15+ Komunitas Bisnis di Indonesia untuk Belajar Bisnis 2023

Jika Anda ingin meningkatkan skala bisnis dan memperoleh visibilitas brand, maka penting bagi Anda untuk fokus, dan menggunakan strategi promosi digital.

Pentingnya kegiatan ini ada kaitannya dengan pertumbuhan perusahaan dan meningkatnya pendapatan, tetapi hal ini tidak akan menjamin keberhasilan kecuali jika Anda tidak membangun komunitas bisnis.

Sama saja ketika Anda memasarkan produk, tapi tidak menggunakan strategi yang tepat. Hal ini bisa melelahkan dan menghabiskan waktu dan energi.

Meskipun menghasilkan jumlah penjualan yang cukup, namun upaya tersebut mungkin tidak sepadan. Oleh karena itu, perlu membangun komunitas bisnis yang suportif untuk membantu penjualan Anda.

Ada berbagai macam bentuk dalam membuat komunitas, seperti melalui media sosial, acara offline atau dengan membuat forum online.

Nah, saat membuat komunitas offline diharuskan anggotanya untuk mengunjungi di setiap tempat dan saling berbagi mengenai bisnisnya masing-masing.

Di era teknologi digital ini, untuk membangun komunitas tidak perlu rumit lagi. Karena Anda bisa memanfaatkan komunitas secara online yang bisa dilakukan oleh setiap orang seperti pemilik bisnis dan anggota.

Selanjutnya, Anda dapat membangun komunitas dengan berbagai kegiatan yang membuat komunitas tersebut berkembang.

Komunitas yang baik dapat membawa banyak keuntungan bagi para pebisnis.

Dengan memiliki audiens yang aktif, pasti Anda akan memperoleh manfaat dari berbagai audiens mulai dari menyebarkan kualitas, keunggulan, dan kelebihan dari produk mereka.

Nah, langkah-langkah apa yang bisa Anda ambil untuk membantu bisnis Anda berkembang? Tentu saja, Anda harus bisa mempertimbangkan bukan hanya dari angka penjualan.

Oleh karena itu Anda perlu membangun komunitas. Karena adanya komunitas ini Anda bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Jadi, pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara membangun komunitas untuk bisnis Anda. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Apa Itu Komunitas Bisnis?

Agar bisnis sukses dan berkembang, bisnis Anda harus bisa menghasilkan penjualan yang cukup untuk mendapatkan keuntungan setiap tahunnya.

Jika ingin mempertahankan kesuksesan dengan waktu yang lama, maka Anda perlu menciptakan komunitas yang dapat mendukung di sekitar bisnis Anda.

Dengan adanya hal ini Anda dapat menawarkan kepada pelanggan mengenai komunitas yang dijadikan sebagai wadah untuk berinteraksi satu sama lain, dan mendorong loyalitas serta komitmen pelanggan.

Kemudian saat berbisnis, pemilik bisnis harus bisa bertanggung jawab untuk mengawasi bisnis Anda, serta memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman wirausahawan lain untuk membantunya berkembang.

Dalam menjalin hubungan dengan sesama pebisnis, Anda akan mendapatkan berbagai wawasan yang berharga hingga Anda bisa membangun komunitas di dunia bisnis.

Sebelum pemasaran komunitas dapat didefinisikan, penting untuk menetapkan definisi komunitas.

Menurut sumber duel, bahwa komunitas bisnis dapat didefinisikan sebagai ruang di mana orang dapat berbagi nilai dan tujuan yang sama.

Seperti menjual produk yang sama, memiliki model bisnis yang sebanding, atau terlibat dalam jenis aktivitas komersial yang sama.

Hal ini bisa dilakukan secara online (seperti buletin atau forum), atau offline (seperti dikantor atau apartemen).

Adanya komunitas bisnis ini bisa menjadi supporting system, agar para anggotanya mendapat dukungan dari pebisnis lain untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Seiring dengan kemajuan teknologi, semakin banyak komunitas bisnis yang bermunculan. Sehingga dapat memberikan peluang bagi mereka yang sedang mencarinya. Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

apa itu komunitas bisnis

Manfaat Gabung Komunitas Bisnis Digital

Banyak perusahaan rintisan yang memiliki ide-ide kreatif atau inovatif. Hal ini dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Kemudian, setiap perusahaan banyak yang bergabung dalam komunitas bisnis digital.

