10 Cara Kerja FB Pixel (Meta Pixel) 2023

Tahukah Anda ? Semenjak ada media sosial lainnya para pebisnis sudah tidak minat lagi untuk beriklan di Facebook, karena banyak yang mengira Facebook ini sudah tidak ada pemintanya. Namun, hal ini salah ya!

Bahwasannya beriklan di Facebook belum mati. Meskipun platform media sosial baru seperti TikTok muncul, beriklan di Facebook tetap menjadi keterampilan penting bagi banyak pemasar.

Menurut sumber hootsuite, bahwa potensi dari Facebook Ads ini sangatlah signifikan, karena memiliki kemampuan untuk menjangkau sekitar 30% populasi global atau diperkirakan mencapai 2,17 miliar orang.

Selain itu, kampanye Facebook Ads termasuk platform yang terbesar didunia dan sering digunakan untuk memasarkan produk oleh pelaku usaha online.

Kemudian, Facebook Ads ini menawarkan berbagai fitur canggih untuk membantu pertumbuhan bisnis. Fitur yang dimaksud bagi para pengiklan ini yaitu memasang Pixel Facebook.

Sudah tau belum apa itu Facebook Pixel ini?

Jika Anda belum mengetahui apa itu fb pixel ini, yuk simak penjelasannya!

Apa Itu FB Pixel ?

Salah satu keuntungan dari iklan media sosial adalah untuk menguji, memantau, meningkatkan, dan mengarahkan iklan Anda dengan sangat akurat.

Katadata menjelaskan bahwa potensi jangkauan iklan Facebook ini menjadi urutan kedua setelah YouTube. Meskiupun begitu Facebook masih media sosial dengan pengguna terbanyak, loh!

Bahwasannya, Facebook ini memiliki fitur yang membantu bisnis Anda agar bisa dikenal masyarakat menggunakan Facebook Ads. Namun, Facebook Ads ini memiliki fitur yang lebih canggih lagi yaitu FB pixel atau sekarang diganti dengan Meta Pixel pada Februari 2022, dilansir sumber hootsuite.

FB Pixel ini merupakan alat digital yang digunakan untuk pengumpulan data dan membantu dalam pengoptimalan kampanye iklan di Facebook dan Instagram Anda. Jika Anda saat ini atau berencana ingin menggunakan iklan Facebook atau Instagram, maka Facebook Pixel (atau Meta Pixel) inilah yang membantu periklanan Anda. Karena, FB Pixel ini memantau aktivitas pengguna di situs website Anda, hingga menghasilkan iklan yang lebih tepat di Facebook.

Selain itu FB pixel ini termasuk alat penting bagi setiap pengiklan Facebook yang ingin menghasilkan lebih banyak konversi dan mengoptimalkan pengeluaran iklan mereka.

Facebook Pixel dapat diatur melalui Facebook Ads Manager dan diintegrasikan dengan berbagai platform, seperti WordPress.

Potongan kode yang ada di Piksel Meta ini akan melacak setiap peristiwa di tampilan halaman, masukkan ke keranjang, pembelian, scroll depth, waktu di halaman, dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengimplementasikan yang ada pada FB Pixel ini, maka Anda dapat meningkatkan kemampuan Facebook untuk menargetkan dan memasarkan kepada pengguna yang telah terlibat dengan halaman website atau melakukan tindakan tertentu di situs Anda.

Bahwasannya, pelacakan kode yang ada di FB Pixel ini adalah cookie. Nah, cookie ini memiliki kemampuan untuk melacak pengunjung di website agar Anda dapat mengoptimalkan iklan.

Tak hanya itu, kode pixel ini juga bisa Anda gunakan untuk melacak aktivitas pengguna pada kunjungan berikutnya ke situs web Anda. Dengan menerapkan pendekatan ini Anda dapat meningkatkan efisiensi dan ketepatan, hingga memastikan bahwa kampanye promosi Anda bisa menargetkan audiens yang tepat melalui data yang diperoleh.

