Buka kesempatan untuk bekerjasama dengan brand-brand besar dengan portofolio content creator yang menarik perhatian. Menjadi content creator kini telah menjadi pilihan karir bagi banyak orang, mengingat mudahnya untuk membuat konten dan membagikan di akun sosial media yang dimiliki.
Namun, dengan banyaknya orang yang merintis jalan sebagai content creator, tentunya anda harus menunjukkan keunikan konten anda untuk menarik perhatian brand-brand besar guna melakukan kerjasama dengan anda.
Salah satu caranya adalah dengan membangun portofolio content creator yang bisa anda bagikan ke brand-brand besar untuk mengajak anda melakukan kerjasama. Karenanya, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun portofolio content creator untuk influencer.
Baca Juga : Strategi Membuat Portofolio Pekerjaan dan Jenis-jenisnya
Banyaknya content creator yang bergerak di bidang yang sama, membuat anda harus menunjukkan kelebihan dan keunikan yang dimiliki agar lebih menonjol dari kreator lainnya.
Sehingga di pembukaan portofolio content creator untuk influencer, maka ada baiknya untuk mendeskripsikan diri dengan baik, untuk menarik perhatian brand yang hendak mengajak kerjasama.
Misalnya saja, anda bisa menjelaskan usia serta target audience yang dituju serta bidang konten yang anda dalami, deskripsi singkat ini akan membantu calon brand untuk memutuskan, apakah konten anda sesuai dengan promosi yang hendak dilakukan nantinya.
Selain itu, penting juga bagi anda untuk menyebutkan nama akun sosial media yang dimiliki beserta jumlah pengikut, angka jangkauan, serta target audience yang dituju.
Deskripsi ini juga menjadi pembeda bagi anda dengan kreator lain, apakah anda termasuk influencer micro atau macro yang memiliki pengaruh yang besar, sehingga brand yang hendak mengajak kerjasama dapat memahami harga yang anda tawarkan berdasarkan jumlah pengikut yang dimiliki.
Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membuat portofolio content creator sebagai influencer adalah mengumpulkan konten terbaik anda.
Anda bisa mencantumkan konten yang masuk ke halaman FYP sehingga mendapatkan jumlah penonton yang tinggi, video reels Instagram yang mendapatkan jumlah share yang tinggi, atau konten X yang berhasil menjadi pembahasan bagi banyak orang dalam jangka waktu lama.
Dengan mengumpulkan beberapa konten terbaik yang anda miliki, maka ini akan menjadi daya tarik bagi brand yang hendak melakukan kerjasama dengan anda untuk mempromosikan produk yang mereka miliki.
Ada baiknya juga untuk mencantumkan berbagai jenis konten dalam satu portofolio content creator, sehingga brand tersebut bisa menentukan pilihan postingan yang sesuai kebutuhan, mengingat setiap jenis konten biasanya memiliki range harga yang berbeda tergantung pada tingkat kesulitan yang dimiliki.
Saat membuka konten di sosial media, postingan anda mungkin saja mengalami kenaikan atau penurunan, entah jumlah penonton yang menurun karena strategi konten yang kurang maksimal atau interaksi yang berkurang karena algoritma yang kurang maksimal.
Sehingga saat konten anda mendapatkan perhatian lebih dalam jangka waktu tertentu, maka ada baiknya untuk mencantumkan pencapaian tersebut di portofolio content creator.
Hal ini akan menjadi daya tarik bagi akun anda dan membuat brand tertentu untuk melakukan kerjasama dengan akun anda untuk mendapatkan hasil promosi yang diinginkan.
Anda bisa mencantumkan pencapaian konten anda menggunakan tabel atau grafik tertentu, sehingga memudahkan brand yang hendak mengajak kerjasama untuk membacanya dalam waktu cepat dan menjadi penanda bagi konten berhasil menarik perhatian banyak orang.