Bahwasannya, bisnis digital ini menggunakan teknologi untuk mendesain, menciptakan, dan memasarkan produk. Contoh teknologi yang digunakan untuk bisnis saat ini yaitu media sosial dan e-commerce.

Saat ini, tren bisnis digital menjadi semakin populer karena tidak terlalu banyak persyaratan dan modal yang dikeluarkan sedikit, serta bisa dilakukan dimana saja.

Sehingga banyak anak muda atau generasi milenial sangat menyukai bisnis digital, dan mereka mampu menunjukkan pertumbuhan yang cepat.

Menurut sumber dari xendit, bahwa keinginan masyarakat Indonesia untuk berwirausaha cukup besar. Pada usia produktif (15-35 tahun) berkeinginan untuk dapat menjalankan usaha sendiri, dan sebanyak 34% penduduk Indonesia berwirausaha.

Angka ini mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia yang didominasi oleh pertumbuhan UMKM sebesar 56%.

Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada lebih dari 170 juta pengguna media sosial di Indonesia yang telah mendorong pertumbuhan bisnis digital. Kemudian munculnya berbagai komunitas bisnis digital.

Komunitas ini dibentuk untuk menyatukan para wirausahawan muda, memungkinkan mereka untuk saling belajar, membina koneksi, dan menciptakan produk inovatif.

Dilansir dari sumber userguiding, pemasaran komunitas adalah cara yang fantastis untuk memperluas jangkauan Anda dan melibatkan pengguna.

Oleh karena itu, komunitas pemasaran online ini memiliki banyak manfaat dan pemilik bisnis menganggap komunitas sebagai sumber daya yang sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil pemasaran mereka.

Berikut ini manfaat adanya community marketing yang membantu meningkatkan bisnis Anda:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Bahwasannya bergabung dengan komunitas bisnis digital dapat membantu memajukan bisnis Anda. Sehingga bisnis yang Anda akan kembangkan lebih banyak dikenal orang.

Nah, jika Anda bergabung dengan komunitas, maka Anda bisa mempromosikan bisnis atau produk.

2. Mendapat Banyak Informasi

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengikuti perkembangan informasi terbaru. Perkembangan informasi terbaru mulai dari tren pasar, harga, persaingan bisnis, teknologi, produk, dan berita terhangat.

Mengikuti perkembangan berita terbaru dapat membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran yang efektif. Hal ini berarti bisnis Anda tidak akan kalah oleh para kompetitor.

komunitas akan mendapatkan banyak informasi

3. Mendapat Feedback dan Mendorong Inovasi Produk

Saat Anda bergabung dengan komunitas bisnis digital, para anggota dapat bertukar gagasan dan memberikan feedback tentang bisnisnya masing-masing. Karena hal ini bisa menjadi keuntungan bagi bisnis yang akan dijalankannya.

Dengan adanya feedback, Anda bisa menemukan apa yang perlu ditingkatkan mulai dari mengembangkan strategi yang kreatif, dan mengeksplorasi hal yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan saran dari orang yang sudah berpengalaman.

4. Meningkatkan Keterampilan Bisnis

Dalam sebuah komunitas, Anda tidak hanya bisa bertukar cerita dan pendapat, tetapi juga berpartisipasi dalam aktivitas kelompok seperti sesi upgrading bersama.

Sesi upgrading ini bisa dalam bentuk kursus pelatihan, webinar, lokakarya, atau berbagi pengalaman. Semuanya ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan pengetahuan.

Selama sesi ini, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan kemahiran bisnis maupun penguasaan teknologi.

Dengan melakukan itu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan memperoleh keterampilan baru dalam bisnis.

5. Meningkatkan Penjualan

Jika Anda bergabung dengan komunitas, maka hal ini dapat membangun kerja sama dengan para pebisnis lainnya.

Berhubungan dengan orang baru, bisa membantu memperluas target audiens bisnis Anda. Hal ini pasti akan memberikan efek menguntungkan pada pertumbuhan penjualan.

Selain itu, berhubungan dengan pemilik bisnis lain bisa membantu Anda dalam memetakan persaingan bisnis dan mengembangkan strategi yang akan Anda gunakan.

