11 Strategi & Panduan Membuat Website untuk Bisnis-mu!

Apa yang harus Anda lakukan saat membuat website? Nah, sebelum melangkah kesana, Anda perlu paham apa itu website?

Umumnya saat memulai bisnis online, Anda perlu mempelajari strategi promosi pada produk Anda melalui situs website secara efektif. Ada miliaran situs web di luar sana, tetapi semuanya dirancang untuk tujuan yang berbeda.

Nah, sebagian besar website memang dibuat untuk bisnis, baik itu bisnis langsung atau toko online tujuannya untuk membantu menjualkan produk Anda.

Situs web diartikan sebagai kumpulan dari halaman web yang tersedia dan bisa di akses publik. Selain itu penggunaan situs website ini dapat digunakan oleh individu, kelompok, bisnis, atau organisasi.

Jika umumnya pelanggan mengandalkan referensi dari website orang lain, maka Anda juga harus bisa membuat website dengan visual yang menarik dan konten yang berkualitas baik.

Sehingga bisa membedakan situs web Anda dari pesaing dan juga dapat meningkatkan pendapatan Anda.

Kemudian, dengan kemajuan teknologi membuat kebiasaan pelanggan untuk membeli akan makin cepat dan mudah.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui produk dan layanan yang diinginkan pelanggan saat ini dan memastikan orang-orang untuk bisa mengetahui serta menemukan situs web Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara menarik lebih banyak pengunjung dengan cara membuat website dan menggunakan teknik website marketing. Yuk simak artikel berikut ini!

Apa Itu Website ?

Situs website sangat diperlukan dalam perkembangan internet, dan pada bulan April tahun 2022 terdapat lebih dari lima miliar pengguna internet di seluruh dunia dan 63,1 persen dari populasi global.

Kemudian pengguna internet juga terus meningkat, adanya data terbaru ini menunjukkan bahwa populasi dunia yang terhubung tumbuh lebih dari 170 juta dalam 12 bulan hingga Oktober 2022.

Nah, pada zaman ini website telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari mulai dari individu, perusahaan, dan organisasi.

Website digunakan untuk mencari informasi, branding bisnis, menyajikan konten, promosi produk, dan bahkan memperoleh pendapatan.

Website juga dirancang khusus untuk tujuan pemasaran atau biasanya dikenal dengan istilah website marketing.

Menurut brafton, bahwa website marketing merupakan strategi promosi yang menggunakan situs web untuk mengarahkan traffic yang relevan ke halaman web Anda sendiri.

Selain itu, dengan adanya website marketing Anda dapat menarik konsumen yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa perusahaan.

Jika Anda mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web, maka Anda akan lebih banyak peluang untuk mendapatkan prospek yang berkualitas dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan Anda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda mulai membuat website dan menggunakan teknik website marketing.

Hal yang diperlukan dalam membuat website mulai dari desain website yang menarik, informatif, dan intuitif agar website Anda mudah dimengerti oleh user dalam penggunaannya.

apa itu website

Strategi Membuat Website Menarik

Saat membuat website untuk bisnis Anda, penting bagi Anda melakukan perencanaan atau strategi yang tepat. Jika Anda membuat website, maka citra perusahaan akan lebih baik dan bisa bisa menarik calon pelanggan.

Oleh karena itu, dalam membuat website perusahaan harus dipahami dan disepakati oleh orang-orang yang memiliki andil besar dalam bisnis Anda. Sekalipun perusahaan itu milik Anda, tetap harus dilakukan secara profesional.

Kemudian jika Anda sudah membuat website, tapi website Anda tidak nyaman dilihat, informasinya ketinggalan zaman, serta tidak bisa ditemukan juga di Google, maka Anda perlu melakukan perubahan.

Nah, adanya perubahan dari situs web ini bertujuan agar bisa dilirik oleh calon pelanggan. Berikut ini adalah strategi dalam membuat website yang menarik pelanggan:

1. Konsep Website Harus Matang

Dalam membuat website Anda harus membuat konsep terlebih dahulu. Konsep yang perlu Anda lakukan yaitu merencanakan apa yang akan ditampilkan dari situs website.

