whatsapp business

15 Cara Menggunakan WhatsApp Business Untuk Bisnis (2023)

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp untuk pemasaran, maka Anda harus memahami bagaimana konsep dan cara kerja WhatsApp yang baik untuk bisnis Anda.

Bahwasannya, WhatsApp ini merupakan alat komunikasi yang berguna untuk layanan pelanggan, pesan transaksional, dan kampanye pemasaran.

Selain itu, WhatsApp juga bisa menjangkau audiens Anda secara langsung melalui perangkat seluler mereka. Umumnya, pesan WA ini lebih sering dibuka dengan cepat, selain pesan masuk email.

WhatsApp ini menyediakan berbagai opsi perpesanan untuk tujuan pemasaran, seperti pesan interaktif yang menampilkan tombol cepat, pesan multimedia, katalog produk, dan kode QR untuk meningkatkan jangkauan multisaluran Anda.

Ketika memilih akun WhatsApp untuk bisnis Anda, sangat penting untuk mempertimbangkan opsi yang sesuai berdasarkan ukuran dan kebutuhan perusahaan Anda. Kami akan membahas tiga opsi yang tersedia untuk membantu Anda menentukan opsi yang paling sesuai.

Kemudian, WhatsApp ini juga merupakan aplikasi komunikasi yang banyak digunakan di Indonesia, dan bisa menjadi strategi promosi untuk bisnis Anda.

Menurut data dari Databoks Kata Data, WhatsApp menduduki peringkat ketiga sebagai platform media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia, pada Oktober 2022.

Tak hanya itu, Indonesia memiliki jumlah unduhan WhatsApp bisnis tertinggi kedua di dunia, dengan total 73 juta per Juni 2022.

Dengan total pengguna yang sangat signifikan tersebut, ada potensi yang cukup besar untuk memanfaatkan WhatsApp Marketing. Selain itu, WhatsApp Business ini juga memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola hubungan bisnis, khususnya antara penjual dan konsumen.

Nah, ada hal yang perlu Anda ketahui bahwa WhatsApp ini ada WA bisnis dan WA biasa. Dari kedua tersebut memiliki kegunaan yang berbeda juga, loh!

Akan tetapi, jika Anda sebagai pegiat UMKM, maka Anda bisa memanfaatkan opsi pengembangan bisnis yang dikenal sebagai WhatsApp Business.

Lalu, bagaimana konsep dari WhatsApp Business, apa saja fitur-fitur WhatsApp Bisnis ini ? dan bagaimana cara penggunaannya ? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Personal

WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business memiliki kemampuan operasional yang berbeda. WhatsApp Messenger biasanya melayani tujuan komunikasi pribadi, sedangkan WhatsApp Business melayani pemilik bisnis atau profesional.

Nah, berikut ini penjelasan detail dari kedua WhatsApp tersebut :

1. WhatsApp Personal

WhatsApp digunakan secara luas oleh konsumen dan perusahaan sebagai aplikasi chatting atau tempat kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger ini menggunakan paket data internet.

Kemudian, Aplikasi WhatsApp ini memanfaatkan konektivitas internet melalui 3G, 4G, atau WiFi untuk melakukan komunikasi secara daring, berbagi file, bertukar foto, dan lain sebagainya.

WhatsApp ini juga bersifat asinkron yang artinya bahwa pelanggan dapat menanggapi percakapan secara real time atau sesuai keinginan mereka. Nah, tak hanya WhatsApp biasa, Anda juga bisa menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan percakapan secara real time dengan konsumen.

Pada bulan Januari 2015, WhatsApp mengumumkan ketersediaan layanannya di PC melalui situs web yang disebut WhatsApp Web.

Jan Koum pun akhirnya membuat pengumuman di halaman Facebook-nya, menyatakan bahwa situs web ini dirancang untuk merefleksikan percakapan dan pesan dari perangkat seluler ke peramban web.

Hal ini memastikan bahwa semua pesan tetap terhubung ke ponsel. Akan tetapi, para pengguna WhatsApp harus terhubung dengan internet agar browser aplikasinya berfungsi.

WhatsApp Web dapat diakses melalui web.whatsapp.com dan mendukung semua browser desktop kecuali Internet Explorer.

Dalam pengguna WhatsApp Web ini, Anda hanya mengakses antarmuka dengan memindai kode QR pribadi melalui aplikasi WhatsApp di ponsel.