Komunitas dapat Meningkatkan Penjualan

6. Jaringan Bisnis Meluas

Menjadi bagian dari komunitas bisnis bisa memberikan kesempatan untuk lebih mengenal dengan pengusaha lain dari berbagai industri dan tingkat pengalamannya.

Mendapatkan wawasan tentang bisnis dari industri yang sama atau industri lainnya dapat bermanfaat bagi Anda karena memberikan kesempatan untuk mempelajari berbagai pengetahuan dan pengalaman bisnis.

7. Menurunkan Biaya Layanan Pelanggan

Mengembangkan komunitas yang saling memberikan dukungan adalah cara hebat untuk bisa menguntungkan bisnis. Karena bisa memangkas biaya dan memberikan kepuasan lebih kepada pelanggan.

Menjadi bagian dari sebuah komunitas itu sangat bermanfaat, apalagi ketika orang-orang saling membantu satu sama lain. Anda mendapatkan banyak hal hanya dengan menaruh kepercayaan Anda pada orang lain.

8. Akuisisi Pelanggan Baru

Tanpa pelanggan baru, akan sulit bagi bisnis untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Nah, dengan adanya komunitas online Anda bisa memfasilitasi daya tarik lebih banyak individu dengan melakukan dua cara yang berbeda yaitu:

Pertama, konten yang akan dibuat seperti artikel dan forum akan dibagikan di ruang online. Hal ini termasuk kontribusi melalui organik.

Menjadi salah satu hasil teratas pada pencarian Google melambangkan bahwa Anda dapat diandalkan dan dapat dipercaya, sehingga menarik pengguna untuk mengklik tautan Anda.

Kedua, pelanggan di komunitas memberikan informasi berharga dan feedback yang diberikan jujur bagi calon pelanggan baru.

9. Peningkatan Retensi dan Loyalitas Pelanggan

Bahwasannya biaya lima kali lebih mahal untuk menarik pelanggan baru dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan saat ini. Jadi, Anda perlu memprioritaskan retensi pelanggan untuk bisnis Anda.

Membangun komunitas online memberikan insentif lain bagi pengikut Anda untuk mengunjungi situs web Anda. Hubungan ini membentuk ikatan antar anggota, dan ke-langgengan koneksi.

Hal ini membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan yang paling setia.

peningkatan retensi dan loyalitas pelanggan

10. Pemasaran dan Penjualan yang Efektif

Dengan menciptakan komunitas online, brand bisa menjadi lebih efisien dan mendapatkan keuntungan lebih.

Jika Anda melibatkan pelanggan dalam bisnis Anda sejak dini, maka mereka dapat memberikan feedback, solusi, dan menyarankan saat melakukan kegiatan belanja. Selain itu, pelanggan yang puas lebih cenderung melakukan pembelian secara berulang.

Tipe Komunitas Bisnis

Pemasaran komunitas merupakan strategi untuk meningkatkan brand awareness yang bisa menghubungkan antara pelanggan dengan topik-topik yang terkait dengan perusahaan.

Hal ini adalah cara yang menarik sambil tetap memprioritaskan kebutuhan pelanggan.

Terlibat dengan publik atau melakukan interaksi dapat membantu bisnis Anda untuk menentukan target audiens mereka dan memiliki minat yang sama terhadap brand, produk, atau layanan mereka.

Perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan strategi pemasaran komunitas ini. Berikut ini terdapat dua tipe komunitas pemasaran, yaitu:

  1. Pemasaran earned marketing disebut pemasaran organik. Tipe ini adalah bisa membangun komunitas dan menciptakan loyalitas pelanggan yang terjadi tanpa perusahaan terlibat. Komunitas semacam ini terbentuk di sekitar koneksi di antara para anggotanya.
  2. Perusahaan yang terlibat secara langsung dengan community marketing sabagai sponsor. Perusahaan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan berbagai komunitas di masyarakat, baik dengan menyumbangkan waktu atau uang. Upaya ini bisa dianggap sebagai jenis tanggung jawab sosial perusahaan.
Tipe Komunitas Bisnis

Tips Menemukan atau Membangun Komunitas Bisnis

Hal-hal berikut yang perlu Anda perhatikan dalam membangun komunitas bisnis digital sehingga dapat membantu setiap anggota dalam mengembangkan bisnisnya:

1. Memahami Target Audiens

Sebelum membuat komunitas, lakukan riset untuk mengidentifikasi platform mana yang lebih disukai audiens Anda. Setelah itu, Anda dapat memutuskan media sosial mana yang akan diprioritaskan dan mempelajari lebih lanjut tentang demografi targetnya.