Bisa jadi, Anda membuat Konsep Website yang berfungsi mendatangkan Traffic yang diarahkan untuk membangun database prospek saja. Atau Anda membuat Website untuk kepentingan menerima penjualan langsung secara Online.

Hal ini penting, untuk memahami struktur Website kedepannya. Memastikan kejelasan struktur website akan membantu kita membuat pengalaman konsumen yang lebih baik kedepannya. Tentunya, ini akan membantu meningkatkan potensi tercapainya apa yang diharapkan.

2. Membuat Konten atau Blog yang Menarik

Saat Anda menggunakan teknik pemasaran secara digital, hal yang perlu Anda lakukan yaitu membuat konten yang berkualitas. Oleh karena itu, website Anda perlu tampilan halaman blog.

Dalam adanya halaman blog, Anda bisa memanfaatkan SEO dengan maksimal. Pada halaman blog perlu didaftarkan di bawah domain Anda atau perusahaan seperti www.perusahaanAnda/blog.

3. Memilih Desain Website yang Sesuai

Desain situs web saat ini memiliki tema yang menarik dan unik. Akan tetapi Anda harus menilai seberapa unik dan menariknya desain website, apa sudah sesuai dengan konten atau jenis situs web yang Anda buat.

Jika Anda menginginkan agar pengguna tertarik dan nyaman untuk membuka website Anda, maka Anda perlu mendesain website secara menarik dan profesional agar dapat memperkuat kredibilitas perusahaan, selain itu dijadikan sebagai identitas brand Anda.

Hal ini merupakan kebutuhan marketing dari setiap bisnis dan usaha yang ditawarkan.

Kemudian, situs web juga harus menyertakan fitur-fitur yang mudah digunakan orang, termasuk yang kompatibel untuk digunakan oleh berbagai jenis perangkat, serta ramah pengguna atau dapat memberikan informasi yang jelas dan mudah dalam penavigasian.

Salah satu contoh, jika website Anda ingin menjual produk, maka Anda bisa menampilkan halaman penjual dengan tujuan agar konsumen bisa membeli produk Anda secara langsung tanpa melalui marketplace.

Pada halaman penjual ini Anda memerlukan tombol add to cart atau keranjang belanja. Ketika Anda mengklik tombol ini, maka dapat mendorong konsumen untuk membeli produk. Hal ini karena Anda menggunakan call to action.

Menurut wikipedia, call to action (CTA) merupakan teknik pemasaran yang berbentuk ajakan.

Selain itu call to action (CTA) ini mengacu pada penggunaan kata atau frasa tertentu yang masuk kedalam skrip penjualan, iklan atau situs website yang dapat mendorong audiens untuk bertindak sesuai dengan caranya.

Maka dari itu, di halaman penjualan perlu menggunakan tulisan atau copywriting pada tombol dan harus dibuat persuasif atau meyakinkan konsumen untuk mengklik.

Desain Website yang Menarik

4. Menampilkan Informasi Perusahaan yang Menarik pada Website

Dalam membuat website, penting bagi perusahaan untuk menyertakan informasi perusahaan di situs web. 

Memberikan informasi perusahaan ke dalam situs website dapat menambah tingkat kepercayaan konsumen. Informasi perusahaan ini berupa identitas seperti kontak dan alamat.

Hal ini memang sederhana, tetapi banyak perusahaan yang mengabaikan hal ini.

Maka dari itu, pastikan Anda telah menyertakan nomor telepon yang Anda inginkan untuk dihubungi orang lain yang berhubungan tentang penjualan. Umumnya, nomor telepon terletak dibagian atas setiap halaman website.

Selain itu juga, perlu mencantumkan email di mana orang dapat menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan dengan menggunakan tombol call to action atau menautkan ke formulir kontak Anda.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan logo atau ikon dalam sebuah perusahaan. Karena logo ini merupakan hal yang sangat penting.

