8 Tips Whatsapp Broadcast yang Disukai Pembeli, Anti Blokir

Apakah Anda lelah mengirim pesan satu per satu ke pelanggan Anda di WhatsApp? Apakah Anda ingin menjangkau audiens yang lebih besar melalui whatsapp broadcast?

WhatsApp juga merupakan alat pemasaran yang ampuh bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka.

Namun, mengirim terlalu banyak pesan ke satu pengguna atau grup dapat mengakibatkan pemblokiran oleh WhatsApp. Jadi, bagaimana bisnis dapat menggunakan WhatsApp secara efektif untuk menjangkau pelanggan mereka tanpa diblokir?

Jawabannya ada pada WhatsApp Broadcast yang memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan ke beberapa pelanggan sekaligus, tanpa risiko diblokir.

Namun, pesan seperti apa yang bisa Anda kirimkan yang akan disukai pembeli? Pada artikel ini, kami akan membahas ide-ide kreatif WhatsApp Broadcast yang akan melibatkan pelanggan Anda dan membuat mereka kembali lagi.

keuntungan menggunakan whatsapp broadcast

Keuntungan Menggunakan Whatsapp Broadcast

Apakah Anda merasa kesulitan untuk tetap mengirim pesan yang sama ke banyak orang di WhatsApp? Apakah Anda berharap ada cara yang lebih mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang melalui aplikasi ini? Jika ya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan WhatsApp Broadcast.

WhatsApp  adalah alat komunikasi yang efektif yang dapat digunakan untuk tujuan pribadi dan bisnis. Namun, mengirim pesan yang sama ke banyak orang bisa memakan waktu dan membosankan, terutama jika Anda memiliki daftar kontak yang banyak. Di sinilah WhatsApp Broadcast hadir.

WhatsApp Broadcast adalah fitur yang memungkinkan Anda mengirim pesan ke beberapa penerima sekaligus. Ini adalah cara yang efisien untuk berkomunikasi dengan banyak orang tanpa harus mengirim pesan yang sama satu per satu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat menggunakan WhatsApp Broadcast dan bagaimana fitur ini dapat membuat komunikasi Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

1. Kirim Pesan Dalam Jumlah Banyak Dalam Waktu Cepat

Sebuah brand yang memiliki konsumen yang cukup banyak, biasanya akan memiliki kesulitan dalam mengirimkan pesan promosi dalam jumlah banyak dan bersamaan.

Hal ini dikarenakan anda akan memerlukan mengetikkan pesan yang akan dikirim serta memilih nomor konsumen yang akan dikirimkan pesan.

Cara ini tentunya akan memakan waktu lebih lama, belum lagi anda perlu menjawab berbagai respon dari konsumen yang telah membalasnya, sehingga anda akan merasa kelelahan.

Guna mengatasi masalah tersebut, maka anda bisa menggunakan whatsapp broadcast untuk mengirimkan pesan yang sama dalam jumlah banyak ke konsumen anda, sehingga lebih hemat waktu.

Tidak hanya itu, whatsapp broadcast juga bisa menjadi promosi yang terlihat personal, dimana anda bisa menyebutkan nama konsumen di pesan tersebut, sehingga penerima pesan akan merasa dikirim pesan pribadi bukan pesan promosi yang terasa mengganggu.

Jenis promosi ini akan membuka peluang untuk mendapatkan penjualan yang lebih banyak karena kedekatan yang telah dibangun sebelumnya.

2. Media Promosi yang Efektif

Kelebihan lainnya dari melakukan promosi menggunakan whatsapp broadcast adalah keefektifan dalam mendorong konsumen melakukan kegiatan promosi yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan anda bisa menyelipkan link khusus serta gambar yang menarik guna memikat konsumen untuk membeli produk dan layanan yang anda tawarkan, sehingga konsumen tidak perlu susah payah untuk masuk ke website atau akun marketplace khusus yang akan memakan lebih banyak waktu.

Tidak hanya itu, jika konsumen berminat pada promosi yang anda tawarkan, maka mereka bisa membalasnya untuk bertanya seputar produk sebelum membeli barang yang diinginkan.

3. Hemat Waktu dan Tenaga

Mengirimkan pesan ke seseorang mungkin membutuhkan waktu satu menit sehingga tidak memakan lebih banyak waktu.

