Mencari sponsor untuk sebuah acara bisa menjadi tantangan, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Artikel ini memberikan panduan tentang cara mendapatkan sponsor.
Umumnya, dalam membuat event pasti membutuhkan dana yang cukup besar dan banyak penyelenggara acara yang kekurangan modal, sehingga sponsor menjadi kebutuhan yang krusial.
Hal ini bisa dikatakan bahwa sponsor merupakan strategi promosi untuk memasarkan suatu produk bisnis
Menurut sumber artikel brandyourselfbetter, bahwa sponsorship ini akan melibatkan hubungan bisnis antara dua pihak, di mana satu pihak (sponsor) memberikan dukungan dalam bentuk pendanaan, sumber daya, atau layanan kepada pihak lain.
Kemudian, sponsor ini dapat di dukung dari berbagai kalangan, seperti individu, organisasi, atau bahkan perusahaan.
Nah, bentuk dukungannya ini bisa berupa uang, dan juga bisa memberikan jenis produk atau barang.
Ketika mencari sponsor untuk event brand Anda, Anda harus mempertimbangkan berbagai jenis sponsor dan melakukan penyesuaian saat mendekati organisasi atau perusahaan yang ingin anda sasar.
Oleh karena itu, sebelumnya Anda harus memahami terlebih dahulu cara membuat sponsor yang baik untuk event brand Anda.
Disini kami akan menjelaskan beberapa cara mendapatkan sponsor yang mungkin berguna untuk event atau kegiatan yang ingin membutuhkan bantuan dalam bentuk dana atau lainnya.
Akan tetapi, sebelumnya Anda harus memahami manfaat, dan apa saja jenis-jenis sponsor ini. Yuk simak berikut ini:
Sponsorship sering kali menjadi komponen penting dalam memasarkan produk. Sehingga mendorong lembaga atau organisasi agar dapat menjadi mitra yang mendukung acara yang akan diselenggarakan.
Mensponsori sebuah acara menawarkan banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat bagi pendukung dalam suatu event atau kegiatan:
Mendapatkan sponsor untuk acara adalah strategi untuk menarik minat dan sumber daya. Ada banyak jenis sponsorship yang berbeda, masing-masing memiliki keunggulannya sendiri.
Kemudian, Anda juga perlu melakukan identifikasi tujuan dan minat calon sponsor agar dapat membantu mendapatkan jenis sponsor yang tepat dan sesuai dengan acara Anda.
Nah, perlu kalian tahu bahwa ada sponsor yang berkontribusi untuk memberikan uang atau sumber daya dalam bentuk barang tanpa melakukan penilaian atau pemantauan yang cermat tentang bagaimana dana tersebut digunakan.
Semua jenis sponsorship ini telah terbukti efektif untuk mendapatkan sumber daya yang sangat dibutuhkan dalam setiap usaha perencanaan acara. Berikut ini jenis-jenis sponsor yang perlu diketahui:
Sponsor utama akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap event Anda berupa anggaran dana. Dana yang akan disediakan yaitu lebih dari 50% dari total biaya kegiatan.
Nah, sponsor utama ini memberikan dukungan keuangan langsung ke suatu acara dan terkadang disebut sponsor tunai.
Penyelenggara acara dapat memberikan berbagai umpan balik kepada pihak yang mensponsori, termasuk penempatan logo, penyebutan nama, peluang promosi langsung, dan masih banyak lagi.
Jika Anda menyumbang setidaknya 50% dari dana dukungan, sebagai pendukung umum, maka Anda akan mendapatkan pemasaran promosi untuk bisnis yang bagus pada saat acara diselenggarakan.
Sponsor resmi ini memberikan dukungan dalam bentuk produk sesuai dengan bisnis perusahaannya. Hal ini sering kali mencakup hadiah, giveaway, atau doorprize.
Misalnya, perusahaan industri makanan seringkali mensponsori semua jenis acara.
Bagi perusahaan makanan, acara tersebut merupakan peluang besar untuk menguji produk baru, meningkatkan kesadaran dan minat konsumen, mendapatkan feedback secara instan.
Penting untuk disebutkan bahwa baik sponsor keuangan maupun sponsor dalam bentuk barang bukanlah bentuk amal.
Perjanjian sponsorship adalah hubungan komersial dimana sponsor menyediakan uang, barang, atau layanan kepada penyelenggara acara sebagai imbalan atas tindakan yang disepakati untuk menghasilkan laba atas sponsor yang diberikannya.
Sponsor teknis biasanya memberikan dukungan dalam bentuk barang, tetapi sering kali menawarkan dukungan dalam bentuk layanan.