Umumnya, yang dilihat pertama kali oleh konsumen selain tagline yaitu logo. Tagline dan logo ini tidak bisa dipisahkan, jadi Anda harus bisa membuat semenarik mungkin.

Selain website, dalam memasarkan produk perlu juga menggunakan channel lainnya yaitu media sosial. Sebagian besar situs web bisnis biasanya menyertakan tautan atau link media sosial, agar dapat dikenal secara meluas.

6. Menampilkan Live chat

Kebanyakan orang malas untuk mencari tahu informasi yang ada di situs web atau FAQ. Maka dari itu Anda saat membuat website Anda perlu menampilkan fitur live chat. Dengan fitur live chat Anda dapat bertemu dengan pelanggan di mana mereka berada. 

Live chat merupakan aplikasi komunikasi online yang memungkinkan Anda dan pengunjung situs web dapat berkomunikasi dalam percakapan yang real timed.

Tujuan live chat ini adalah agar pelanggan dapat menghubungi Anda dengan mudah, mulai dari mengajukan pertanyaan, komplain, dan juga menawarkan kerja sama yang dapat menjangkau bisnis Anda. 

Menurut tidio, bahwa saat ini ada 79% pelanggan lebih memilih live chat daripada media komunikasi lainnya. 

Live chat ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), karena teknologi ini jauh lebih mudah bagi perusahaan dari semua ukuran.

AI juga dapat mengubah cara bisnis hanya dengan berkomunikasi dengan pelanggan mereka, hingga bisa melakukan transaksional pada customers.

Menurut themeisle, platform CMS terbaik yang memiliki sistem manajemen, dan termasuk situs website di internet yang mudah dipelajari, fleksibel, ramah SEO, dan juga memiliki ribuan tema dan plugin adalah wordpress.

CMS wordpress ini dapat disesuaikan tools-nya, salah satunya live chat yang dijadikan sebagai penghubung dengan pelanggan dan termasuk plugin sederhana untuk platform CMS. 

live chat

7. Menampilkan Subscription Offer

Selain menawarkan berupa kunjungan di situs web Anda, Anda dapat kesempatan untuk melakukan penawaran seperti berlangganan postingan blog atau memberikan informasi yang terkini melalui email Anda.

Hal ini merupakan cara yang bagus agar dapat diingat oleh pelanggan. 

Jika Anda ingin berlangganan dan berbagi informasi, maka gunakan email agar dapat membagikan informasi yang bermanfaat bagi klien Anda.

8. Anda Dapat Memilih Domain untuk Website Perusahaan Anda

Memilih domain untuk situs web Anda sangat penting karena membuatnya lebih mudah diakses oleh pengunjung Anda. Domain dapat disebut sebagai alamat situs web Anda.

Dengan memiliki alamat situs web, pelanggan bisa mengakses informasi perusahaan Anda secara benar.

Ada berbagai macam nama domain seperti .com, .co.id, .edu, dan sebagainya. Perusahaan biasanya memilih domain .com atau .co.id untuk menunjukkan bahwa mereka berbasis di Indonesia.

Setelah Anda memilih nama domain yang cocok untuk bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan nama situs web yang bagus. Ketika memilih nama situs web, bisa nama perusahaan Anda atau sesuatu yang mudah diingat.

9. SEO Friendly

Strategi selanjutnya dalam membuat website yaitu menggunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO ini dapat membantu website Anda muncul di halaman teratas pencarian Google.

Karena selain konten dan desain yang bisa meningkatkan peringkat situs web Anda, Anda juga perlu menggunakan SEO Friendly.

Saat membuat konten seperti artikel atau video untuk situs web Anda, gunakan kata kunci yang tepat atau frasa yang sering dicari. Anda dapat mencari kata kunci ini dengan riset di mesin pencarian Google.

10. Optimalisasi Website

Setelah situs web Anda dirancang, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan website untuk bisnis Anda.

Hal ini sangat penting agar bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan menarik pelanggan, sehingga memungkinkan bisnis Anda berjalan lebih lancar dan berkembang.