2. WhatsApp Business

Dengan miliaran pesan yang dikirim dan diterima setiap hari, WhatsApp adalah aplikasi komunikasi populer bagi pengguna di seluruh dunia.

Jika Anda mencari aplikasi yang mudah digunakan dengan tetap menjaga keamanan untuk kebutuhan perpesanan dan berbagi file dengan pengguna lain di ponsel atau komputer, WhatsApp Business bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Pada September 2017, WhatsApp mengonfirmasi rumor bahwa mereka sedang membangun dan menguji dua alat baru untuk bisnis.

Hingga akhirnya, Aplikasi ini diluncurkan pada bulan Januari 2018, dengan pemisahan basis pengguna yang dituju :

  • Aplikasi WhatsApp Bisnis untuk perusahaan kecil.
  • Solusi Perusahaan (enterprise) untuk perusahaan besar dengan basis pelanggan global, seperti maskapai penerbangan, pengecer e-commerce, dan bank, yang dapat menawarkan layanan pelanggan dan perdagangan percakapan (e-commerce) melalui obrolan WhatsApp, hanya dengan menggunakan agen langsung atau bot obrolan.

Kemudian, pada bulan Oktober 2020, Facebook mengumumkan pengenalan tingkatan harga untuk layanan yang ditawarkan melalui WhatsApp Business API, yang dikenakan biaya per pesan.

Sebenarnya, pada WhatsApp Business ini dibuat untuk membantu pelaku bisnis dalam mengelola percakapan dengan pelanggannya dengan lebih mudah karena sebagian besar pengguna di Indonesia sudah mengenal WhatsApp.

WhatsApp Business adalah solusi yang akan memudahkan Anda berkomunikasi dengan pelanggan saat mempromosikan bisnis.

Tampilannya WhatsApp Business pun terlihat mirip dengan WhatsApp biasa namun dengan beberapa perubahan yang ditambahkan untuk penggunaan yang lebih baik. Hal ini karena WhatsApp Business dirancang untuk memfasilitasi operasi bisnis kecil (UMKM).

WhatsApp Business memiliki Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) untuk perusahaan, komersial, dan tim UKM yang lebih besar yang mengelola lebih banyak permintaan pelanggan. API ini dirancang untuk tim pendukung yang melakukan penskalaan dan telah melampaui kotak masuk WhatsApp Business.

Dengan API, bisnis Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp ke dalam CRM dan perangkat lunak dukungan pelanggan seperti Zendesk untuk melacak, memprioritaskan, dan menanggapi permintaan pelanggan dalam skala besar.

Tim dukungan memiliki opsi untuk menawarkan bantuan melalui WhatsApp dan saluran lainnya untuk memastikan bahwa percakapan dan data pelanggan tidak terfragmentasi di seluruh sistem dan perangkat lunak.

Hal ini memungkinkan mereka memiliki banyak agen yang mengelola percakapan sambil memanfaatkan alat seperti chatbot dan otomatisasi.

Dibandingkan dengan WhatsApp pribadi, WhatsApp Business menyertakan fitur yang dirancang untuk perusahaan. Dan dengan API, bisnis dapat membuka fitur tambahan untuk menyediakan percakapan pelanggan yang lebih kaya, personal, dan terorganisir.

Perjuangan yang berlarut-larut untuk mengganti SMS (Layanan Pesan Singkat) dengan perpesanan RCS (Layanan Komunikasi Kaya) sebagai standar perpesanan baru adalah bagian dari gerakan yang lebih besar untuk membuat perpesanan bisnis lebih interaktif.

Adapun perbedaan dari kedua WhatsApp secara signifikan yaitu :

1. Perbedaan Logo Aplikasi

Perbedaan yang pertama adalah logo aplikasi yang digunakan oleh masing-masing akun. Hal ini karena WA Business memiliki akses ke serangkaian fitur yang lebih canggih dibandingkan WhatsApp Personal

Fitur-fitur ini dirancang khusus untuk bisnis di WhatsApp dan dapat membantu Anda untuk mengelola interaksi dengan pelanggan secara lebih efisien.

Logo aplikasi WA Business digunakan untuk mengidentifikasi akun yang memiliki akses ke fitur-fitur canggih ini. Di sisi lain, akun biasa digunakan oleh individu yang tidak membutuhkan fitur tambahan ini dan memiliki logo aplikasi yang berbeda.

Dengan memahami perbedaan logo-logo ini, pengguna dapat mengidentifikasi dengan lebih baik akun mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perbedaan Logo Aplikasi WhatApp

2. Profil Pengguna

Perbedaan antara WhatsApp pribadi dan WhatsApp Business terletak pada profil pengguna yang lengkap.