Manfaat Facebook Pixel

Facebook Pixel menawarkan berbagai manfaat, termasuk kemampuan untuk mengumpulkan data penting untuk mengoptimalkan penargetan iklan.

Data piksel pelacakan Facebook ini dapat membantu dalam menargetkan setiap orang yang akan tertarik dengan iklan Anda, dan mengarah pada peningkatan konversi iklan serta mendapatkan ROI atau laba atas investasi yang lebih baik.

Oleh karena itu, penting Anda untuk mengunduh FB Pixel sebagai pemanfaatan data yang akan dikumpulkan untuk tujuan perikanan.

Nah, berikut ini adalah manfaat dari FB Pixel yang perlu Anda ketahui :

1. Melacak Konversi

Facebook Pixel adalah alat yang memungkinkan pengiklan untuk mengukur keefektifan iklan mereka dengan melacak tindakan yang dilakukan orang di situs web setelah mengklik iklan Facebook Anda.

Salah satu manfaat utama menggunakan FB Pixel ini adalah kemampuan untuk melacak konversi.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat menentukan iklan dan kampanye mana yang menghasilkan jumlah konversi tertinggi, termasuk pembelian, pendaftaran, atau unduhan.

Selain itu, Anda dapat mengoptimalkan kampanye iklan Anda dan membuatnya lebih efektif dengan menyesuaikan penargetan atau materi iklan Anda.

Manfaat lain dari penggunaan FB Pixel adalah kemampuan untuk melacak pengunjung situs web dan perilaku mereka di situs web Anda.

Data ini dapat membantu Anda memahami halaman mana di situs web Anda yang paling populer, berapa lama pengunjung bertahan di situs Anda, dan ke mana mereka pergi.

Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna situs web Anda dan mengoptimalkan iklan Anda untuk mendorong lebih banyak traffik dan konversi.

2. Retargeting

Bahwasannya penargetan ulang dengan Facebook Pixel ini bisa membawa banyak manfaat untuk strategi periklanan Anda, loh!

Dengan memasang Facebook Pixel di website Anda, Anda bisa melacak tindakan pengunjung situs web Anda dan menggunakan data ini untuk menargetkan ulang di Facebook dengan iklan yang relevan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat penargetan ulang dengan Facebook Pixel :

  • Peningkatan Konversi: Penargetan ulang memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang telah menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda. Dengan menampilkan iklan yang relevan, Anda dapat mendorong mereka untuk kembali dan menyelesaikan pembelian, mendaftar ke buletin, atau melakukan tindakan lain yang diinginkan di situs web Anda.
  • Hemat Biaya: Penargetan ulang sering kali lebih murah daripada bentuk iklan lainnya, karena Anda menargetkan audiens yang lebih kecil dan lebih terlibat. Hal ini dapat menghasilkan laba atas investasi (ROI) yang lebih tinggi untuk pengeluaran iklan Anda.
  • Peningkatan Relevansi Iklan: Penargetan ulang memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang telah mengunjungi situs web Anda, sehingga Anda dapat menyesuaikan pesan Anda agar lebih relevan dengan minat dan perilaku mereka.
  • Brand Awareness : Meskipun seseorang tidak melakukan konversi pada kunjungan pertama mereka ke situs web Anda, penargetan ulang dapat membantu menjaga merek Anda tetap menjadi yang teratas di benak mereka dan meningkatkan kesadaran merek secara keseluruhan.
  • Analisis terperinci: Dengan Facebook Pixel, Anda bisa melacak keefektifan kampanye penargetan ulang dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan strategi periklanan Anda dari waktu ke waktu.
Manfaat Facebook Pixel adalah Retargeting

3. Pengelompokan Audiens (lookalike)

Salah satu keuntungan utama menggunakan pengelompokan audiens dengan Facebook pixel ini adalah kemampuan untuk menargetkan kelompok orang tertentu dengan iklan yang sangat relevan dan dipersonalisasi.