Cara yang Anda lakukan dalam mengoptimalkan situs web yaitu menyertakan CSS dan Javascript, mengurangi HTML, dan mengompresi gambar.

Adanya Pengoptimalan situs web ini akan memungkinkan pengunjung untuk lebih mudah mengakses informasi dari situs web Anda.

11. Memilih Web Developer yang Dapat Dipercaya dan Diandalkan

Jangan ragu untuk meminta bantuan pengembang web karena mereka dapat membuat situs web jauh lebih mudah bagi Anda.

Oleh karena itu, penting untuk memilih pengembang web yang dapat dipercaya dan memiliki banyak pengalaman dalam membangun situs web perusahaan.

Umumnya, seorang web develop ini dapat membantu pelanggan dalam membuat website perusahaan yang sempurna. Jadi, tugas Anda adalah mengelola dan menampilkan konten yang menarik.

Jenis-Jenis Website 

Ketika Anda memulai bisnis dengan membuat website, maka sebelumnya Anda perlu mengetahui tujuan perusahaan. Sehingga Anda akan mengetahui jenis situs web yang dapat Anda gunakan. 

Oleh karena itu, Anda dapat mulai mencari tahu situs web apa yang ingin Anda buat, jenis situs web apa yang paling tepat, dan tren desain apa saat ini.

Berikut ini ada contoh situs website yang digunakan untuk memasarkan dan bisa tampil di mesin pencarian: 

1. Website yang Menjual Produk Secara Langsung atau E-commerce

Website ecommerce adalah situs online yang dapat berdiri sendiri dengan menjual barang atau jasa kepada pelanggan dan melakukan transaksi secara online. 

Selain itu, terdapat website marketplace yang merupakan tempat berkumpulnya para penjual dan mereka menjual barang atau jasanya kepada pelanggan tanpa harus bertemu secara fisik.

Situs web ini dibuat dengan menampilkan informasi terperinci tentang produk beserta varian, kategori, spesifikasi, dan harganya. Dengan begitu Anda bisa melakukan pembelian secara langsung melalui website atau aplikasi mobile.

Namun, untuk memamerkan produk, penting bagi Anda untuk menulis kalimat copywriting yang jelas sehingga menarik pengunjung dan membuat mereka ingin membeli produk yang ditawarkan.

2. Website Arahan

Situs website arahan ini termasuk website landing page. Beberapa situs web dirancang untuk menjual produk atau jasa.

Situs web ini mengharuskan pengguna yang ingin membeli produk atau jasanya dengan menghubungi customer service yang bisa melakukan customization.

3. Website Informasi Produk

Pernahkah Anda menemukan situs web yang menawarkan informasi produk dan outlet tetapi tidak menawarkan layanan penjualan apa pun? Nah situs website ini berarti hanya menampilkan info produk saja. 

Model website ini biasanya terjadi pada bisnis franchise atau bisnis yang sudah besar dan memiliki cabang. Situs web ini hanya menunjukkan produk yang tersedia untuk dijual di setiap outlet, termasuk detail kontak yang bisa dihubungi melalui telepon.

5. Website Magazine dan News

Kemudian, ada juga website yang yang berupa majalah atau situs berita. Hal ini berbeda dengan blog, majalah atau situs berita ini hanya berfokus pada jurnalisme daripada kepentingan pribadi.

Anda dapat menggunakan jenis situs web ini untuk membuat berita secara online, atau majalah minat seperti informasi di dunia industri.

Untuk model penjualannya yaitu dengan memberikan fitur berlangganan secara premium. Pengunjung sebelumnya melakukan transaksi agar dapat mengakses lebih banyak konten artikel per harinya. 

Situs web ini biasanya memiliki desain website bagus, sehingga elemen halaman dapat menonjolkan konten yang dipublikasikan dengan benar. Agar konten anda biar lebih terlihat menarik, gunakan latar belakang yang tidak lebih cemerlang dari konten.