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat membuat profil yang menampilkan detail bisnis Anda, termasuk alamat, jam buka toko, dan deskripsi singkat pada setiap produk atau layanan Anda.

Pelanggan Anda dapat dengan mudah menemukan dan menghubungi Anda melalui aplikasi, serta Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan otomatis dan balasan cepat untuk menghemat waktu.

Jika Anda memiliki profil bisnis yang lengkap di WhatsApp, hal ini dapat membantu Anda agar bisnis dapat menonjol di tengah persaingan dan memberikan citra yang lebih profesional kepada pelanggan.

Jangan puas hanya dengan akun WhatsApp pribadi jika Anda dapat meningkatkan bisnis Anda dengan WhatsApp Business dan fitur profil pengguna yang lengkap.

Bagian profil untuk aplikasi pribadi WhatsApp hanya mencakup nama, gambar tampilan, dan nomor kontak.

Sebaliknya, pengguna bisnis WA memiliki opsi untuk menampilkan informasi tambahan, seperti logo bisnis Anda, nama bisnis, kategori, URL situs web, tampilan katalog produk, deskripsi perusahaan, lokasi, dan memasukan jam kerja.

3. Label pada Kontak

Perbedaan antara WhatsApp Personal dan WhatsApp Business ini juga adanya label pada kontak Anda. Dengan WhatsApp Business, Anda dapat membuat profil bisnis, sehingga pelanggan Anda tahu dengan siapa mereka berbicara. Ini seperti kartu nama mini untuk percakapan obrolan Anda.

Label pada kontak ini juga diartika dengan pelabelan kategorikal dengan kode warna dalam daftar obrolan, yang dapat digunakan untuk menandai setiap kontak atau grup. Dalam pelabelan ini bisa dibuat hingga 20 label khusus.

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat menjaga permainan profesional Anda tetap pada jalurnya dan membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

4. Keamanan

WhatsApp Business menawarkan fitur keamanan superior yang dirancang khusus untuk penggunaan bisnis. Tidak percaya? yuk simak penjelasannya!

Pertama-tama, WhatsApp Business menawarkan enkripsi end-to-end, yang berarti pesan Anda diamankan dengan kunci yang hanya Anda dan penerima yang dituju yang memiliki kuncinya.

WhatsApp pribadi juga memiliki fitur ini, tetapi di sinilah letak perbedaannya: WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang memiliki akses ke akun bisnis Anda. Anda dapat menunjuk karyawan tertentu sebagai admin dan mencabut akses kapan saja. WhatsApp pribadi tidak memberikan Anda kontrol seperti itu, sehingga bisnis Anda rentan terhadap peretasan dan pembobolan.

Tapi tunggu, masih ada lagi! WhatsApp Business juga menawarkan autentikasi dua faktor, yang menambahkan lapisan perlindungan ekstra pada akun Anda.

Fitur ini membutuhkan kode selain kata sandi Anda untuk masuk, sehingga lebih sulit bagi peretas untuk masuk ke akun Anda. WhatsApp pribadi tidak memiliki fitur ini, sehingga membahayakan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda harus beralih ke WhatsApp Business dan jagalah bisnis Anda agar tetap aman serta terlindungi. Jangan lagi menjadi pemula dan mengandalkan WhatsApp pribadi. Tingkatkan ke liga besar dengan WhatsApp Business.

5. Otomatisasi Pesan

Jika Anda masih menggunakan WhatsApp pribadi untuk komunikasi bisnis Anda, Anda akan kehilangan banyak hal.

Lalu, apa yang membedakan WA Business dengan WA pribadi? Jawabannya adalah Otomatisasi pesan.

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat mengatur pesan otomatis untuk merespons pelanggan saat Anda sedang tidak berada di tempat atau sibuk berkeliling kantor.

Meskipun itu pesan selamat datang untuk kontak baru, pemberitahuan di luar kantor, atau bahkan balasan cepat untuk pertanyaan umum, otomatisasi pesan menghemat waktu Anda dan membuat pelanggan senang.

Namun, bukan itu saja. Dengan WhatsApp Business, Anda juga mendapatkan beberapa fitur menarik untuk membantu Anda mengelola bisnis dengan mudah. Anda dapat menambahkan informasi profil pengguna, seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Anda juga bisa mengatur obrolan Anda dengan label dan balasan cepat, sehingga mudah untuk menemukan percakapan tertentu dan mengirimkan pesan cepat.