Dengan membuat audiens khusus berdasarkan tindakan yang dilakukan orang di situs web atau aplikasi Anda, Anda bisa memastikan bahwa pesan iklan Anda disesuaikan dengan minat dan kebutuhan mereka, sehingga iklan Anda lebih efektif.

Pengelompokan audiens juga dapat membantu Anda menghemat uang untuk pengeluaran iklan Anda, dengan menargetkan hanya pengguna yang paling mungkin untuk mengonversi atau terlibat dengan konten Anda.

Selain itu, membuat lookalike dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, karena Facebook secara otomatis akan menemukan orang-orang yang memiliki minat, demografi, dan perilaku yang sama dengan mereka yang ada di basis pelanggan Anda saat ini.

Dengan mengecualikan audiens yang tidak relevan atau berkinerja rendah, Anda dapat memfokuskan anggaran iklan Anda pada grup yang paling penting, meningkatkan laba atas investasi dan kinerja kampanye secara keseluruhan.

4. Optimasi Iklan Facebook

Mengoptimalkan iklan Facebook ini bisa Anda lakukan dengan FB Pixel, sehingga bisnis yang Anda jalankan lebih berkembang.

Selain itu, FB Pixel ini akan mengumpulkan data pembelian pelanggan, dari semua total uang yang dibelanjakan.

Nah, hal ini sangatlah penting karena akan lebih tepat sasaran saat melakukan pengiklanan.

Kemudian, pada FB Pixel ini dirancang untuk menampilkan iklan kepada individu yang cenderung melakukan pembelian dalam jumlah yang tinggi.

5. Mengoptimisasi Konversi yang Spesifik

Facebook Pixel adalah sepotong kode yang bisa ditambahkan ke situs web untuk memberikan informasi tentang pengunjung dan tindakan mereka, yang bisa digunakan untuk penargetan dan pengoptimalan iklan.

Tak hanya itu, FB Pixel ini menawarkan keuntungan untuk mengoptimalkan konversi yang ditargetkan.

Adanya Facebook Pixel ini, bisnis dapat melacak tindakan spesifik yang dilakukan oleh pengunjung di situs web mereka, seperti menyelesaikan pembelian, mengisi formulir, atau menambahkan item ke keranjang mereka.

Selain itu, melacak tindakan ini bisnis Anda dapat membuat audiens khusus dan menyiapkan kampanye pengoptimalan konversi yang berfokus pada pengguna dan paling mungkin untuk melakukan tindakan tertentu.

Dengan mengoptimalkan konversi spesifik, bisnis Anda dapat meningkatkan ROI kampanye iklan dan meningkatkan efektivitas strategi pemasaran mereka secara keseluruhan.

6. Mengoptimalkan Value Facebook Ads Anda

Pixel Facebook memungkinkan iklan yang ditargetkan kepada pelanggan ketika memiliki riwayat melakukan pembelian bernilai tinggi. Dengan begitu, membantu Anda untuk mencapai ROAS (Return on ad spend) yang tinggi.

7. Menawarkan Tools Iklan dan Metrik

Jika Anda memasang FB Pixel, maka Facebook akan menyediakan akses ke berbagai alat, fitur, dan metrik kampanye pemasaran yang lebih banyak. Contohnya, melibatkan pengumpulan informasi mengenai cost per lead atau cost per conversion.

Jenis-Jenis Pixel

Facebook Pixel adalah kode situs web yang digunakan untuk mengumpulkan data guna melacak konversi dari iklan Facebook, mengoptimalkan iklan, membuat audiens yang ditargetkan untuk iklan di masa mendatang, dan memasarkan ulang kepada pengunjung situs web yang melakukan tindakan.

Proses ini melibatkan penempatan dan aktivasi cookie untuk memantau aktivitas pengguna di situs web dan iklan Facebook Anda.

Terdapat dua jenis pixel di Facebook yaitu Conversion Pixel dan Custom Audience Pixel.