Tidak ada salahnya juga untuk mencantumkan tangkapan layar dari portofolio konten anda, sehingga menunjukkan keaslian dari konten yang anda miliki.
Pastikan juga untuk memperbarui pencapaian konten anda secara rutin, mengingat trend konten yang terus berubah dari hari ke hari secara cepat.
Membuat konten yang apik untuk sosial media tentunya didukung dengan aplikasi edit foto dan video serta dukungan kamera yang apik dengan pengambilan gambar yang memanjakan mata.
Content creator yang memulai karir dari nol, biasanya menggunakan berbagai aplikasi edit foto dan video yang memadai untuk menghasilkan konten sesuai kebutuhan dan keinginan target audience.
Meskipun terlihat rumit dan memakan banyak waktu, namun menguasai berbagai aplikasi edit foto dan video tertentu juga bisa menjadi nilai tambah yang dapat anda masukkan ke dalam portofolio content creator yang anda miliki.
Cantumkan dan jelaskan kegunaan dari setiap aplikasi edit foto dan video yang anda miliki, sehingga brand tersebut memperoleh gambaran bagaimana anda membuat konten yang apik di sosial media.
Apabila anda menguasai pengoperasian jenis kamera tertentu, maka anda bisa mencantumkannya di portofolio content creator yang dimiliki, sehingga menjadi nilai tambah bagi harga kerjasama anda, sebab anda menggunakan tools terbaik untuk membuat konten yang memanjakan mata bagi audience.
Setiap content creator biasanya memiliki harga kerjasama yang berbeda dan biasanya tergantung dari jumlah pengikut yang dimiliki serta jangkauan konten yang didapatkan.
Harga yang beragam tersebut juga biasanya menjadi pertimbangan bagi berbagai brand besar untuk mengajak kerjasama content creator tertentu berdasarkan budget promosi yang dimiliki.
Di sisi lain, sebagai seorang content creator, anda tentunya memiliki peraturan dalam proses pembuatan konten, sehingga anda bisa membuat jenis konten lain atau promosi dari brand yang berbeda.
Sehingga penting bagi anda untuk mencantumkan harga kerjasama yang dimiliki serta peraturan dalam kerjasama di portofolio content creator sehingga memudahkan negosiasi dengan brand tertentu.
Beberapa peraturan yang bisa anda cantumkan di portofolio content creator adalah jumlah revisi yang diperbolehkan, jenis barang yang diterima, serta berbagai peraturan pribadi yang dapat memperlancar proses kerjasama anda dengan brand tertentu.
Dengan menampilkan berbagi range harga serta peraturan yang dimiliki di portofolio content creator juga akan menunjukkan profesionalitas anda di industri ini, sehingga dapat membuat brand tersebut kembali lagi untuk mengajak anda kerjasama di jenis promosi yang berbeda di kemudian hari.
Banyaknya platform sosial media yang bertebaran di Internet, membuat content creator biasanya tidak hanya memiliki satu akun sosial media saja, namun mencoba berbagai jenis akun sosial media yang sesuai kepribadian serta jenis konten yang dikuasai.
Sehingga apabila anda memiliki lebih dari satu akun sosial media sebagai seorang content creator, maka tidak ada salahnya untuk mencamtukan semuanya di portofolio content creator.
Cara ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi brand yang hendak mengajak anda melakukan kerjasama, namun untuk akun sosial media yang berbeda.
Pencantuman berbagai akun sosial media yang dimiliki juga membuka peluang bagi anda untuk mendapatkan kerjasama yang dimiliki yang lebih luas sehingga dapat membantu untuk menambah pendapatan sebagai seorang content creator.
Sama seperti sebelumnya, anda dapat mencantumkan berbagai nama akun yang dimiliki, jumlah followers, serta jangkauan konten yang dimiliki agar menjadi daya tarik dan pertimbangan bagi brand tertentu untuk melakukan kerjasama dengan anda.