Namun, apabila anda memiliki 1.000 konsumen yang perlu dikirimkan pesan dalam waktu bersamaan, tentunya akan memakan banyak waktu dan tenaga, sehingga kurang efektif apabila dilakukan secara manual.

Sehingga dibutuhkan whatsapp broadcast yang akan membantu anda menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan promosi di whatsapp. Cara kumpulkan komunitas dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur whatsapp broadcast untuk mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat secara efisien mempromosikan produk atau layanan Anda kepada kumpulan kontak potensial tanpa perlu mengirimkan pesan satu per satu. Selain itu, whatsapp broadcast juga dapat membantu Anda dalam mengatur dan mengelola daftar kontak yang tertarget dalam satu platform yang terintegrasi. Dengan demikian, Anda dapat fokus dalam membangun hubungan dengan komunitas Anda untuk meningkatkan interaksi dan konversi melalui whatsapp.

Penggunaan whatsapp broadcast juga akan membantu anda fokus pada menghasilkan lebih banyak penjualan dibandingkan hanya fokus untuk mengirimkan pesan promosi dalam jumlah banyak.

4. Tersedia Laporan Kinerja Whatsapp Broadcast

Setelah melakukan berbagai promosi menggunakan whatsapp broadcast atau menghubungi konsumen secara langsung, anda mungkin merasa penasaran apakah pemasaran yang dilakukan sudah efektif atau perlu dilakukan perubahan lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untungnya jika anda menggunakan whatsapp business sebagai media promosi, maka anda bisa mendapatkan laporan kinerja dan interaksi anda melalui fitur insight.

Hal ini juga berlaku jika anda menggunakan Whatsapp broadcast sebagai media promosi, dimana anda akan melihat jumlah konsumen yang membalas pesan anda, masuk ke halaman tautan yang diberikan, atau bahkan melakukan blokir anda.

Anda cukup melihatnya dari laporan pengiriman untuk memastikan apakah konsumen membaca dan mengabaikannya atau melakukan percakapan lain untuk mendapatkan produk yang diinginkan.

Jika konsumen tidak membalas pesan anda dalam waktu lama, maka anda bisa saja mempertimbangkan untuk tidak mengirimkan pesan kembali, agar tidak mengganggu konsumen di waktu yang akan datang.

tips mengirim whatsapp broadcast

Tips Mengirim Whatsapp Broadcast

Apakah Anda sering mengirim pesan yang sama ke beberapa kontak di WhatsApp? Hal ini dapat memakan waktu dan berulang-ulang, tetapi tahukah Anda bahwa ada fitur yang disebut “WhatsApp broadcast” yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah?

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, tidak heran jika aplikasi ini telah menjadi alat komunikasi yang penting, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Jika Anda mencari cara untuk menghemat waktu dan tenaga saat mengirim pesan ke banyak orang di WhatsApp, broadcasting adalah pilihan yang tepat.

Apakah Anda ingin berbagi berita, pembaruan, atau pesan promosi dengan kontak Anda, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa orang sekaligus.

Pada artikel ini, kami akan memberikan Anda beberapa tips tentang cara menggunakan siaran WhatsApp secara efektif.

1. Cara Mengirim Whatsapp Broadcast

Bagi pelaku usaha yang ingin mengirimkan pesan promosi menggunakan whatsapp broadcast, mungkin akan merasa kebingungan dalam menggunakannya untuk pertama kali, disini kami akan menjelaskan cara mengirimkan whatsapp broadcast dengan cepat dan mudah.

Pertama adalah menyiapkan terlebih dahulu draft pesan yang akan dikirimkan melalui whatsapp broadcast, sehingga memudahkan anda untuk mengirimkan pesan ke target konsumen.

Kemudian buka akun whatsapp anda melalui aplikasi atau website dan pilih opsi lainnya kemudian klik siaran baru, pilih beberapa kontak yang ingin anda tambahkan ke daftar kemudian klik tanda centang dan masukkan pesan yang ingin dikirimkan ke konsumen.

Apabila anda memiliki jumlah konsumen yang sudah cukup banyak dan sering mengirimkan whatsapp broadcast secara rutin, maka anda bisa menggunakan bot atau layanan khusus untuk mengirimkan pesan dalam jumlah banyak dan terjadwal, sehingga lebih menghemat waktu.