Lalu, bagaimana konsep dari setiap jenis pixel di Facebook ini, yuk simak!

1. Conversion Pixel

Sudah tau belum, apa itu Conversion Pixel?

Pixel konversi adalah potongan kode yang ditempatkan di situs web yang melacak tindakan pengguna setelah mereka mengeklik iklan atau menyelesaikan sasaran konversi tertentu.

Saat pengunjung mengklik iklan atau melakukan tindakan yang diinginkan, pixel konversi mengirimkan permintaan ke platform iklan, yang menunjukkan bahwa pengguna telah menyelesaikan konversi yang dimaksud.

Data ini kemudian digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye iklan dan mengoptimalkannya. Pixel konversi sangat penting untuk melacak dan mengukur kinerja kampanye iklan online secara akurat, dan dapat membantu bisnis membuat keputusan yang lebih tepat tentang strategi pemasaran mereka.

Mereka dapat digunakan untuk melacak berbagai sasaran konversi, seperti pembelian, pengiriman formulir, panggilan telepon, dan banyak lagi.

Selain itu, conversion pixels sering kali dapat disesuaikan untuk melacak data spesifik dan memberikan wawasan yang lebih rinci tentang perilaku pengguna.

Secara keseluruhan, conversion pixels adalah alat penting bagi pemasar digital yang ingin mendorong konversi dan melacak keberhasilan kampanye mereka.

2. Custom Conversion

Selain itu, Custom Conversion adalah jenis konversi yang dibuat oleh pengiklan agar dapat mengukur tindakan yang lebih spesifik dari pengguna yang melakukan interaksi dengan iklannya.

Custom Conversion memungkinkan pengiklan untuk menentukan tindakan yang ingin diukur, seperti pengisian formulir atau pembelian produk.

Pengiklan dapat memilih event khusus yang diperlukan untuk dapat diukur, dan kemudian menambahkan tag khusus ke halaman situs web mereka yang berhubungan dengan event tersebut.

Dengan Custom Conversion, pengiklan dapat memantau kinerja iklannya dengan lebih detail dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan mereka.

Custom Conversion

Kemampuan Pelacakan Facebook Pixel

Sudah tau belum bahwa tools ini memiliki kemampuan untuk merekam dan melacak klik pengguna pada iklan atau tindakan tertentu di situs web Anda.

Nah, berikut ada beberapa hal yang bisa dilacak oleh FB Pixel yaitu :

  • View Content : Facebook Pixel bisa melihat konten dan melacak tampilan halaman kunci (artikel, halaman arahan, halaman produk)
  • Search : Pixel bisa melihat track pencarian di website (pencarian produk)
  • Add to Cart : Melacak bila item ditambahkan ke troli
  • Add to wishlist : Mencatat ketika item ditambahkan ke wishlist
  • Initiate Checkout : Merekam saat orang-orang akan melakukan pembelian atau checkout
  • Add Payment Info : Melihat track ketika orang menambahkan informasi pembayaran selama checkout flow
  • Make Purchase : Mencatat pembelian atau penyelesaian checkout flow (yang nantinya akan menuju ke halaman konfirmasi pembelian)
  • Lead : Mencatat ketika seseorang mengisi formulir, mendaftar / sign up untuk trial
  • Complete Registration : Melacak seseorang mengisi formulir pendaftaran (langganan lengkap, daftar layanan)

Event yang Bisa Diukur Oleh FB Pixel

Peristiwa atau even di situs web mengacu pada tindakan spesifik yang dilakukan oleh pengunjung, seperti menambahkan item ke keranjang atau mengklik tombol yang ditentukan.

Berikut 2 peristiwa atau event yang bisa diukur menggunakan FB Pixel :

1. Facebook Standard Events

Facebook Standard Events adalah alat yang digunakan oleh para pemasar digital untuk melacak aktivitas pengguna di situs web mereka.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dan memahami perilaku pengguna di situs web mereka, seperti tindakan yang diambil oleh pengguna di situs web, nilai konversi, dan arus lalu lintas.