Sponsor partisipasi memberikan kontribusi finansial atau material, biasanya sekitar 10% dari total anggaran.
Akan tetapi, imbalan yang akan diberikan oleh penyelenggara acara untuk jenis sponsorship ini terbatas, penempatan logo dan peluang promosi biasanya lebih sedikit.
Organisasi ini memberikan dukungan informasi melalui kegiatan promosi, liputan media, dan layanan tambahan.
Penyelenggara acara akan mendapatkan manfaat dengan memperluas liputan media tentang acara tersebut, dan dapat menghemat biaya pemasaran.
Jenis sponsor ini akan mendapatkan promosi tambahan, peningkatan pengenalan merek, dan menciptakan hubungan dengan acara tersebut.
Sebagai bagian dari perjanjian sponsorship, perusahaan media membuat publikasi tentang acara tersebut yang dapat dibagikan di saluran media sosial.
Banyak orang yang belum mengetahui cara mendapatkan sponsor melalui perusahaan.
Pada dasarnya, mendapatkan sponsor untuk sebuah acara dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas, pengenalan merek, dan pendapatan.
Karena sponsor ini adalah kesepakatan antara dua pihak-penyelenggara acara dan perusahaan atau individu yang menyediakan dana.
Dengan begitu penting untuk membangun hubungan di antara keduanya.
Nah, berikut ini beberapa cara mendapatkan sponsor untuk event brand Anda:
Cara mendapatkan sponsor, yang pertama adalah Anda bisa memilih sponsor yang terkait atau berhubungan dengan acara yang akan digelar.
Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari sponsor potensial yang mungkin tidak tertarik untuk mendanai acara Anda
Misalnya, ketika Anda ingin mengadakan event tentang kesehatan, maka disarankan untuk mencari sponsor dari perusahaan atau institusi yang berkaitan dengan bidang medis seperti rumah sakit, perusahaan farmasi, hingga individu tenaga medis.
Jika Anda memiliki banyak pilihan sponsor, hingga bingung mana sponsor yang terbaik, tenang! Anda bisa membuat daftar calon sponsor dan kemudian lanjutkan dengan langkah-langkah berikutnya secara berurutan.
Bahwasannya, daftar calon sponsor ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk perusahaan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.
Calon sponsor ini bisa dari perusahaan yang sebelumnya pernah mensponsori organisasi Anda, atau perusahaan yang tidak memiliki hubungan sebelumnya namun tertarik untuk mensponsori.
Meningkatkan jumlah perusahaan dalam daftar sponsor akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan sponsor yang ditargetkan.
Nah, hal ini akan menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan sponsor besar!
Mendapatkan sponsor dapat memberikan akses ke audiens baru.
Dengan bekerja sama, seseorang dapat memperoleh wawasan yang berharga dan sumber daya yang aman. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa daftar sponsor yang bisa Anda pertimbangkan:
Organisasi filantropi yang memberikan dukungan program atau inisiatif yang selaras dengan misi organisasinya. Kriteria agar bisa bekerja sama atau ingin menjadi sponsor yaitu bisa sesuai dengan visi misinya.
Perusahaan yang produk atau layanannya memiliki kesamaan dengan organisasi Anda, pasti akan tertarik untuk dijadikan sponsor dan juga perusahaan tersebut akan dipromosikan brand-nya.
Ada beberapa contoh perusahaan makanan dan minuman yang memberikan sponsor yaitu PT. Mayora Indah, Tbk, PT Coca Cola Indonesia, PT Nestle Indonesia dan lain-lain.
Berbagai industri dapat memberikan peluang sponsorship, termasuk perusahaan makanan dan minuman, bank, perusahaan telekomunikasi, maskapai penerbangan, perusahaan kecantikan, dan lainnya.
Institusi pendidikan seperti universitas, perguruan tinggi, sekolah menengah atas dan sekolah teknik memiliki anggaran dana untuk kemitraan eksternal.
Pada dasarnya, sekolah ini memiliki departemen yang mengelola manajemen prospek untuk peluang sponsorship.
Pemerintah kota terkadang mencocokkan dana dari bisnis untuk mendukung program lokal yang memiliki daya tarik yang luas dan menawarkan manfaat bagi warga kota.
Stasiun radio, jaringan televisi, saluran kabel, surat kabar dan majalah selalu mencari cerita atau inisiatif yang menarik untuk ditampilkan dalam siaran berita atau publikasi mereka.
Bahwasannya, mempromosikan sponsorship kepada sumber daya media akan mendapatkan keuntungan bersama.