2. Tentukan Waktu Pengiriman Pesan

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan sebelum mengirim whatsapp broadcast adalah menentukan waktu yang tepat, sehingga konsumen bisa membaca pesan anda dan melakukan tindakan yang diinginkan, guna mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pastikan untuk memilih waktu dimana target konsumen tengah bersantai, sehingga mereka bisa melakukan tindak lanjut pesan anda dan tidak merasa terganggu.

Misalnya saja anda mengirimkan whatsapp broadcast di siang hari saat konsumen sedang istirahat atau malam hari saat konsumen tengah bersantai, sehingga bisa membaca pesan anda dengan nyaman.

Tidak hanya itu, tentukan juga rutinitas pengiriman whatsapp broadcast, apakah anda hendak mengirimkan sekali hari atau menjelang promosi tertentu, pesan promosi yang dikirim terlalu sering akan membuat konsumen terganggu, sehingga menghapus nomor anda.

Gunakan juga pesan yang singkat agar menarik untuk dibaca serta gunakan gaya bahasa dan pendekatan yang sesuai.

Misalnya jika konsumen anda berasal dari kalangan anak muda, maka ada baiknya menggunakan pesan yang singkat dan tidak bertele-tele serta menggunakan tambahan emoticon yang lucu dan memikat perhatian, sehingga membuat konsumen betah untuk membacanya dan melakukan tindakan yang diinginkan.

3. Berikan Pesan yang Memikat Perhatian dan Singkat

Salah satu tujuan melakukan komunikasi melalui whatsapp broadcast adalah mengirimkan informasi secara singkat dalam jumlah banyak.

Sehingga agar pesan anda dibaca oleh konsumen, maka anda perlu memberikan pesan yang memikat perhatian dalam jumlah yang singkat.

Misalnya saja anda membuat penulisan pesan di whatsapp broadcast dengan memberikan penebalan atau memiringkan beberapa kata yang dipilih untuk menarik perhatian konsumen saat pertama kali membacanya.

Menambahkan beberapa emoticon juga akan membantu membuat pesan anda terlihat menarik dan tidak terlihat membosankan.

Tidak hanya itu, saja anda juga bisa menambahkan media atau konten tertentu yang relevan, misalnya saja GIF yang berisi promosi produk serta video pendek yang berisi tampilan produk anda, sehingga membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.

Biasanya penggunaan GIF dan foto lebih banyak dipakai karena tidak memakan banyak penyimpanan serta lebih cepat untuk dibuka dibandingkan video pendek.

Hindari juga mengirmkan pesan dalam jumlah banyak dan berkali-kali, sehingga terlihat spam, serta bagi pesan anda dalam beberapa paragraf sehingga memudahkan konsumen untuk membacanya dan memahami informasi yang ingin anda sampaikan. Pastikan juga pesan anda ditulis secara singkat sehingga menarik untuk dibaca meskipun sekilas.

4. Gunakan Fitur Whatsapp Business Lainnya

Guna mendapatkan hasil yang maksimal dari promosi menggunakan whatsapp broadcast, anda juga perlu memanfaatkan fitur lain dari whatsapp business.

Misalnya saja memanfaatkan fitur whatsapp story yang memungkinkan anda membagikan informasi terbaru mengenai brand yang anda miliki, misalnya saja memberitahukan adanya produk baru, ketersediaan beberapa barang yang dinanti konsumen, serta promosi bulanan yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan.

Kemudian anda juga bisa memanfatakan fitur lokasi yang memudahkan konsumen anda untuk mengunjungi toko offline anda secara langsung yang tentunya terintegrasi langsung dengan google maps sehingga akan lebih mudah dalam melakukan perjalanan.

Tidak hanya itu, apabila anda bergabung dengan bot atau layana khusus untuk whatsapp marketing, maka anda juga bisa mendapatkan berbagai fitur tambahan lainnya yang memudahkan dalam promosi di Whatsapp.

5. Tentukan Tujuan Mengirim Pesan

Berbeda dengan mengirim pesan biasa yang tidak memerlukan banyak strategi, penggunaan whatsapp broadcast memerlukan siasat yang tepat, agar konsumen tidak hanya membaca pesan anda namun memberikan kelanjutan pemesanan.

Pertama adalah anda perlu menunjukkan kejelasan pesan anda, apakah anda hendak mengirimkan pesan untuk melakukan promosi atau mengajak konsumen untuk melakukan interaksi guna melakukan survey produk.