  • Pesan Salam Otomatis – Bahwasannya fitur WhatsApp business memungkinkan pembuatan pesan ucapan untuk pengguna, yang dikirim pada awal dialog atau setelah 14 hari tidak aktif. Adanya pesan instan ini Anda bisa memperkenalkan perusahaan Anda secara efisien dan tepat waktu kepada calon pelanggan. Nah, adapun langkah-langkah untuk menyiapkan pesan salam: Setelan > Setelan bisnis > Pesan salam. Dari sini, Anda dapat membuat pesan salam baru atau mengedit pesan yang sudah ada.
  • Pesan Jauh Otomatis – Pesan jauh seperti pesan ucapan. Mereka mengirimkan pesan khusus kepada orang-orang yang mencoba terhubung dengan perusahaan setelah jam kerja Anda. Anda dapat menulis pesan khusus atau mengirim jam kerja Anda. Anda dapat mengaturnya untuk diaktifkan pada waktu yang dipilih. Adapun langkah-langkah untuk menyiapkan pesan tidak di tempat: Pengaturan > Pengaturan bisnis > Pesan tidak di tempat > “Aktifkan pesan tidak di tempat”. Anda juga dapat mengedit pesan jauh Anda dari sini dan menjadwalkan kapan Anda ingin mengirimkan pesan ini. Anda dapat memilih dari Selalu kirim, Jadwal khusus, atau setelah jam kerja Anda.
  • Pesan Bisnis Interaktif – Jenis pesan ini memungkinkan Anda untuk memasukkan tombol interaktif dan lebih menarik ke pesan Anda. Tombol-tombol ini dapat terdiri dari 2 jenis: CTA: Dengan mengklik tombol ini, pengguna akan dialihkan ke halaman web tertentu atau melakukan panggilan. Balasan cepat: Memungkinkan pengguna untuk menjawab dengan opsi yang telah ditentukan tanpa harus mengetik jawaban secara manual. Tombol interaktif sangat bagus untuk kelancaran perjalanan pelanggan dan pengalaman pelanggan secara umum.

6. Fitur Pesan Siaran (Broadcast)

Perbedaan antara WhatsApp biasa dan WhatsApp Business sangat jelas yaitu adanya fitur siaran. Fitur ini merupakan pengubah permainan bagi setiap pemilik bisnis di luar sana, yang ingin meningkatkan komunikasi mereka dengan pelanggan mereka.

Pesan Siaran memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan semua kontak Anda sekaligus, dengan cara yang dipersonalisasi, tanpa kehilangan perhatian mereka.

Selain itu, pesan siaran ini mudah dibuat dan dikirim, dan Anda juga bisa mengelompokkan audiens serta mengirim pesan yang ditargetkan.

Oleh karena itu, jika Anda menjalankan bisnis dan belum menggunakan WhatsApp Business, Anda akan kehilangan banyak kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan layaknya seorang bos.

fitur Broadcast WhatsApp

7. Membuat Katalog

Hal yang membedakan dari kedua WhatsApp ini yaitu adanya fitur katalog dan Anda juga bisa membuat katalog produknya sendiri, loh!

Benar, Anda dapat mengatur dan menampilkan produk Anda dengan cara memudahkan calon pelanggan untuk menemukan apa yang mereka cari.

Tidak perlu lagi memilah-milah pesan yang tak ada habisnya untuk mencari tahu apa yang Anda jual. Dengan WhatsApp Business, Anda dapat membuat kategori, menambahkan deskripsi produk, bahkan menyertakan harga untuk produk Anda.

WhatsApp Business tidak hanya memudahkan pelanggan, tetapi juga memudahkan Anda. Anda dapat melacak inventaris Anda, menerima pesanan langsung melalui WA, dan bahkan mengirim pesan otomatis ke pelanggan Anda.

Selain itu, Anda dapat dengan mudah mempromosikan produk Anda dengan membagikan tautan WA Bisnis Anda di media sosial atau platform lainnya.

Jadi, jika Anda serius untuk membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, inilah saatnya untuk beralih ke WA Bisnis dan mulai membuat katalog produk Anda seperti seorang profesional.

8. Tombol Add to Cart

WhatsApp Business menawarkan fitur perpesanan yang lebih canggih, termasuk profil yang dapat disesuaikan, pesan otomatis, dan kemampuan untuk menampilkan katalog produk. Selain itu, tombol “Tambahkan ke Keranjang” tersedia untuk memudahkan pembelian.