Tips Cara Website Mendapatkan Banyak Pengunjung

Jika Anda ingin mempunyai website ramai pengunjung, maka Anda perlu melakukan usaha. Karena, untuk website yang memiliki banyak pengunjung memang adalah sebuah target setiap orang yang berkecimpung di dunia digital.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak benar-benar tahu dan mau meluangkan waktu untuk mengoptimalkan situs web mereka sehingga mereka tidak bisa ditemukan oleh mesin pencarian Google.

Nah, Untuk mengantisipasi masalah tersebut, berikut ini kita akan membahas cara agar website Anda ramai pengunjung:

1. Menggunakan SEO

Untuk meningkatkan traffic ke situs web Anda, Anda perlu menggunakan teknik SEO, karena teknik adalah cara paling umum untuk mendapatkan kunjungan organik dari situs web.

Ada banyak cara untuk meningkatkan situs web Anda di peringkat teratas untuk kata kunci pencarian tertentu. Nah, penggunaan teknik SEO on page dan off page ini bisa membantu Anda. 

Menurut searchenginejournal, bahwa seo on page ini merupakan teknik yang mengoptimalkan elemen pada halaman website dengan kombinasi konten dan penggunaan meta-tag, judul, links and anchor text.

Kemudian, SEO off page ini dapat mengacu pada pengoptimalan di luar situs web Anda tujuannya agar dapat memengaruhi peringkat Anda di halaman hasil mesin telusur (SERP).

Salah satunya menggunakan membangun banklink yang berkualitas. Karena, backlink ini merupakan bagian dari SEO off page.

Menggunakan SEO

2. Menggunakan Iklan

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan teknik seperti iklan. Penggunaan iklan untuk situs webiste bisa melalui Google Ads. Nah, sebelum memasang iklan, Anda harus melakukan riset kata kunci dan memeriksa persaingan.

Tujuan riset kata kunci adalah agar Anda bisa memutuskan kampanye iklan mana yang akan digunakan, sehingga biaya yang terkait dengannya akan berdampak signifikan untuk bisnis Anda.

Cara ini sangat efektif untuk bisa mengundang orang-orang agar bisa mengunjungi website Anda.

3. Social Media 

Menggunakan media sosial dapat memungkinkan orang-orang akan mengunjungi situs website Anda.

Cara yang Anda gunakan yaitu dengan share konten Anda melalui media sosial. Hal ini merupakan cara gratis, adapun cara yang berbayar yaitu menggunakan iklan. 

Menggunakan iklan berbayar media sosial ini sangat efektif dan akan mendapatkan traffic dari setiap pengunjung yang mengklik ke situs Anda.

Cara ini perlu dilakukan untuk situs website yang ingin menarik banyak traffic menggunakan tools Google Adsense.

Media sosial yang kini sering digunakan dan populer dikalangan pengguna yaitu Instagram, Twitter, Tiktok, YouTube, dan Facebook. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan untuk mendapatkan traffic sebanyak-banyaknya.

Nah, untuk cara yang gratis ini bisa dengan membagikan link artikel ke sosial media menggunakan kalimat yang ajakan yang bersifat persuasif. Hal itu dapat membantu Anda pengunjung dapat mengklik dan membagikan link tersebut.

4. Newslatter Email Untuk Konten Website

Selanjutnya Anda bisa membagikan melalui email. Menurut optinmonster, bahwa menggunakan strategi email ini sangat efektif.

Karena dengan menggunakan email marketing yang efektif dapat mengubah prospek menjadi pelanggan, dan mengubah pembeli satu kali menjadi pelanggan tetap.

Untuk itu Anda bisa menggunakan email dengan membuat newslatter dari konten di situs website Anda secara berkala. Anda dapat membuat email otomatis menggunakan berbagai layanan salah satunya dengan mailchimp.

newsletter email

Nah, itu dia panduan dalam membuat website yang menarik dan penggunaan website marketing. Adanya artikel ini penting bagi pebisnis agar bisa diterapkan pada websitenya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like