Dengan menggunakan Facebook Standard Events, pemasar digital dapat melacak data pengguna secara akurat dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang perilaku pengguna mereka.

Alat ini juga memudahkan pemasar untuk menyampaikan informasi yang lebih relevan dan terkait dengan pengguna, meningkatkan kemungkinan konversi dan keuntungan.

Namun, untuk menggunakan Facebook Standard Events dengan efektif, pengguna harus memiliki pengetahuan dasar tentang coding dan penggunaan API.

Selain itu, pengguna harus memastikan bahwa kode Facebook Pixel mereka terpasang dengan benar dan bekerja dengan baik. Dengan melakukan hal ini, pengguna dapat memaksimalkan potensi alat ini dan meningkatkan ROI mereka.

Facebook saat ini menawarkan 17 kode untuk Standard Events yang sudah tersedia yaitu :

  • Purchase , Pembelian atau transaksi yang dilakukan di situs web
  • Lead, Doronglah setiap orang agar mendapatkan leads bisnis yang potensial
  • Complete Registration,  Melengkapi pendaftaran dengan isi formulir yang ada di situs web, seperti subscription form
  • Add Payment Info,  Seseorang memasukkan detail pembayaran mereka saat melakukan transaksi di situs web
  • Add to Cart,  Menempatkan produk ke dalam keranjang belanja virtual
  • Add to Wishlist
  • Initiate Checkout, Tindakan mengklik tombol checkout saat melakukan pembelian
  • Search, Melakukan pencarian di website.
  • View Content, Tindakan seseorang yang mengakses halaman tertentu di situs web
  • Contact
  • Customize Product
  • Donate
  • Find Location, Ketika seseorang mencari toko fisik Anda.
  • Schedule, Saat seseorang melakukan appointment.
  • Start Trial
  • Submit Application
  • Subscribe

2. Facebook Custom Event

Facebook Custom Events adalah fitur di Facebook Ads Manager yang memungkinkan pengiklan untuk melacak tindakan dan perilaku pengguna di website mereka.

Dengan Custom Events, pengiklan dapat memperoleh informasi yang lebih kaya tentang pengguna mereka dan dapat membuat kampanye iklan yang lebih terfokus secara geografis, seperti menargetkan orang yang pernah mengunjungi halaman produk atau yang menyelesaikan pembelian di website.

Dalam hal ini, Custom Events dapat mempermudah pengiklan dalam merancang strategi iklan yang lebih cerdas, efektif, dan efisien.

10 Cara Menggunakan Facebook Pixel

Selanjutnya, Anda harus memahami cara kerja Facebook Pixel, berikut ini ada 10 cara:

1. Buat Pixel

Setelah mendapatkan pemahaman tentang FB Pixel, langkah selanjutnya adalah membuat ID 15 digit yang unik untuk dipasang di situs web Anda.

Ada dua metode yang tersedia untuk membuat kode khusus Anda yaitu melalui Pengelola Iklan Facebook (Ads Manager) atau Pengelola Bisnis Facebook (Business Manager).

A. Melalui Facebook Ads Manager

  • Untuk mengakses Pixels di Ads-Manager, pertama-tama buka menu drop-down yang terletak di sudut kiri atas. Selanjutnya, klik “All Tools” di bagian bawah opsi, lalu pilih “Pixel”.
  • Ketika sudah mendarat di halaman pixel, klik “Create a Pixel”.
  • Untuk membuat pixel, cukup masukkan nama dan klik tombol “Create”.

B. Melalui Facebook Business Manager

  • Business Manager memungkinkan pengguna untuk membuat hingga 100 Pixel. Kemudian, saat membuat Pixel baru, Anda harus buka bagian Pixel pada halaman Business Manager
  • Lalu Anda haru memberi nama Pixel, sama halnya dengan metode Ads Manager.
  • Letakkan Pixel di akun iklan untuk kampanye Anda.
  • Setelah menghasilkan piksel melalui salah satu metode, langkah berikutnya adalah menentukan proses untuk memasangnya.