2. Dapat Dilakukan dengan Jangka Panjang

Sangat penting untuk menjalin hubungan dengan komunitas bisnis. Adanya hal ini bisa dilakukan dengan jangka panjang dan berkelanjutan, bukan hanya sekali atau dua kali saja. Hal ini bisa menciptakan loyalitas dan brand awareness di dalam komunitas.

3. Dapat Memberi dan Menerima

Ketika berjejaring dengan profesional bisnis lainnya, Anda harus mengevaluasi apa yang bisa di tawarkan oleh anggota komunitas bisnis dan juga memperhatikan bagaimana anggota-anggota bisa memberi manfaat di masa depan.

Membangun relasi harus memiliki kualitas dan mengharuskan setiap pihak untuk memberikan manfaat untuk mendukung satu sama lain.

4. Membuat Konten yang Menarik

Campaign yang efektif di media sosial bisa dilakukan dengan membuat konten dan Anda harus mempertimbangkan target audiensnya. Jenis konten yang Anda buat harus menarik dan cocok untuk komunitas.

Contohnya, konten yang menyediakan solusi untuk sebuah permasalahan, konten yang informatif serta menghibur.

Membuat Konten yang Menarik

5. Dekat dengan pelanggan

Membangun komunitas yang mantap memerlukan percakapan dan memperhatikan pendapat pelanggan. Media sosial menjadi platform yang cocok untuk bisa berbagi pemikiran tentang apa yang Anda tawarkan.

Ketika terdapat masukan dari pelanggan, maka komunitas Anda akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan.

4. Membuat Narasi

Melalui storytelling, pelanggan dapat memahami dengan mudah dibandingkan dengan penyampaian langsung. Anda perlu membuat cerita yang menarik sehingga lebih mudah diingat.

Narasi yang Anda buat akan membangkitkan empati pada audiens dan memiliki efek menguntungkan bagi masyarakat.

5. Mengadakan Kompetisi dan Games

Komunitas yang menarik sangatlah penting, bukan hanya membahas topik-topik yang serius tetapi juga menyelenggarakan kegiatan yang menghibur untuk menjaga minat audiens Anda.

Anda bisa membuat permainan yang menarik untuk memberi semangat para anggota yang hadir atau berpartisipasi.

6. Mengadakan Acara Tertentu

Ketika Anda membuat komunitas, perlu bagi Anda untuk menumbuhkan audiens di media sosial. Kemudian Anda juga bisa membuka diri dengan mengadakan acara virtual seperti peluncuran produk, talkshow, atau meet and greets.

7. Promosi dari Mulut ke Mulut

Nah, jika mempromosikan produk yang kurang dikenal, maka metode yang paling efisien adalah dari mulut ke mulut.

Menyebarkan berita dari teman dan keluarga terdekat Anda akan lebih efektif daripada pemasaran online. Review positif membantu mempengaruhi orang lain untuk bisa mencoba.

komunitas online

8. Bersikaplah Proaktif

Membentuk jaringan bisnis yang paling penting yaitu mempertahankan koneksi yang bermanfaat. Jika Anda tiba-tiba menghubungi seseorang tanpa menjalin hubungan sebelumnya, maka mereka mungkin tidak ingin memberikan bantuan kepada Anda.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga hubungan baik dengan adanya jaringan Anda setiap waktu.

9. Mengoptimalkan Platform Media Sosial

Adanya teknologi ini membantu Anda lebih mudah dalam memelihara hubungan secara profesional. Internet bisa menjadi alat yang hebat untuk membangun jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan para profesional lain di industri lainnya.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memanfaatkan jaringan media sosial untuk tetap berhubungan dengan rekan-rekan yang signifikan atau membuka percakapan dengan individu yang ditemui di pertemuan.

10. Melakukan Evaluasi Secara Rutin

Menganalisis hasil secara rutin merupakan hal yang sangat penting karena dapat mengukur keberhasilan dalam penggunaan community marketing.

Evaluasi ini bisa dilakukan oleh tim Anda atau bisa juga melibatkan komunitas.

Selain itu juga, Anda perlu meminta feedback dari anggota komunitas. Bahwasannya kerja keras dan dedikasi Anda tidak hanya akan menguntungkan para anggota, tetapi juga akan menciptakan rasa loyalitas dan koneksi.

