Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa video anda masih memiliki jumlah penonton yang sedikit sedangkan lainnya memiliki jumlah penonton yang lebih banyak meskipun menggunakan format yang sama? Jawabannya berasal dari memahami algoritma TikTok yang bisa menjadi pengubah permainan yang Anda butuhkan!
Tiktok telah merevolusi cara kita mengonsumsi konten hiburan dan berinteraksi dengan para kreator, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif yang menjelajahi berbagai video setiap hari, memahami algoritma TikTok sangat penting bagi siapa pun yang ingin meningkatkan jumlah pengikut atau mempromosikan merek mereka.
Hal ini dilakukan mengingat tren datang dan pergi secepat kilat, sehingga mengetahui cara memanfaatkan algoritma tiktok yang rumit bisa terasa sangat membingungkan.
Di sisi lain, untuk benar-benar memanfaatkan kekuatan TikTok, Anda membutuhkan lebih dari sekadar kreativitas, namun diperlukan juga pemahaman strategis tentang apa yang membuat algoritmanya berjalan dengan baik.
Dengan menganalisis komponen-komponen utama seperti interaksi pengguna, relevansi konten, dan waktu, Anda bisa membuat strategi konten yang memikat audiens Anda.
Baca Juga : 12 Cara Menambah Followers Tiktok dengan Mudah dan Efektif
Saat mempelajari cara kerja Tiktok, anda mungkin pernah mendengar mengenai algoritma Tiktok, namun apa sebenarnya algoritma ini dan bagaimana cara kerjanya?
Algoritma Tiktok adalah sistem yang bekerja dengan menganalisa kegiatan pengguna Tiktok untuk menentukan jenis konten yang ingin mereka lihat di beranda mereka.
Salah satu tandanya adalah berupa jumlah tanda suka, bagikan, serta waktu yang dihabiskan saat menonton video tertentu.
Semakin lama pengguna Tiktok menonton video tersebut sampai akhir, maka menjadi penanda bahwa mereka menyukai jenis konten tersebut, sehingga Tiktok akan merekomendasikannya di waktu yang akan datang.
Cara kerja algoritma Tiktok juga berbeda dengan sosial media lainnya, dimana mereka akan merekomendasikan konten dari berbagai kreator saat pengguna Tiktok membuka akun mereka untuk pertama kali.
Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Tiktok akan menentukan konten yang sesuai dengan minat penonton berdasarkan aktivitas yang mereka lakukan pada topik konten tertentu.
Hal ini juga ditentukan melalui topik yang dipilih oleh pengguna Tiktok saat pertama kali membuka akun mereka, namun ini juga bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu.
Di samping itu, terdapat juga beberapa faktor yang menyebabkan memengaruhi kinerja algoritma Tiktok untuk mendapatkan kinerja konten yang lebih baik bagi kreator.
Interaksi dengan konten menjadi salah satu pertimbangan algoritma tiktok saat memberikan rekomendasi konten ke pengguna tiktok.
Interaksi ini biasanya berupa tanda suka yang diberikan pada konten tertentu serta durasi yang diberikan saat menonton konten tersebut.
Semakin lama pengguna Tiktok menonton video tersebut dan memberikan tanda suka, maka besar peluang bagi Tiktok untuk merekomendasikan konten tersebut di waktu yang akan datang.
Tidak hanya itu, apabila pengguna Tiktok membagikan konten mereka ke orang lain atau memberikan komentar ke video tertentu, maka Tiktok akan merekomendasikan postingan tersebut ke pengguna Tiktok agar mereka bisa menonton video tersebut lain kali.
Hal ini juga berlaku apabila pengguna Tiktok menyembunyikan konten tertentu atau menandai sebagai konten yang kurang pantas, maka Tiktok tidak akan merekomendasikannya kembali dan membuat jangkauan konten semakin pendek.
Sehingga penting bagi kreator Tiktok memastikan konten yang mereka buat disajikan secara menarik, agar penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan postingan mereka di waktu yang akan datang.
Saat disajikan topik konten tertentu dalam jangka waktu lama, biasanya pengguna Tiktok tertarik untuk mengikuti akun kreator tertentu agar tidak ketinggalan konten terbaru mereka.
Akun yang diikuti oleh pengguna Tiktok tidak hanya membantu untuk menaikkan jumlah pengikut, namun juga menjadi referensi bagi algoritma Tiktok untuk merekomendasikan konten tersebut di waktu yang akan datang.
Sehingga tidak mengherankan apabila kreator Tiktok yang memiliki jumlah pengikut yang banyak lebih sering direkomendasikan oleh Tiktok ke pengguna Tiktok lainnya dibandingkan kreator yang memiliki jumlah pengikut yang lebih sedikit.
Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bagi akun dengan pengikut yang lebih kecil untuk mendapatkan jumlah penonton video yang lebih banyak apabila mereka memiliki konten yang menarik serta memikat minat penonton untuk melakukan interaksi dengan konten mereka.
Sebelum mengunggah konten tiktok, kreator biasanya diberikan kolom caption yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan video dengan baik.
Fitur caption ini juga berguna untuk membantu algoritma tiktok untuk menemukan konten anda, sehingga postingan anda mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas dibandingkan kompetitor lain yang melupakan fungsi caption video.
Beberapa informasi yang bisa disajikan di informasi berupa deskripsi video atau kalimat ajakan yang membuat penonton tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten anda.
Di sisi lain, penggunaan kata kunci yang relevan dengan isi topik juga akan membantu untuk meningkatkan jangkauan konten yang lebih baik dibandingkan konten lain yang membahas topik yang sama namun tidak menyertakan kata kunci yang sesuai.
Tidak hanya itu, penting bagi kreator untuk mendeskripsikan isi video sebelum mengunggahnya untuk memudahkan algoritma tiktok memperluas jangkauan konten anda ke target audience yang tepat.
Saat mengunggah konten, algoritma Tiktok tidak hanya melihat jenis konten yang disajikan oleh kreator, namun juga informasi mengenai akun dan perangkat yang mereka gunakan.
Misalnya saja, apakah akun anda dibuat di negara tertentu dan menggunakan jenis bahasa tertentu, hal ini membantu algoritma Tiktok menentukan target audience yang tepat berdasarkan bahasa dan negara anda, sehingga konten anda dapat diterima dengan baik oleh mereka.
Hal ini dilakukan mengingat Tiktok lebih memilih konten berdasarkan relevansi bukan karena popularitas akun, dimana ini akan menguntungkan bagi kreator Tiktok yang berusaha untuk membangun akun mereka, serta berusaha untuk mendapatkan jumlah penonton dan pengikut Tiktok yang lebih banyak dari konten yang dimiliki.
Sehingga penting bagi kreator untuk menggunakan kata kunci yang relevan atau memiliki sinonim dengan isi konten anda, sehingga postingan anda mudah ditemukan saat pengguna Tiktok melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu di halaman pencarian.
Selain itu, Tiktok juga akan mengurangi jangkauan konten video anda apabila tampilan konten dianggap berbahaya atau ditandai dengan “kurang disukai” oleh pengguna Tiktok, sehingga penting bagi anda untuk memastikan tampilan konten yang baik sehingga disukai oleh banyak orang.
Meskipun algoritma Tiktok memprioritaskan konten yang menarik dibandingkan akun Tiktok yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak, namun penting bagi anda untuk mempelajari strategi algoritma Tiktok agar bisa diterapkan di konten yang dimiliki dan mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas.
Karenanya berikut beberapa strategi algoritam konten tiktok yang bisa digunakan untuk menjangkau target audience yang lebih luas dan meningkatkan jumlah penonton dari waktu ke waktu.
Tiktok tidak hanya digunakan sebagai sosial media yang menyajikan berbagai konten yang menarik, namun anda juga bisa menggunakannya untuk melakukan pencarian topik tertentu yang sesuai minat di halaman pencarian.
Hal ini dikarenakan Tiktok akan memberikan berbagai rekomendasi konten yang sesuai kebutuhan apabila anda melakukan pencarian menggunakan kata kunci tertentu.
Sehingga, langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merancang strategi konten tiktok adalah dengan melakukan optimasi tiktok seo dengan melakukan analisa kata kunci tertentu yang relevan dengan isi topik yang dimiliki.
Dengan melakukan analisa kata kunci tersebut, maka akan memudahkan anda untuk menggunakan kata atau topik tertentu yang bisa dibahas di Tiktok, sehingga konten anda dapat menjangkau target audience yang diinginkan dan membentuk audience yang sering melakukan interaksi dengan konten anda.
Tidak hanya itu, meletakkan kata kunci yang relevan di caption atau deskripsi video juga akan membantu konten anda lebih mudah ditemukan oleh algoritma atau pengguna tiktok, sehingga konten anda mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak.
Anda bisa melakukan analisa kata kunci untuk optimasi tiktok seo menggunakan website analisa kata kunci yang dapat memberikan hasil pencarian dan penggunaan kata kunci dalam jangka waktu tertentu, dimana semakin tinggi hasil pencarian maka menjadi penanda bahwa pengguna tiktok memiliki minat pada topik tersebut dan begitu juga sebaliknya.
Tidak hanya itu, anda juga melakukan pencarian kata kunci secara manual di halaman pencarian tiktok, dimana anda bisa menemukan topik yang banyak dicari dalam jangka waktu tertentu oleh pengguna tiktok.