Tombol ini memberikan cara yang mudah bagi pelanggan untuk menambahkan item ke keranjang calon pembeli tanpa perlu menavigasi ke situs web yang berbeda, sehingga menghemat waktu.

Hal ini sangat menguntungkan dalam dunia bisnis yang mengutamakan efisiensi, terutama pada penutupan penjualan, karena setiap detik ini sangatlah berarti.

9. Manajemen Percakapan Bisnis

Jika Anda masih menggunakan WhatsApp pribadi untuk bisnis Anda, inilah saatnya untuk naik level dan meningkatkan ke WhatsApp Business.

Mengapa? Karena ini bukan hanya tentang memiliki akses ke fitur-fitur bisnis yang bagus seperti pesan otomatis dan balasan cepat, tetapi juga tentang kemampuan untuk mengelola percakapan bisnis Anda layaknya seorang bos.

WhatsApp Business membawa komunikasi bisnis ke tingkat yang lebih tinggi dengan Manajemen Percakapan.

Ini berarti Anda memiliki kendali penuh atas cara Anda berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan Anda, sehingga lebih mudah untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan membangun hubungan yang langgeng.

Manajemen Percakapan memungkinkan pengaturan obrolan yang efisien melalui penyortiran dan kategorisasi, menandai pesan-pesan penting, dan menerapkan label khusus. Selain itu, anggota tim dapat ditugaskan ke obrolan tertentu untuk memastikan dukungan pelanggan yang konsisten.

Dengan kemampuan untuk mengotomatiskan jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan atau mengatur balasan cepat, tidak ada alasan untuk membuat pelanggan Anda menunggu.

10. WhatsApp API

WhatsApp pribadi mungkin bagus untuk mengobrol dengan teman-teman Anda, tetapi untuk menjalankan bisnis, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih canggih. Di sinilah WhatsApp Business hadir.

Dengan dukungan API, Anda bisa mengotomatiskan respons terhadap pertanyaan pelanggan, mengirimkan pesan yang dipersonalisasi, dan bahkan mengintegrasikannya dengan sistem CRM Anda.

Ini berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas biasa dan lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Dan jangan lupakan fitur-fitur tambahan, seperti menyiapkan profil bisnis, balasan cepat, dan templat pesan. Ini seperti memiliki asisten pribadi yang bekerja 24/7 untuk membuat pelanggan Anda senang.

11. Statistik Pesan

Statistik Bisnis WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan Anda memeriksa jumlah pesan yang dikirim, dikirim, dibaca, atau diterima. Meskipun data ini tidak disajikan dari waktu ke waktu atau dipecah oleh grup kontak yang berbeda, ini akan memberi Anda insights tentang keefektifan obrolan Anda.

Adapun langkah-langkah untuk mengakses statistik: Ketuk tombol Menu > Pengaturan > Pengaturan Bisnis > Statistik.

12. Konektivitas Profil

WhatsApp Business ini memungkinkan Anda menghubungkan profil bisnis Anda dengan pelanggan dan klien Anda, sehingga lebih mudah untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka secara profesional.

Dengan WhatsApp Business, Anda dapat membuat profil bisnis yang mencakup nama bisnis, logo, informasi kontak, dan bahkan deskripsi singkat tentang produk atau layanan Anda.

Profil ini dapat dilihat oleh semua orang yang mengobrol dengan Anda, sehingga lebih mudah untuk membangun merek dan membangun kepercayaan dengan calon pelanggan.

Namun, bukan itu saja! WhatsApp Business juga menawarkan berbagai fitur dan alat yang dirancang khusus untuk membantu bisnis Anda sukses.

Misalnya, Anda bisa mengatur balasan cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan, atau bahkan menggunakan pesan otomatis untuk menyapa pelanggan saat mereka mengirim pesan kepada Anda.

WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menjalankan kampanye pemasaran yang ditargetkan dan mengirimkan pesan broadcast ke semua pelanggan Anda sekaligus.

Dengan WA Bisnis ini Anda dapat mempromosikan bisnis dan memperluas basis pelanggan potensial hanya dengan beberapa klik.

13. Integrasi Toko Facebook

Facebook Shop adalah sebuah platform yang memungkinkan bisnis untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi dan mengintegrasikannya dengan mudah di seluruh rangkaian aplikasi Facebook.