Cantumkan saja berbagai konten dengan pencapaian tertinggi dari berbagai masing-masing akun sosial media termasuk statistiknya, sehingga menjadi bukti bahwa konten anda mendapatkan prestasi yang sesuai kebutuhan promosi brand tertentu.
Perbarui juga jumlah pengikut serta prestasi konten anda secara rutin, guna membuktikan bahwa akun anda terus berkembang dari waktu ke waktu dan mencerminkan profesionalitas anda sebagai content creator yang berpengalaman.
Salah satu tujuan dari pembuatan portofolio content creator tidak hanya menunjukkan prestasi yang dimiliki, namun juga menarik minat brand tertentu untuk mengajak anda melakukan kolaborasi di konten promosi yang anda miliki.
Sehingga penting bagi anda untuk mencantumkan informasi kontak yang dapat dihubungi, misalnya saja nomor manager untuk melakukan kerjasama atau alamat email yang dapat dihubungi untuk melakukan kerjasama.
Anda bisa mencantumkan informasi konten di bagian akhir portofolio content creator, sehingga brand tersebut bisa mempertimbangkan anda untuk melakukan kerjasama dengan cepat dan mudah.
Guna mempercepat dan mempermudah brand untuk menghubungi nomor anda, maka menggunakan tautan bisa menjadi pilihan terbaik, agar brand tersebut lebih mudah untuk menjangkau anda dalam satu kali klik saja.
Pastikan agar tautan yang dimasukkan bisa langsung terhubung dengan kontak anda, sehingga brand tersebut tidak perlu kesulitan untuk menghubungi anda di waktu terbatas.
Penting juga untuk memperbarui informasi kontak yang dimiliki apabila anda berganti nomor atau alamat email karena satu dan lain hal, agar brand tersebut bisa menghubungi anda untuk melakukan negosiasi secepatnya.
Meskipun begitu, ada baiknya juga untuk tidak mengganti nomor anda secara rutin, sebab akan menyulitkan bagi brand yang telah menyimpan kontak anda sebelumnya dan membuat mereka harus menghubungi anda dalam waktu cepat.
Membuat portofolio content creator mungkin menjadi kegiatan yang menyulitkan bagi banyak orang, mengingat anda perlu mengumpulkan pretasi yang dimiliki beserta buktinya serta memberikan penjelasan mengenai pencapaian yang dimiliki.
Untungnya kini membuat portofolio content creator semakin mudah dilakukan menggunakan platform pembuat portofolio yang tersedia secara gratis di internet.
Dengan menggunakan aplikasi pembuat portofolio ini, anda akan lebih mudah dalam membuat portofolio yang diinginkan dengan mudah dan cepat, sehingga tidak butuh waktu lama bagi anda untuk mendapatkan kerjasama dari brand yang diinginkan.
Kelebihan lainnya dari menggunakan website membuat portofolio adalah mereka menyediakan berbagai template yang beragam dan sesuai kebutuhan, sehingga anda bisa memilihnya sesuai keinginan serta industri yang anda geluti.
Pada beberapa fasilitas berbayar tambahan dari website membuat portofolio content creator, anda juga diberikan kesempatan untuk memastikan kelengkapan dan kesempurnaan portofolio yang telah anda buat, sehingga berhasil mendapatkan hasil yang maksimal.
Namun, apabila anda ingin membuat kreasi portofolio content creator yang berbeda, maka anda bisa memanfaatkan aplikasi edit foto atau video untuk membuat isi yang berbeda.
Kelebihan dari membuat portofolio content creator di aplikasi edit foto atau video adalah memudahkan anda untuk menambahkan kreasi yang diinginkan tanpa perlu menggunakan template tertentu.
Meskipun begitu, beberapa aplikasi edit foto juga menyediakan template portofolio yang beragam, sehingga memberikan anda ide yang lebih banyak atau memanfaatkannya untuk kebutuhan lainnya.
Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat portofolio content creator adalah mengembangkan sendiri website untuk menampilkan pencapaian yang dimiliki.