Saat menggalang dana untuk organisasi nirlaba, pertimbangkan untuk berkolaborasi dengan badan amal yang lebih besar yang berfokus pada kegiatan serupa di seluruh negeri.
Organisasi jenis ini sering kali menggalang dana melalui yayasan untuk mendukung proyek-proyek yang lebih besar.
Bergabung dengan organisasi profesi dapat memberikan akses ke sumber daya untuk mendanai proyek-proyek yang terkait dengan sektor yang dilayaninya (misalnya, pertanian).
Tanyakan terlebih dahulu kepada anggota apakah mereka tertarik untuk berpartisipasi dalam usaha bersama.
Carilah sponsor non-tradisional dari luar industri Anda, seperti klinik kesehatan, pusat lansia, atau dewan tanggung jawab sosial perusahaan.
Dengan mengeksplorasi opsi-opsi ini, Anda seharusnya dapat mengidentifikasi sponsor potensial untuk program Anda.
Sangat mudah untuk mengidentifikasi pihak-pihak yang perlu dijajaki untuk menjadi sponsor.
Penting untuk memastikan jenis sponsorship yang diinginkan, seperti sponsor tunggal, sponsor utama dan sponsor bersama, atau sponsor mitra.
Umumnya, sponsor ini datang dalam berbagai bentuk, tergantung pada tujuan acara atau proyek Anda.
Ada sponsorship dalam bentuk uang, yang melibatkan perusahaan yang menyediakan sumber daya keuangan untuk sebuah organisasi, namun ada juga bentuk sponsorship lainnya hanya memberikan dukungan dengan cara lain.
Berbagai jenis sponsorship media memberikan eksposur tambahan untuk produk atau layanan sponsor melalui saluran publik seperti radio atau televisi.
Nah, bagaimana Anda memutuskan jenis sponsorship yang tepat untuk acara atau proyek Anda?
Langkah pertama untuk memutuskan jenis sponsorship mana yang terbaik untuk acara atau proyek Anda adalah menentukan tujuan dan sasaran spesifik yang perlu dicapai agar upaya tersebut berhasil.
Anda juga harus mempertimbangkan audiens yang akan Anda targetkan dan nilai seperti apa yang akan didapatkan oleh calon sponsor jika berpartisipasi.
Setelah pertimbangan ini dibuat, Anda bisa mulai melihat berbagai jenis sponsor yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan batasan waktu, keterbatasan anggaran, dan persyaratan teknis apa pun yang terkait dengan proyek tersebut.
Apa cara terbaik untuk mendekati calon sponsor?
Saat mendekati calon sponsor, penting untuk diingat bahwa Anda memiliki sesuatu yang berharga untuk ditawarkan kepada mereka mulai dari peluang publisitas dan pengenalan merek.
Pastikan Anda dapat menjelaskan secara akurat bagaimana mensponsori acara atau proyek Anda akan menguntungkan bisnis mereka dan menjangkau demografi pasar yang ideal.
Tunjukkan mengapa mereka harus mempercayai kemampuan Anda untuk memberikan hasil yang berkualitas.
Jelaskan semua persyaratan yang terlibat selengkap mungkin dan tunjukkan contoh-contoh dari acara-acara sebelumnya yang diselenggarakan oleh organisasi Anda.
Bersikaplah persuasif dengan argumen Anda, namun juga fleksibel. Kemudian memberikan beberapa opsi yang disesuaikan dengan kepentingan sponsor dapat membantu menciptakan kesepakatan yang menguntungkan semua orang yang terlibat.
Mengetahui perusahaan atau organisasi target sponsor sangat penting untuk merancang dan menyampaikan proposal yang efektif dan memastikan bahwa proposal tersebut memenuhi ekspektasi kebutuhan organisasi.
Ada beberapa point penilaian dalam proposal tersebut seperti anggaran, misi dan tujuan, pertanyaan potensial, target audiens, jadwal, lanskap persaingan, nilai jual unik dari penawar lainnya.
Dengan memahami perusahaan atau organisasi target sponsor, Anda akan lebih mampu menyusun pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka.
Selain itu juga, Anda harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai lingkungan bisnis mereka saat ini untuk menentukan proyek mana yang paling bermanfaat bagi mereka.
Kemudian, penting mengetahui kebijakan internal yang dapat memengaruhi proposal Anda agar Anda bisa menyampaikannya dengan baik dan dapat diterima dalam parameter tersebut.
Aspek penting lainnya saat memahami perusahaan atau organisasi sponsor target adalah memiliki wawasan tentang cara kerja proses pengadaan mereka.
Pada akhirnya, memahami cara kerja organisasi klien Anda sebelum mengajukan proposal balasan akan memberi Anda keunggulan dalam mencapai kesuksesan dengan hasil terukur dan menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat.