Melalui toko Anda, Anda dapat memamerkan produk dan layanan yang Anda jual dan terhubung dengan pelanggan potensial. Ini adalah alat yang tak ternilai untuk setiap bisnis yang berkembang.

Cara menautkan akun WhatsApp Business Anda ke toko facebook yaitu Menautkan akun WhatsApp Business Anda ke toko Facebook memberi Anda opsi agar pelanggan yang mengunjungi toko Anda mengirimi Anda pesan melalui aplikasi WhatsApp Business.

14. WhatsApp Ads

Dari dalam aplikasi WhatsApp Business, Anda juga dapat membuat iklan Facebook dan Instagram yang mengarah ke obrolan WhatsApp dengan Anda.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat membuat iklan langsung dari aplikasi WhatsApp Business untuk mempromosikan bisnis Anda, tanpa harus beralih ke aplikasi lain.

Saat membuat iklan, Anda dapat memilih media iklan, pembelanjaan, durasi, dan audiens target. Anda juga dapat membayar iklan tersebut, dengan memilih untuk menggunakan metode pembayaran yang sama dengan akun iklan Facebook Anda.

Jika Anda belum menautkan halaman Facebook dengan akun WhatsApp Business Anda, iklan Anda hanya akan ditayangkan ke Facebook. Anda dapat mengirimkan iklan ke Facebook dan Instagram setelah menautkan halaman Facebook ke bisnis Anda.

whatsapp ads

Cara Install WA Bisnis

Aplikasi WhatsApp Business menawarkan berbagai fitur. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh gratis di ponsel Anda jika Anda ingin menggunakannya.

Nah, berikut ini penggunaan WhatsApp Business bagi pengguna baru :

  • Untuk mengakses aplikasi WhatsApp Business, Anda bisa buka aplikasi yang telah diunduh.
  • Anda harus membaca ketentuan layanannya terlebih dahulu, kemudian Anda bisa klik setuju dan lanjutkan.
  • Setelah itu, Anda bisa memasukkan nomor telepon dalam format nomor telepon internasional dengan kode negara +62, lalu lanjutkan dengan mengklik berikutnya.
  • Selanjtnya, untuk menerima kode OTP, ketuk “Oke” dan Anda bisa memilih apakah Anda ingin menerimanya melalui SMS atau telepon.
  • Masukkan kode OTP ke dalam kolom yang tersedia.
  • Jangan lupa Anda harus memberikan izin aplikasi WhatsApp Business ini aga dapat untuk mengakses kontak dan foto di telepon.
  • Untuk membuat akun, Anda harus memasukkan nama bisnis Anda, pilih kategori bisnis, dan pilih gambar profil bisnis.
  • Kemudian, Anda bisa mengetuk Jelajahi dan memilih menu Profil Bisnis untuk membuat profil bisnis.
  • Jangan lupa juga, tambahkan informasi bisnis seperti alamat, deskripsi, jam operasional, dan sebagainya.
  • Dan bisnis Anda bisa diperkenalkan dengan Profil WhatsApp Business. Pengguna pun juga bisa langsung mengirim pesan.

Dapat dikatakan, bahwa WhatsApp Business ini memiliki keunggulan bagi pengguna untuk memaksimalkan setiap bisnis yang akan Anda jalankan. Penggunaan WhatsApp Business ini sama halnya denga WA Personal sama-sama mudah. 

Cara Menggunakan WhatsApp Business agar Lebih Efektif di Tahun 2023

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang dimiliki oleh Meta, dan termasuk aplikasi yang populer dengan lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia.

WhatsApp merespons permintaan yang terus meningkat untuk penggunaan bisnis dengan meluncurkan aplikasi WhatsApp Business pada bulan Januari 2018. Kemudian, WhatsApp Business ini memiliki banyak fitur yang sudah dijelaskan diatas.

Nah, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Business ini agar lebih efektif untuk bisnis Anda di tahun 2023 ini. Berikut ini caranya:

1. Buat Profil Bisnis

Untuk mengembangkan bisnis Anda menggunakan WhatsApp, langkah pertama adalah menginstal Aplikasi WhatsApp Business di smartphone Anda. Untuk cara menginstall, sudah dijelaskan diatas.

Buat profil bisnis Anda dan isi semua detail bisnis Anda seperti nama bisnis, jam buka dan tutup, tautan situs web, kategori bisnis, deskripsi dan alamat bisnis kecil.

Saat pengunjung membuka profil Anda, mereka akan melihat semua informasi mengenai bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan untuk menjangkau Anda atau terlibat untuk konversi.