2. Menambahkan Kode Pixel ke Situs

Menambahkan kode Pixel ke website Anda dapat membantu untuk mengumpulkan data berharga tentang pengunjung dan perilaku mereka.

Pertama, Anda perlu mencari kode yang disediakan oleh platform yang Anda gunakan, seperti Facebook atau Google Ads.

Kemudian, Anda dapat dengan mudah menambahkannya ke situs web Anda dengan menyisipkannya ke bagian kepala kode HTML Anda atau dengan menggunakan plugin jika Anda menggunakan sistem manajemen konten.

Ada tiga opsi untuk memanfaatkan Facebook Pixel yaitu memanfaatkan Integrasi atau Tag Manager, memasang kode secara manual, atau mengirim instruksi instalasi menggunakan email ke developer.

Jika Anda seorang pemula, memanfaatkan integrasi partner mungkin merupakan pilihan yang optimal. Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan tentang cara melakukannya :

  1. Pilih opsi Use a partner integration dengan mengklik tombol Use a partner, di antara tiga opsi yang tersedia
  2. Anda perlu memilih platform situs web berdasarkan persyaratan khusus, dan dalam hal ini, WordPress adalah opsi yang dipilih
  3. Kemudian, Anda bisa memulai dengan instalasi plugin dan diakhiri dengan konfirmasi

Setelah kode Pixel terpasang, kode ini akan mulai melacak pengunjung situs web Anda dan memberi Anda insights penting tentang minat dan tindakan mereka.

Nah, jika Anda ingin menyelesaikan tugas secara mandiri, maka Anda diperlukan pengetahuan tentang kode HTML.

Dengan menggunakan data ini, Anda bisa mengoptimalkan kampanye pemasaran dan meningkatkan performa situs web Anda.

Setelah kode ditambahkan ke situs web, tugas selanjutnya adalah Anda harus mengaktifkan pencocokan automatic advanced.

Facebook Pixel menggunakan Automatic advanced matching untuk meningkatkan pelacakan konversi dan penargetan audiens untuk bisnis dan produk.

Untuk mengonfirmasi aktivasi kode, coba masukkan URL situs Anda dan pilih opsi Send Test Traffic. Jika sudah selesei, maka Anda bisa klik Continue pada Facebook Pixel.

Cara kerja Facebook Pixel yaitu Menambahkan Kode Pixel ke Situs

3. Lacak Event yang Tepat

Bahwasannya Facebook Pixel memungkinkan pelacakan metrik dan elemen melalui penggunaan peristiwa atau event.

Event standar yang tersedia untuk dipilih ada 17 secara keseluruhan, yang meliputi pembelian, lead, pendaftaran, menambahkan informasi pembayaran, menambahkan item ke keranjang, dan menambahkan item ke daftar keinginan.

Kemudian, situs web ini menawarkan berbagai fitur seperti checkout, pencarian, melihat konten, kontak bisnis, kustomisasi produk, donasi, pencarian lokasi, penjadwalan, uji coba, aplikasi, dan berlangganan.

Untuk menambahkan acara Event yang akan dilacak, Anda perlu akses Facebook Event Manager, dan berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan :

  • Untuk mengakses tab overview di Facebook Event Manager, maka Anda perlu membuka dasbor
  • Jika Anda ingin menambahkan peristiwa/Events, maka Anda harus mencari tombol Add Events di bagian bawah tab overview dan klik tombol tersebut
  • Selanjutnya, klik Open Event Setup Tool. Kemudian masukkan URL websitemu dan dan klik Open website
  • Pengguna memiliki kemampuan untuk mengakses setiap halaman situs web mereka dan memasang pelacak peristiwa pada tombol atau URL tertentu. Selain itu, mereka memiliki opsi untuk mengedit atau menghapus Events yang telah dipasang sebelumnya
  • Setelah pelacak peristiwa /Events berhasil diinstal pada setiap halaman, Anda bisa klik tombol Finish Setup