Pastikan juga untuk melakukan kegiatan analisa kata kunci di setiap konten yang memiliki topik yang berbeda, sehingga konten anda mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas dan mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak dibandingkan kompetitor lainnya.
Guna mendapatkan hasil konten yang lebih maksimal menggunakan optimasi tiktok seo, maka anda bisa menempatkan sejumlah kata kunci di dalam satu video untuk mengantisipasi apabila target audience melakukan pencarian konten menggunakan kata kunci yang berbeda.
Selain membuat konten tiktok yang menarik, penting juga bagi anda untuk mempelajari aturan tiktok agar konten anda tidak disembunyikan atau dilarang karena melanggar aturan yang dimiliki.
Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar konten anda mendapatkan jangkauan yang luas tanpa melanggar aturan tiktok :
Pertama, anda bisa menggunakan kata kunci yang relevan atau sedang naik daun di kalangan komunitas, gunakan beberapa kata kunci yang sesuai untuk mendapatkan hasil konten yang maksimal.
Kedua adalah gunakan audio tiktok yang relevan dan bisa anda temukan di perpustakaan musik, pastikan untuk menggunakan lagu yang populer agar konten anda lebih cepat terkenal.
Ketiga adalah tarik perhatian penonton di detik-detik awal, dimana ini akan membuat mereka menonton video anda sampai akhir dan melakukan interaksi dengan konten yang anda sajikan, sehingga meningkatkan jumlah penonton dan membuat konten anda kembali muncul di halaman beranda mereka.
Keempat adalah menggunakan fitur Tiktok carousel, dimana jenis konten ini memungkinkan anda untuk mengunggah sejumlah foto dalam jumlah banyak, serta memberikan variasi konten yang lebih beragam, sehingga penonton tidak merasa bosan dengan konten yang anda berikan.
Kelima adalah memanfaatkan berbagai fitur bawaan tiktok, seperti fitur duet atau stitch, dimana anda bisa melakukan kolaborasi dengan kreator lain yang memiliki konten unik, sehingga konten anda mendapatkan jangkauan konten yang lebih luas dan dikenal banyak orang.
Banyaknya akun kreator yang bergerak di bidang yang sama, membuat anda perlu mendapatkan perhatian dari target audience yang diinginkan.
Selain memiliki konten yang menarik, penting bagi anda untuk mengunggah konten secara konsisten, cara ini dilakukan agar konten anda tidak mudah dilupakan oleh pengguna tiktok yang telah menonton video anda atau konten yang dimiliki mendadak viral.
Namun, mengunggah konten secara konsisten terkadang menjadi kesulitan bagi banyak orang, sehingga beberapa strategi berikut bisa anda lakukan untuk mengunggah konten secara konsisten dalam jangka waktu lama.
Pertama, anda bisa memulainya dengan membuat rencana konten yang berisi pillar dan cluster konten, pembuatan rencana konten yang baik juga akan membantu anda mengetahui konten yang akan diunggah pada hari ini atau besok, sehingga menjaga konten tetap konsisten.
Kedua adalah memanfaatkan website perencanaan konten, dimana mereka akan membantu konten tiktok anda diunggah secara otomatis di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Cara ini tentunya menguntungkan bagi kreator yang memiliki kesibukan yang padat, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengunggah konten setiap saat di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Anda juga dapat menyediakan waktu khusus untuk membuat konten sehingga anda dapat membuat penjadwalan konten di waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
Saat membuat konten tiktok, anda mungkin memiliki ide yang menarik sebagai konten video, namun anda juga perlu mempertimbangkan minat yang disukai oleh target audience, sehingga mereka tertarik untuk melakukan interaksi dengan konten yang dimiliki.
Penentuan target audience juga akan membantu anda untuk mencapai tujuan promosi yang diinginkan, misalnya saja untuk mengenalkan brand yang dimiliki atau memberikan edukasi ke penonton, sehingga pesan yang ingin anda sampaikan bisa diterima dengan baik.
Anda bisa menganalisa target audience dengan berbagai cara, misalnya saja dengan mempelajari konten yang ingin anda sampaikan di Tiktok, apakah anda hendak menargetkan penonton dari kalangan remaja atau kalangan orang dewasa? dengan memahami target audience maka akan membantu anda untuk membuat konten yang sesuai dengan minat mereka.
Analisa target audience juga bisa dilakukan meskipun anda telah mengunggah beberapa konten di Tiktok, misalnya saja dengan menggunakan fitur Tiktok analytics yang memungkinkan anda untuk memahami target demografi yang memperlihatkan rentang usia, jenis kelamin, lokasi, serta waktu aktif penonton.