2. Buat Siaran dan Grup Secara Efektif

Pengelompokan berdasarkan minat dan jenis kelamin dapat membantu untuk membuat siaran Anda

Misalnya, jika Anda memiliki toko pakaian di E-Commerce, maka Anda dapat membuat daftar siaran untuk pria dan wanita.

Salah satu metode yang memungkinkan untuk berbagi tautan produk dengan audiens Anda adalah dengan mengelompokkannya agar lebih menarik.

Hal ini adalah teknik hemat waktu yang memungkinkan menjangkau banyak pelanggan potensial sekaligus!

3. Integrasi WhatsApp di Toko Online

Bahwasannya jika Anda ingin memfasilitasi pengunjung toko online, maka Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk menghubungi Anda.

Dengan menggunakan WhatsApp Business ini, calon konsumen bisa bertanya atau berbagi produk dengan teman atau keluarga melalui WhatsApp langsung dari toko Anda. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan serta mendorong traffik Anda.

Mendorong pengunjung untuk berbagi produk melalui WhatsApp dengan orang yang mereka cintai mungkin bermanfaat karena individu cenderung lebih percaya pada koneksi pribadi daripada pedagang.

4. Sambut Pelanggan dengan Pesan Selamat Datang

Hal ini selalu menyenangkan apabila pemilik bisnis menyapa pelanggan dengan pesan sambutan yang hangat.

WhatsApp menawarkan fitur yang memungkinkan pelanggan menerima pesan ucapan selamat kepada pelanggan setelah mengirim pesan pertama mereka atau setelah 14 hari tidak ada aktivitas.

Adapun langkah-langkahnya : Buka Aplikasi WhatsApp Business Anda – Pergi ke Setting – Sekarang kunjungi alat Bisnis – Aktifkan “Kirim pesan ucapan” dan tulis pesan ucapan Anda.

Sambut Pelanggan dengan Pesan Selamat Datang pada WhatsApp

5. Buat Katalog

Katalog adalah salah satu fitur terbaik WhatsApp Business karena memungkinkan bisnis membuat katalog produk.

Di katalog produk, Anda dapat menambahkan beberapa hal seperti, nama produk, deskripsi kecil, harga suatu produk, tautan halaman produk, memasukan gambar.

Adanya hal ini, pelanggan tidak perlu membuka website untuk mengetahui produk dan dapat memesan dengan mudah menggunakan WhatsApp.

Anda bisa membuat katalog penawaran yang paling populer, loh!

Bahwasannya, memanfaatkan WhatsApp untuk membagikan katalog Anda dengan pelanggan dapat menyederhanakan proses penjualan produk Anda.

6. Manfaatkan Kontak sebagai Leads

Setiap kali Anda mendapatkan pesan dari pelanggan di WhatsApp baik dari situs web atau media sosial Anda, anggap itu sebagai petunjuk. Karena, data adalah kuncinya dan membantu dalam meningkatkan penjualan.

Bahwasannya, memelihara leads yang baru, dapat menghasilkan konversi yang sukses.

Selain itu juga, platform WhatsApp Business ini dikenal dengan antarmuka yang ramah pengguna yang berpotensi meningkatkan perolehan prospek baru.

7. Bagikan Kode Kupon

Setiap kali Anda meluncurkan diskon berdasarkan kode kupon, bagikan informasi tersebut ke semua kontak bisnis WhatsApp Anda.

Karena, pelanggan selalu ingin tahu tentang diskon dan kemungkinan pembelian akan meningkat secara pesat ketika pelanggan mengetahui tentang kode kupon, penawaran, dan diskon tersebut.

8. Gunakan Pesan Cepat

Pesan cepat menghemat banyak waktu dan juga membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Oleh karena itu sangat penting untuk digunakan.

Nah, berikut ini ada beberapa contoh yang harus Anda coba untuk bisnis Anda :

  • “/t” – Terima kasih telah berbelanja dengan kami.
  • “/gm” – Selamat Pagi Pak/Bu, Ada yang bisa kami bantu?
  • “/orderid” – Bisakah Anda mengirimkan id pesanan Anda kepada kami?
  • “/alamat” – Bolehkah kami mengetahui alamat pengiriman Anda?
  • “/ nama” – Bolehkah kami mengetahui nama baik Anda?

Fitur ini dapat membantu mempercepat pertanyaan pelanggan dan meningkatkan waktu pemrosesan pesanan.