Meskipun terlihat rumit, namun ini akan lebih memudahkan untuk menambahkan pencapaian baru yang dimiliki tanpa perlu merombak portofolio anda secara keseluruhan.
Di sisi lain, kini semakin banyak website yang memudahkan proses penggunaan dan pengembangannya, sehingga lebih mudah bagi pemula untuk memiliki website pribadi.
Anda juga dapat menghias website pribadi yang dimiliki agar sesuai dengan kepribadian anda serta menambahkan konten artikel guna menyalurkan minat menulis konten anda dengan jumlah kata yang lebih banyak.
Setelah selesai berkutat pada proses pembuatan portofolio content creator yang memakan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, maka jangan sampai anda menyimpannya sendiri dan baru membagikannya saat brand lain hendak melakukan kerjasama dengan anda.
Ada baiknya untuk membagikan portofolio content creator yang anda miliki, sehingga memudahkan brand tertentu yang hendak menjangkau anda untuk melakukan kerjasama promosi.
Namun, karena format portofolio content creator biasanya berbentuk media digital, maka anda bisa menggunakan fitur tambahan seperti Linktree, dimana anda bisa memasukkan portofolio anda ke dalam satu akun dan memudahkan brand tertentu untuk mengaksesnya.
Hal ini bisa anda lakukan apabila hendak membagikan portofolio content creator anda di Instagram atau Tiktok, mengingat akan sulit bagi anda untuk memasukkan media digital ke dalam konten foto atau video.
Namun, akan lebih mudah bagi anda untuk membagikan portofolio content creator anda di Linkedin, mengingat bayak orang yang juga membagikan pencapaian mereka di platform tersebut.
Keuntungan lainnya dari membagikan portofolio di Linkedin adalah terbukanya kesempatan untuk bertemu dengan influencer yang bergerak di bidang yang sama, sehingga anda dapat memperluas koneksi anda dengan kreator lainnya.
Di sisi lain, membagikan portofolio di Linkedin juga akan memudahkan anda untuk dijangkau oleh brand tertentu yang tertarik pada konten yang anda sajikan dan bergerak di bidang yang sama.
Seiring dengan berjalannya waktu, anda tentunya memiliki pencapaian yang lebih banyak di sosial media, entah konten sosial media mendapatkan jumlah penonton yang lebih besar atau mendapatkan kerjasama dengan berbagai brand kenamaan.
Sehingga penting bagi anda untuk memperbarui portofolio secara berkala, sehingga brand tertentu dapat mengetahui pencapaian anda dalam jangka waktu tertentu, sehingga meyakinkan mereka untuk mengajak kerjasama di promosi konten yang akan datang.
Namun sebelum memperbarui portofolio content creator secara berkala, penting bagi anda untuk mencatat berbagai prestasi terbesar dalam jangka waktu tertentu.
Hal ini akan memudahkan anda untuk mencantumkannya di portofolio content creator yang dimiliki sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
Apabila anda tidak memiliki waktu untuk memperbarui portofolio anda secara rutin, maka anda bisa memanfaatkan template yang tersedia di platform atau aplikasi edit foto tertentu untuk memudahkan pekerjaan anda.
Ganti hasil prestasi yang sudah tidak relevan dengan konten terbaru yang memiliki prestasi yang lebih tinggi guna membuktikan konsistensi anda di bidang content creator.
Dalam memperbarui portofolio content creator, anda bisa memperbaruinya dalam jangka waktu tertentu, misalnya 3,6, atau 12 bulan sekali, sehingga brand tertentu juga dapat memantau perkembangan konten anda dengan mudah.
Jangan lupa juga untuk mengunggah portofolio content creator anda ke berbagai saluran sosial media yang dimiliki guna memudahkan brand tertentu untuk menjangkau anda serta mendapatkan peluang untuk terhubung dengan kreator yang bergerak di bidang yang sama.
Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.