Dimana ini akan membantu anda untuk membuat konten yang sesuai dengan minat mereka dan mengunggahnya di waktu aktif penonton, sehingga video anda mendapatkan jumlah penonon yang lebih banyak.
Amati juga aktivitas kompetitor yang memiliki jenis konten dan topik yang sama, memahami interaksi dengan pengikut mereka juga akan membantu untuk memaksimalkan pesan yang ingin disampaikan serta memprosisikan merk anda dengan lebih efektif.
Buat juga persona audience untuk membuat konten yang sesuai, sehingga konten anda dapat diterima oleh penonton yang memiliki minat yang sama dan memahami masalah yang mereka hadapi, sehingga dapat membantu untuk meningkatkan tingkat interaksi yang lebih tinggi.
Banyaknya kreator tiktok yang membuat konten yang beragam dan memiliki jumlah pengikut yang banyak, mungkin akan membuat anda merasa minder untuk berkarya di Tiktok.
Meskipun begitu, anda tidak perlu khawatir untuk bersaing di dunia Tiktok, mengingat algoritma mereka lebih mengedepankan konten yang menarik untuk memperluas jangkauan konten yang dimiliki.
Sehingga agar bisa bersaing dengan kreator lain yang lebih terkenal, maka penting bagi anda untuk memiliki keunikan konten yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.
Misalnya saja dengan membahas topik unik yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain, dimana ini dapat menarik minat target audience untuk melihat dan melakukan interaksi dengan konten anda.
Anda juga perlu memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan kompetitor lainnya, sehingga konten anda lebih mudah dikenali oleh pengguna Tiktok dalam waktu singkat.
Sehingga anda tidak hanya bergabung dengan tren saat ini, namun juga memiliki ciri khas yang tidak dilupakan oleh pengguna Tiktok dalam waktu lama.
Anda juga bisa melakukan berbagai eksperimen untuk menemukan gaya anda, cobalah dengan format konten yang berbeda, seperti membuat konten cerita, menambahkan sisi humor, dengan melakukan berbagai uji coba akan membantu anda untuk menemukan keunikan konten yang berbeda dengan kreator lainnya.
Manfaatkan juga beragam fitur TikTok secara kreatif, mulai dari alat pengeditan hingga efek, membuat konten dengan berbagai elemen yang berbeda dapat meningkatkan kualitas video dan meningkatkan interaksi dengan penonton..
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, algoritma tiktok tidak hanya melihat konten yang menarik untuk disebarkan ke target audience, namun melakukan interaksi dengan pengguna Tiktok lainnya akan membantu untuk meningkatkan jangkauan konten sehingga konten anda dikenal oleh banyak orang.
Di sisi lain, anda bisa melakukan interaksi konten dengan berbagai cara, misalnya saja dengan membalas berbagai komentar dan pesan yang masuk, sehingga terjadi interaksi dua arah yang membantu untuk membentuk komunitas yang erat.
Tidak hanya itu, anda juga perlu memeriksa pesan yang masuk di Tiktok, dimana ini akan membantu konten anda untuk menjawab pertanyaan konsumen khusus, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk anda dan mengenal konten anda.
Selain itu, Tiktok juga menyediakan fitur balas melalui pesan, dimana ini tidak hanya menjadi cara interaksi baru yang menyenangkan, namun juga dapat membantu anda mendapatkan ide konten yang menarik dan sesuai minat audience.
Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan interaksi dengan audience, sehingga memperluas jangkauan konten dan membangun komunitas yang kuat di konten anda.
Melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok juga menjadi cara terbaik untuk mengenalkan akun dan konten yang dimiliki sehingga bisa dikenal oleh banyak orang.
Namun, dengan banyaknya kreator tiktok yang membuat konten yang beragam, penting bagi anda untuk memilih kreator yang sesuai dengan kebutuhan promosi yang dimiliki.
Pertama, anda bisa memulainya dengan mempelajari konten yang mereka miliki, pastikan bahwa mereka memiliki jenis dan ide konten yang sama dengan akun anda, sehingga hasil promosi menjadi lebih baik.
Tidak hanya itu, pastikan juga apakah pengikut anda juga menyukai konten yang mereka berikan, caranya adalah dengan melihat interaksi yang dilakukan satu sama lain, guna memastikan bahwa target audience juga menyukai konten mereka.
Kedua adalah pilih jenis konten yang bisa mereka promosikan di akun mereka, apakah menggunakan jenis konten cerita atau humor, dimana masing-masing konten memiliki kelebihannya serta ciri khasnya sendiri, sehingga anda perlu memilih salah satu yang terbaik.
Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan kreator tiktok menggunakan fitur duet atau stitch, dimana anda bisa melakukan interaksi dengan konten mereka tanpa melakukan kolaborasi secara langsung.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.