11. Rutin Menghadiri Acara Komunitas

Bersosialisasi dengan tatap muka adalah cara terbaik untuk membangun jaringan. Jika Anda berpartisipasi dalam acara lokal, maka Anda akan ada kesempatan untuk membangun hubungan yang penting.

Di acara tersebut, Anda mungkin akan memiliki kesempatan untuk membangun jaringan dan bertukar kontak dengan pengusaha lainnya. Anda bahkan bisa menemukan mentor untuk memberikan saran tentang cara memajukan bisnis Anda.

Oleh karena itu, pastikan Anda memeriksa jadwal pertemuan komunitas bisnis secara teratur untuk mempertahankan jaringan Anda.

Rutin Menghadiri Acara Komunitas

12. Fokus untuk Menawarkan Solusi

Untuk menciptakan loyalitas di antara pelanggan, Anda harus bisa memberikan solusi yang bermanfaat. Solusinya dengan membuat konten, sehingga dapat membantu mereka menghadapi tantangan umum.

Pastikan bahwa komunitas Anda ramah dan mudah diakses oleh mereka yang membutuhkannya.

13. Jadilah Transparan dan Jujur

Membangun kepercayaan dalam komunitas dimulai dengan bersikap jujur dan transparan. Hal ini akan membantu mempertahankan reputasi bisnis Anda, bahkan ketika keadaan menjadi sulit.

Apa Saja Komunitas Bisnis Digital di Indonesia?

Berikut ini ada beberapa komunitas bisnis digital di Indonesia yang dapat meningkatkan bisnis saya. Simak dan daftarlah komunitas sesuai yang Anda ingiinkan!

1. Komunitas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI)

Organisasi ini merupakan salah satu organisasi yang tertua di Indonesia dan didirikan tanggal 19 Juni 1972.

Tujuan utama HIPMI adalah mendorong kaum muda untuk menjadi wirausahawan. HIPMI berkembang dan bekerja untuk mendukung bisnis dan UMKM. Di seluruh Indonesia, HIPMI memiliki 274 Badan Pengurus Cabang.

2. Komunitas Tangan Di Atas (TDA)

Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) ini didirikan pada Januari 2006 dan termasuk komunitas di bidang wirausahawan. Komunitas TDA terdiri lebih dari 15.000 anggota dan terdapat di 61 kota di Indonesia.

Selain itu, komunitas ini memiliki cabang di luar negeri yang berada di Singapura, Hong Kong, Mesir dan Australia.

3. Komunitas Global Entrepreneurship Program Indonesia

Pada bulan Januari 2011, GEPI diluncurkan oleh tiga belas pengusaha Indonesia. GEPI sendiri merupakan bagian dari Program Kewirausahaan Global yang dibuat oleh Barrack Obama.

GEPI membantu para wirausahawan dengan menyediakan pendanaan dan pelatihan startup.

Global Entrepreneurship Program Indonesia

4. Komunitas Startup Jakarta

Komunitas ini merupakan sumber daya yang bagus bagi para pebisnis yang tinggal di Jakarta untuk mengembangkan hubungan baru. Komunitas ini menyatukan para pengusaha dari wilayah Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung komunitas ini, sehingga bisa menyediakan berbagai acara yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan bisnis Anda.

5. Komunitas SB1M

SB1M adalah komunitas yang didirikan untuk menciptakan wirausahawan yang berpotensi meraih keuntungan 1 miliar. Komunitas ini menawarkan pengetahuan mengenai pemasaran digital untuk membantu meningkatkan penjualan.

6. JDA Community

Komunitas ini adalah tempat yang sempurna bagi para wirausahawan yang membutuhkan bantuan untuk memulai atau menjalankan bisnis. Bahwasannya, komunitas ini lebih menekankan tindakan daripada sekadar kata-kata.

7. Richvolution Community

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi, maka Anda harus bergabung dengan komunitas bisnis richvolution. Kelompok ini akan memberikan wawasan berharga tentang investasi, mengelola bisnis, dan mencapai kebebasan finansial.

8. YukBisnis

Komunitas bisnis YukBisnis adalah organisasi yang luas dan terbuka untuk semua orang yang berencana memasuki dunia bisnis.