4. Pastikan Facebook Pixel aktif

Facebook Pixel adalah alat yang membantu bisnis melacak interaksi pelanggan di situs web mereka. Alat ini bekerja dengan menempatkan potongan kode di halaman web, yang kemudian melacak tindakan yang diambil oleh pengunjung ke halaman tersebut.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan iklan Facebook mereka berdasarkan tindakan ini, karena data yang dikumpulkan oleh Pixel dapat digunakan untuk membuat iklan bertarget dan mengukur keefektifannya.

Untuk memastikan bahwa Pixel aktif, bisnis harus memeriksa apakah kode telah dipasang dengan benar dan berjalan dengan benar.

Hal ini mencakup verifikasi bahwa ID Pixel cocok dengan akun Iklan Facebook yang benar, memeriksa apakah kode ditempatkan di semua halaman yang relevan, dan menjalankan tes untuk mengonfirmasi bahwa peristiwa dilacak secara akurat.

Dengan menjaga Pixel tetap aktif dan dikonfigurasi dengan benar, bisnis dapat memanfaatkan kekuatan data pengguna Facebook yang sangat besar untuk mendorong lalu lintas dan mencapai tujuan pemasaran mereka.

Untuk mengaktifkan piksel, disarankan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Jika menambahkan bantuan Facebook Pixel Helper ke browser Anda, maka Anda cukup instal ekstensi di Chrome.
  2. Untuk memeriksa apakah pixel pada situs web Anda aktif, kunjungi situs dan cari ikon ekstensi. Jika pixel aktif, ikon akan berubah menjadi biru dan menampilkan angka yang menunjukkan jumlah pixel .
  3. Harap verifikasi apakah ID Pixel sesuai dengan Pixel di Events manager.
  4. Dengan mengeklik tombol ekstensi, seseorang dapat melihat status Pixel saat ini. Jika ada masalah yang muncul dengan Pixel, ini bisa diperiksa di Events manager. 

5. Membuat Pemberitahuan di Situs Web

Memberitahu pengunjung situs tentang pengumpulan data yang akan dilakukan oleh peraturan Facebook dan hukum.

Hal ini hanya dapat dilakukan dengan persetujuan pengunjung.

6. Mengumpulkan Insights

FB pixel adalah alat yang digunakan oleh bisnis untuk mengumpulkan insights tentang pengunjung situs web, termasuk asal, penggunaan perangkat, dan informasi demografis mereka.

Alat ini bekerja dengan menambahkan potongan kode ke situs web, yang melacak aktivitas dan perilaku pengguna. Informasi ini kemudian dikirim kembali ke Facebook, di mana informasi ini digunakan untuk membuat iklan bertarget dan mengoptimalkan kampanye iklan.

Dengan menganalisis data yang disediakan oleh FB pixel, bisnis dapat memahami audiens mereka dengan lebih baik dan menyesuaikan upaya pemasaran mereka untuk memenuhi kebutuhan mereka.

7. Meninjau Perilaku

FB Pixel adalah alat yang memungkinkan pemilik situs web untuk melacak tindakan pengguna yang berinteraksi dengan website mereka. Alat ini bekerja dengan menempatkan kode di situs web Anda, yang memungkinkan FB melacak perilaku pengguna dan mengumpulkan data penting tentang audiens Anda.

Data ini dapat mencakup hal-hal seperti halaman yang dikunjungi pengguna, durasi kunjungan mereka, dan tindakan spesifik apa pun yang mereka lakukan di situs Anda, seperti pengiriman formulir atau pembelian.

Menganalisis data ini dapat membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik, dan membuat keputusan yang tepat tentang strategi periklanan dan pemasaran Anda.

Jika Anda tertarik menggunakan FB Pixel untuk meninjau perilaku pengguna, penting untuk memastikan bahwa kode diimplementasikan dengan benar, dan secara teratur meninjau dan menganalisis data yang Anda kumpulkan.

