membantu untuk mendapatkan jangkauan konten yang tepat dan menaikkan interaksi dengan target audience.
Cara lainnya yang bisa digunakan untuk menaikkan kinerja tiktok seo adalah dengan membuat konten artikel yang membahas topik yang berkaitan di Tiktok.
Hal ini dikarenakan Google juga menyukai konten yang baru dan segar, sehingga dengan membuat artikel yang relevan dengan konten tiktok yang relatif baru, maka kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kinerja tiktok seo namun juga kinerja website yang dimiliki untuk mendapatkan jangkauan konten yang maksimal.
Selain itu, untuk menambah jumlah penonton di tiktok dari Google, maka anda juga bisa menyelipkan video tiktok yang dibahas ke artikel anda untuk menambah jumlah penonton secara signifikan.
Lakukan strategi ini secara bergiliran dengan strategi konten artikel yang dimiliki sehingga konten anda tidak merasa membosankan dan memberikan kesegaran baru dari waktu ke waktu.
Pastikan juga untuk memasukkan kata kunci yang relevan di dalam artikel anda, baik kata kunci pendek atau panjang, sehingga memudahkan algoritma google untuk memaksimalkan konten anda untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.
Jangkauan konten tiktok yang luas juga membuat anda dilirik oleh penonton yang tertarik untuk melakukan interaksi dengan video anda.
Sehingga, anda jangan menyianyiakan kesempatan ini dengan melakukan interaksi dengan pennguna tiktok lain untuk menambah jumlah pengikut dan membangun komunitas yang kuat.
Anda bisa memulainya dengan membalas berbagai komentar yang masuk, dimana ini menjadi jalan bagi pengguna tiktok untuk mengenal brand dan konten anda, sehingga mereka tertarik pada produk atau konten yang anda tawarkan.
Tidak hanya itu, penting juga untuk membalas berbagai pesan yang masuk, dimana ini menjadi penanda bahwa mereka tertarik untuk mengenal produk dan konten anda secara langsung, sehingga bisa membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.
Agar interaksi terlihat lebih ramah, maka gunakan juga emoticon yang sesuai sehingga interaksi anda terasa seperti bersama teman dekat.
Apabila anda telah memiliki fitur tiktok live, maka gunakan layanan tersebut untuk menjual produk yang anda miliki, sehingga menarik banyak orang untuk mengenal brand anda. Berikan juga diskon khusus selama siaran langsung dilakukan sehingga menarik banyak pembelian dalam waktu singkat.
Penggunaan tiktok live juga bisa digunakan untuk melakukan interaksi dengan pengikut yang dimiliki, sehingga membangun hubungan yang baik dan saling mengenal satu sama lain.
Setelah melakukan berbagai strategi tiktok seo dan menerapkannya di konten yang dimiliki, maka jangan lupa untuk melakukan analisa konten secara rutin
Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui apakah konten anda sudah mendapatkan hasil yang diinginkan atau belum, sehingga anda bisa merubah strategi konten yang dimiliki agar lebih maksimal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
Analisa konten ini sangat mudah dilakukan dengan mengakses fitur tiktok analytics, dimana mereka menyediakan berbagai informasi mengenai kinerja konten dalam jangka waktu tertentu, seperti jumlah interaksi dan jangkauan.
Sehingga anda bisa mengetahui apakah strategi konten yang dilakukan telah berjalan dengan baik atau merubahnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Tidak hanya itu, apabila anda mengelola lebih dari satu sosial media, maka anda bisa menggunakan website social media manager yang membantu anda untuk menganalisa konten dalam satu tempat, sehingga anda tidak perlu berpindah tempat.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.