Fokus utama YukBisnis adalah mentoring dan berbagi pengetahuan. Organisasi ini memiliki kurikulum bisnis sendiri, yang terdiri dari 5 aspek berikut: mulai, profit, sistemasi, multiplikasi, investasi.

Komunitas ini memiliki berbagai unit bisnis yang berorientasi pada layanan. Berikut ini adalah rinciannya: YUBImini, sarang semut, YubiPRO, Yubistore, Yubi.id, guyub, formula.

9. Online Seller Meetup

Dengan banyaknya penjual online di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke, tidak mengherankan jika Online Seller Meetup dibuat.

KoinWorks mendirikan komunitas ini dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis di industri teknologi digital. Selain itu, KoinWorks tidak hanya memberikan pelatihan bisnis dan jaringan kepada para anggotanya, tetapi juga bantuan keuangan.

Online Seller Meetup

10. AVANA Indonesia

Selain menawarkan layanan pembuatan toko berbasis website, AVANA juga telah membuat komunitas bisnis yang disebut AVANA Indonesia.

Komunitas ini bertujuan untuk melatih dan mengedukasi pengguna tentang bisnis di era digital, serta menyediakan platform bagi anggota untuk mempromosikan dan memperluas pasar mereka.

11. KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia)

KPMI didirikan pada tahun 2010, dan termasuk organisasi pengusaha dan pebisnis Muslim di Indonesia. Selama 11 tahun berdiri komunitas ini sudah ada 32 ribu anggota.

Sama halnya dengan HIPMI, KPMI juga memiliki sub-kelompok yang ada di kota dan provinsi di seluruh Indonesia.

12. Boeatan

KoinWorks ini juga mendirikan komunitas Boeatan yang beranggotakan para pengusaha di bidang kerajinan tangan. Anggota komunitas Boeatan terlibat dalam pelatihan dan lokakarya untuk membantu para wirausahawan agar tetap mengikuti tren terbaru.

13. HerAction

Pengusaha perempuan di Indonesia telah mengalami kesuksesan yang cukup besar, sehingga mendorong KoinWorks untuk membentuk HerAction.

Komunitas ini memungkinkan para wanita bisnis untuk mendiskusikan topik kewirausahaan, bertemu dengan tokoh-tokoh inspirasional dan mengasah ketajaman bisnis mereka. Hasilnya, kesuksesan para wanita pengusaha ini semakin meningkat.

14. JCI Indonesia

JCI Indonesia adalah salah satu komunitas bisnis yang paling sukses dan berpengaruh di Indonesia. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat besar, seperti belajar lebih banyak tentang bisnis di berbagai bidang yang sesuai dengan minat Anda.

15. Investor Muda

Investor muda ini adalah komunitas yang berpusatdi pada investasi saham.Investor Muda sering mengadakan forum online untuk membahas topik-topik seperti analisis saham, strategi investasi, manajemen risiko, dan kondisi pasar.

investor muda

Nah, itu dia sekilas penjelasan tentang bisnis dan mengetahui komunitas bisnis apa saja yang ada di Indonesia. Dengan begitu Anda bisa bertambah ilmu dan menjalankan bisnis Anda dengan baik dan benar.

Frequently Asked Question

Komunikasi bisnis yaitu

Komunitas bisnis dapat didefinisikan sebagai ruang di mana orang dapat berbagi nilai dan tujuan yang sama.

Manfaat komunitas untuk bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness
2. Mendapat Banyak Informasi
3. Mendapat Feedback dan Mendorong Inovasi Produk
4. Meningkatkan Keterampilan Bisnis
5. Meningkatkan Penjualan
6. Jaringan Bisnis Meluas
7. Menurunkan Biaya Layanan Pelanggan
8. Akuisisi Pelanggan Baru
9. Peningkatan Retensi dan Loyalitas Pelanggan
10. Pemasaran dan Penjualan yang Efektif

Komunitas bisnis terbesar di indonesia

1. Komunitas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia
2. Komunitas Tangan Di Atas (TDA)
3. Komunitas Global Entrepreneurship Program Indonesia
4. Komunitas Startup Jakarta
5. Komunitas SB1M
6. JDA Community
7. Richvolution Community
8. YukBisnis
9. Online Seller Meetup
10. AVANA Indonesia
11. KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia)
12. Boeatan
13. HerAction
14. JCI Indonesia
15. Investor Muda

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like