Dengan demikian, Anda dapat memperoleh wawasan berharga tentang audiens Anda dan membuat keputusan berdasarkan data yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

8. Bangun Audiens

Facebook Pixel adalah alat yang memungkinkan bisnis untuk melacak aktivitas pengguna di situs web mereka. Pelacakan ini membantu bisnis untuk membangun audiens yang telah berinteraksi dengan situs mereka.

Dengan Facebook Pixel, bisnis dapat membuat audiens khusus dan menargetkan ulang pengguna ini dengan iklan yang relevan. Pixel mengumpulkan informasi seperti tampilan halaman, klik tombol, dan pembelian untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang audiens mereka.

Untuk mulai membangun audiens, bisnis perlu memasang kode Pixel di situs web mereka. Setelah dipasang, mereka dapat melacak perilaku pengguna dan membuat audiens khusus berdasarkan kriteria seperti halaman yang dikunjungi atau tindakan yang diambil di situs.

Memanfaatkan data yang dikumpulkan dari Pixel eventsuntuk menghasilkan Pemirsa Khusus Facebook, pemirsa yang mirip, dan iklan yang disesuaikan untuk orang yang akan ditargetkan.

Cara kerja Facebook Pixel yaitu Bangun Audiens

9. Memaksimalkan Penawaran

Untuk meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan yang dihasilkan dari situs web Anda, penting untuk memanfaatkan teknologi pixel Facebook.

Dengan menempatkan pixel di situs Anda, Anda bisa melacak tindakan yang dilakukan pengguna dan menggunakan informasi tersebut untuk mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Misalnya, Anda bisa melacak saat pengguna mengklik halaman produk, menambahkan item ke keranjang, atau melakukan pembelian.

Dengan data tersebut, Anda dapat membuat iklan bertarget yang lebih mungkin mengubah pengguna menjadi pelanggan.

Selanjutnya, Anda harus terus menganalisis dan menyesuaikan kampanye Anda berdasarkan data yang disediakan oleh Pixel, Anda dapat memaksimalkan laba atas investasi dan mengembangkan bisnis Anda.

10. Analisa Event

Evaluasi kejadian konversi untuk menentukan strategi periklanan Facebook yang paling efektif untuk perusahaan Anda.

Itu dia penjelasan mengenai FB Pixel untuk digital marketing.

Selain FB Pixel, ada banyak alat pemasaran lain yang dapat meningkatkan efektivitas usaha pemasaran Anda, loh!

FB Pixel Adalah

FB Pixel ini merupakan alat digital yang digunakan untuk pengumpulan data dan membantu dalam pengoptimalan kampanye iklan di Facebook dan Instagram Anda. Jika Anda saat ini atau berencana ingin menggunakan iklan Facebook atau Instagram, maka Facebook Pixel (atau Meta Pixel) inilah yang membantu periklanan Anda. Karena, FB Pixel ini memantau aktivitas pengguna di situs website Anda, hingga menghasilkan iklan yang lebih tepat di Facebook.

Fungsi Pixel Facebook

1. Melacak Konversi
2. Retargeting
3. Pengelompokan Audiens (lookalike)
4. Optimasi Iklan Facebook
5. Mengoptimisasi Konversi yang Spesifik
6. Mengoptimalkan Value Facebook Ads Anda
7. Menawarkan Tools Iklan dan Metrik

Facebook Pixel Standard Events Adalah

Facebook Standard Events adalah alat yang digunakan oleh para pemasar digital untuk melacak aktivitas pengguna di situs web mereka. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengukur dan memahami perilaku pengguna di situs web mereka, seperti tindakan yang diambil oleh pengguna di situs web, nilai konversi, dan arus lalu lintas. Dengan menggunakan Facebook Standard Events, pemasar digital dapat melacak data pengguna secara akurat dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang perilaku pengguna mereka.

 

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like