Kedua adalah menuliskan pesan secara singkat dan sederhana, hal ini dikarenakan konsumen bisa saja mendapatkan ratusan whatsapp broadcast setiap harinya sehingga merasa terganggu dengan berbagai pesan yang masuk, sehingga anda perlu menuliskan pesan yang sesuai dengan tujuan secara jelas dan tidak bertele-tele.

Kemudian tambahkan juga kalimat call to action di akhir pesan yang akan membantu konsumen untuk memahami kegiatan yang perlu dilakukan selanjutnya, apakah mereka perlu melakukan pemesanan untuk mendapatkan diskon yang diinginkan atau melakukan klaim voucher di website atau akun marketplace.

6.  Buat Format Pesan yang Jelas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemberian pesan yang terlalu panjang di whatsapp broadcast tidak terlalu disukai oleh konsumen karena terlalu panjang dan tidak efisien.

Sehingga ada baiknya membuat format pesan yang jelas dan tidak terlalu panjang, sehingga mudah dipahami oleh konsumen.

Di sisi lain, konsumen juga mungkin tidak memiliki waktu untuk membaca pesan yang masuk, mengingat mereka mungkin mendapatkan format pesan yang sama dari brand lain untuk melakukan promosi produk.

Guna mendapatkan perhatian konsumen pada pandangan pertama, anda perlu mengirimkan pesan menggunakan kalimat yang pendek dan memiliki pembagian kata yang tepat sehingga tidak terkesan padat.

Kemudian gunakan poin-poin penting di setiap paragraf, sehingga mudah dipahami oleh pembaca, serta berikan tanda hubung untuk memisahkan kalimat yang terlalu panjang.

Selain itu, tempatkan juga kalimat call to action di bagian yang tepat, biasanya di akhir kalimat sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan tindakan setelah membaca isi pesan yang telah dikirim sebelumnya.

Anda juga bisa menebalkan beberapa kata untuk membuat konsumen merasa fokus pada isi pesan dan menambahkan beberapa stiker agar pesan anda tidak terasa membosankan.

7. Tambahkan Emoticon Pada Pesan

Penggunaan emoticon di pesan singkat biasanya digunakan untuk menggambarkan emosi penulisnya agar mudah dipahamai dan memikat pembacanya.

Namun, saat menggunakan emoticon di whatsapp broadcast, anda bisa memakainya sebagai hiasan, sehingga mempercantik tampilan pesan yang dikirimkan.

Misalnya saja, anda bisa menambahkan emoticon terompet di whatsapp broadcast untuk menyambut promosi yang diberikan, sehingga konsumen yang membacanya dari layar tampilan semakin tertarik untuk membukanya.

Selain itu, anda juga bisa menggunakan emoticon emoticon wajah terkejut yang membuat konsumen terpancing untuk penasaran mengenai promosi yang diberikan.

Pemberian emoticon juga akan membuat pesan anda terlihat lebih hidup, sehingga tidak merasa membosankan.

Meskipun begitu, anda juga perlu memahami makna emoticon yang hendak dikirimkan, sehingga tidak menyinggung pembaca anda dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam memahami pesan yang dikirimkan,

8.Analisa Kinerja Pesan Anda

Setelah mengirimkan berbagai whatsapp broadcast dan membalas pesan dari konsumen yang tertarik pada promosi yang disajikan, maka jangan lupa juga untuk menganalisa kinerja pesan anda.

Caranya adalah dengan melihat jumlah konsumen yang membalas pesan anda dan memastikan bahwa pesan anda sudah masuk ke nomor konsumen dengan melihat tanda pemberitahuan yang terpasang.

Kemudian jika anda menggunakan link khusus, maka anda bisa mengecek jumlah konsumen yang mengakses halaman tersebut dan melakukan pembelian, untuk memastikan bahwa promosi anda berjalan dengan sukses.

Ide Whatsapp Broadcast Anti Diblokir

Pernahkah Anda mengalami rasa frustasi karena tidak dapat mengirim pesan ke daftar Whatsapp broadcast Anda? Ini adalah masalah yang umum terjadi, tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi?

Whatsapp broadcast adalah cara yang nyaman untuk mengirim pesan ke beberapa kontak sekaligus. Namun, tidak jarang daftar ini diblokir, sehingga Anda tidak dapat mengirim pesan ke penerima yang dituju.