Selain itu juga, pesan cepat dapat memberi Anda kesan untuk menawarkan layanan pelanggan yang baik. Hal ini dikarenakan bisnis Anda akan mendapatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

9. Feedback

Pesan WhatsApp memiliki tingkat keterbukaan yang tinggi, yaitu 99%. Meminta feedback melalui pesan WhatsApp setelah penjualan dapat meningkatkan loyalitas, kepercayaan, dan reputasi merek.

Selain itu, jika Anda meminta survei, maka dapat meningkatkan produk dan layanan bisnis dan meningkatkan kepercayaan serta reputasi merek.

10. Sentuhan Personal

Memanfaatkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan dapat menjadi strategi yang bermanfaat bagi bisnis kecil, karena Anda akan berdiskusi dengan calon konsumen tentang kebutuhan mereka dan memberikan nilai atau solusi pada produk yang Anda jual.

Mungkin lebih efektif untuk menggunakan WhatsApp sebagai sarana membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, karena beberapa orang mungkin tidak suka menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

11. Dukungan Pelanggan

Ketersediaan WhatsApp sebagai metode komunikasi dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan pemilik toko.

Hal ini memberi pedagang kesempatan untuk mendorong mereka untuk membeli, menyelesaikan pertanyaan mereka secara instan di platform yang mudah digunakan, hingga akhirnya menguntungkan bisnis Anda.

Anda juga harus bisa membuat chatbot WhatsApp untuk situs web Anda agar dapat membantu mereka dalam membeli produk.

12. Memberi Secara Gratis

Berikan sesuatu secara gratis dengan pembelian dan tingkatkan interaksi dengan pelanggan.Mengirim pesan giveaway atau memposting status cerita dapat meningkatkan bisnis Anda secara besar-besaran.

Selain itu, pemilik bisnis juga bisa menggunakan WhatsApp Stories sebagai alat promosinya.

13. Buat Konten Bermanfaat

Membuat konten yang bermanfaat, informatif, dan mendidik bermanfaat untuk membangun basis pelanggan yang setia.

WhatsApp juga bisa menjadi platform untuk memasarkan konten dan bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan Anda yang membutuhkan informasi atau pengetahuan dari topik bisnis Anda.

Buat Konten Bermanfaat

14. Demokan Produk Anda

WhatsApp Story sangat berguna untuk mewakili demo produk Anda. Selain itu, untuk memberikan demo yang komprehensif, Anda dapat membuat video Youtube dan mengirim tautan video Anda ke WhatsApp. Hal ini menjadi pilihan yang sama baiknya.

15. Memberikan Pemberitahuan

Sebagai pemilik toko E-Commerce, Anda dapat mempertimbangkan untuk meluncurkan penawaran festival selama satu minggu.

Anda akan mengirim pesan ke pelanggan Anda yang sudah ada di WhatsApp dan memberikan pemberitahuan mereka dua hari sebelum peluncuran penawaran festival.

Keistimewaan seperti itu bagi pelanggan membuat mereka merasa istimewa dan memicu loyalitas mereka terhadap brand Anda.

Nah, itu dia penjelasan mengenai cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis Anda. Dengan begitu bisnis Anda akan lebih berkembang di tahun ini ya!

Perbedaan WhatsApp Business dan Biasa

WhatsApp Messenger biasanya melayani tujuan komunikasi pribadi, sedangkan WhatsApp Business melayani pemilik bisnis atau profesional.
Adapun perbedaan dari kedua WhatsApp secara signifikan yaitu :
1. Perbedaan Logo Aplikasi
2. Profil Pengguna
3. Label pada Kontak
4. Keamanan
5. Otomatisasi Pesan
6. Fitur Pesan Siaran (Broadcast)
7. Membuat Katalog
8. Tombol Add to Cart
9. Manajemen Percakapan Bisnis
10. WhatsApp API
11. Statistik Pesan
12. Konektivitas Profil
13 Integrasi Toko Facebook
14. WhatsApp Ads

WhatsApp Business Api Adalah

WhatsApp Dengan dukungan API, Anda bisa mengotomatiskan respons terhadap pertanyaan pelanggan, mengirimkan pesan yang dipersonalisasi, dan bahkan mengintegrasikannya dengan sistem CRM Anda. Ini berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas biasa dan lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis Anda. Dan jangan lupakan fitur-fitur tambahan, seperti menyiapkan profil bisnis, balasan cepat, dan templat pesan. Ini seperti memiliki asisten pribadi yang bekerja 24/7 untuk membuat pelanggan Anda senang.

Similar Posts