Saat mencari sponsor, harus memiliki jangka waktu berakhirnya atau deadline. Nah, umumnya deadline yang diberikan ini berkisar antara 3 sampai 6 bulan sebelum event dilaksanakan.
Adanya hal ini, untuk mempertimbangkan proposal yang telah diajukan.
Apalagi proposal yang dibuat untuk sponsor utama, karena sponsor utama ini akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Sehingga, membutuhkan pertimbangan agar tidak salah dalam mengambil keputusan.
Ketika Anda telah mengirimkan proposal kepada perusahaan ternama, Anda tidak boleh bergantung pada di satu perusahaan saja. Anda harus bisa mencari peluang dari perusahaan lainnya.
Nah, jika perusahaan di tolak, maka Anda masih memiliki alternatif lainnya.
Agar acara yang digelar ini menarik untuk pihal pemberi sponsor ini, Anda harus bisa menjelaskan secara detail dan membuat mereka yakin dengan event yang telah Anda buat.
Umumnya, cara mendapatkan sponsor ini bergantung pada penyajian proposal yang menarik. Untuk menarik perhatian calon sponsor harus menyusun proposal dengan baik.
Dalam pembuatan proposal sponsor, desain dan isi harus dibuat dengan hati-hati, karena ini bisa menjadi faktor penting dalam keputusan yang diambil oleh perusahaan besar ketika mempertimbangkan kerja sama.
Setelah pembuatan proposal, tahap selanjutnya yaitu membuat presentasi profesional untuk pertemuan yang akan datang.
Siapkan file presentasi di laptop Anda, pastikan desain slide sesuai dengan profesional perusahaan. Lakukan analisis mendalam terhadap materi presentasi agar Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan acara yang Anda gelar.
Setelah presentasi, perusahaan dapat mengevaluasi pro dan kontra dari acara yang Anda rencanakan. Kemudian, perusahaan akan diberi tahu tentang manfaat yang mereka terima karena telah berkontribusi dalam acara ini.
Nah, disarankan juga untuk melakukan analisis untung dan rugi pada tahap ini. Lebih lanjut disarankan untuk menjaga hubungan positif dengan perusahaan yang mensponsori acara untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan.
Saat menindaklanjuti sponsor, Anda harus lebih proaktif dan melakukan followUp. Karena, hal ini merupakan bagian strategi untuk mendapatkan pendanaan.
Nah, setelah bernegosiasi, pastikan Anda mendapatkan nomor kontak. Hal ini dapat bermanfaat, terutama jika proposal Anda masih menunggu persetujuan di meja resepsionis.
Jika perusahaan tertarik dengan proposal event Anda, maka mereka akan menghubungi Anda dengan cepat.
Karena sering mengalami permasalahan pada perusahaan yaitu melupakan tawaran kerja sama sponsor, hal ini memang perusahaan tidak hanya menerima proposal dari satu pihak saja.
Sehingga penting bagi Anda untuk meminta kontak nomor telopon aga Anda bisa melakukan followUp.
Strategi ini juga biasanya melibatkan penawaran berupa konten promosi yang bermanfaat, seperti dukungan atau artikel yang berkaitan dengan bidang keahlian perusahaan sebagai calon sponsor.
Dengan menjalin hubungan dengan para sponsor, pemilik inisiatif akan lebih siap untuk mendapatkan pendanaan sebelum kebutuhan mendesak atau krisis terjadi.
Anda bisa memanfaatkan platform media sosial seperti Twitter dan LinkedIn, untuk mengundang orang-orang.
Hal ini termasuk mengikuti tokoh-tokoh penting dari perusahaan yang ditargetkan dan memposting konten yang terkait dengan industri yang dapat menarik perhatian calon sponsor.
Nah, itu dia penjelasan mengenai cara mendapatkan sponsor untuk acara yang ingin Anda gelar. Dengan artikel tentang sponsorship ini, kita dapat membuka peluang bisnis dan keuangan.
1. Mencari Sponsor Yang Sesuai Event Anda
2. Membuat Daftar Calon Sponsor
3. Menentukan Jenis Sponsor Yang Dibutuhkan
4. Pahami Target Sponsor
5. Menentukan Deadline Pencarian Sponsor
6. Melakukan Pendekatan Yang Menarik
7. Pembuatan Proposal Sponsor
8. Persiapkan Persentasi yang Maksimal
9. Bernegosiasi dengan Pihak Sponsorship
10. Aktif Mem-FollowUp Kepada Sponsor
11. Manfaatkan Media Sosial
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.