Masalah ini telah menjadi lebih umum akhir-akhir ini, dan banyak pengguna yang bertanya-tanya mengapa siaran mereka diblokir.

Jika Anda salah satu dari sekian banyak pengguna Whatsapp yang mengalami masalah ini, sangat penting untuk memahami alasan mengapa siaran Anda diblokir.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, serta memberikan tips tentang cara menghindarinya di masa depan.

Jadi, jika Anda lelah berurusan dengan siaran Whatsapp yang diblokir, teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Gunakan Copywriting yang Sesuai

Saat mengirimkan pesan ke teman dekat dan relasi, tentunya anda akan menggunakan copywriting dan gaya bahasa yang berbeda.

Misalnya saja anda menggunakan bahasa yang santai ke teman dekat dan bahasa yang lebih formal ke relasi dekat, sehingga terlihta lebih sopan.

Hal ini juga berlaku apabila anda hendak mengirim pesan promosi melalui whatsapp broadcast ke konsumen, anda tentunya menggunakan gaya copywriting yang sesuai agar mudah diterima oleh konsumen dan mereka seperti bertukar pesan dengan teman sendiri.

Misalnya saja jika target konsumen anda adalah remaja wanita, maka anda bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih santai dan menggunakan istilah kekinian yang mudah dipahami, sehingga penerima pesan tidak merasa mendapatkan pesan promosi yang mengganggu.

Sedangkan apabila konsumen anda adalah pria dewasa di kisaran usia 28-35 tahun, maka anda bisa menggunakan gaya bahasa yang lebih formal dan langsung ke intinya sehingga lebih mudah dipahami oleh pembacanya.

Pastikan juga pesan yang anda kirim memiliki perpaduan kata yang memikat, relevan, dan kalimat call to action yang membuat penasaran.

2. Sebutkan Nama Brand Anda

Konsumen biasanya mendapatkan berbagai pesan promosi dari berbagai brand yang berbeda, sehingga mereka biasanya sulit untuk membedakan pesan satu dengan lainnya.

Sehingga untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, maka anda bisa memulai pesan dengan menyebutkan nama brand anda di paragraf awal whatsapp broadcast.

Cara ini akan membantu konsumen memahami siapa yang mengirimkan pesan tersebut dan membukanya bila tertarik pada produk dan penawaran yang diberikan.

Strategi ini juga meminimalisir nomor anda di blok karena dikirimkan oleh anonim serta menjadi branding yang tepat apabila ditambah dengan foto profil berupa logo brand, sehingga pesan anda terlihat lebih profesional di mata penerima pesan.

3. Gunakan Cara Promosi yang Seru

Whatsapp broadcast yang berisi promosi produk secara terus menerus mungkin akan membuat penerima pesan merasa bosan dan terganggu, sehingga memutuskan untuk menghapus nomor anda.

Sehingga untuk menghindari hal tersebut, maka anda bisa menggunakan cara promosi yang seru dan anti bosan.

Misalnya, alih-alih mengirmkan pesan promosi dalam waktu lama, anda dapat mengirimkan link artikel yang berisi informasi produk anda atau tautan video youtube yang berisi testimoni konsumen.

Cara ini akan membuat konsumen tertarik untuk membuka tautan tersebut dan melakukan interaksi pada konten yang diberikan.

Anda juga bisa membagikan tautan giveaway yang sedang diadakan di salah satu akun social media anda, sehingga lebih banyak orang yang tertarik untuk mengikutinya, meskipun mereka sudah lama tidak membeli produk anda.

cara broadcast wa semua kontak

Pertama adalah menyiapkan terlebih dahulu draft pesan yang akan dikirimkan melalui whatsapp broadcast, sehingga memudahkan anda untuk mengirimkan pesan ke target konsumen.

Kemudian buka akun whatsapp anda melalui aplikasi atau website dan pilih opsi lainnya kemudian klik siaran baru, pilih beberapa kontak yang ingin anda tambahkan ke daftar kemudian klik tanda centang dan masukkan pesan yang ingin dikirimkan ke konsumen.

Apabila anda memiliki jumlah konsumen yang sudah cukup banyak dan sering mengirimkan whatsapp broadcast secara rutin, maka anda bisa menggunakan bot atau layanan khusus untuk mengirimkan pesan dalam jumlah banyak dan terjadwal, sehingga lebih menghemat waktu.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like