
Pasti sudah tidak asing dengan kata “Diskon”, ya kan? Apalagi bagi yang bergemar belanja, karena diskon ini adalah salah satu hal yang disukai.
Ketika toko sedang mengadakan diskon harga, maka calon konsumen akan berbondong-bondong ke mal, supermarket, restoran, dan toko modern untuk mengambil keuntungan dari potongan harga tersebut.
Sehingga dapat diakatakan bahwa diskon atau potongan harga telah menjadi strategi promosi produk yang efektif dalam bisnis.
Telah terbukti, pemilik bisnis kebanyakan menggunakan strategi ini menarik orang.
Dikutip dari sumber reactev, bahwa penetapan harga berbasis diskon adalah strategi yang paling banyak digunakan. Nah, apalagi Anda memiliki toko online, penting untuk mengoptimalkan strategi promosi dengan menetapkan diskon harga.
Dalam dunia e-commerce, pedagang perlu menemukan keseimbangan yang sempurna antara menawarkan nilai yang bagus dan menampilkan produk mereka dengan cara yang penuh gaya dan unik tentunya.
Perlu diketahui bahwa saat Anda menawarkan produk dengan harga tinggi tanpa diskon, kemungkinan besar ada risiko penurunan jumlah pelanggan.
Akan tetapi jika Anda menggunakan strategi diskon harga secara teratur, maka dapat menyebabkan pelanggan menganggap produk tersebut bernilai rendah.
Selain itu juga, saat memberikan diskon pada produk yang ditawarkan, Anda harus bisa mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.
Sering kali saat konsumen yang lagi tidak membutuhkan barang tersebut, dengan melihat label diskon konsumen berubah pikiran. Hal ini dapat menyebabkan pembelian impulsif.
Jadi, adanya penawaran diskon ini bisa meningkatkan belanja mereka. Ketika Anda menerapkan diskon dengan benar dan tepat, maka Anda dapat meningkatkan omzet penjualan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
Selanjutnya, bagaimana strategi pemberian diskon harga yang benar dan menarik tentunya?
Masyarakat lebih menyukai diskon, apalagi yang gemar berbelanja. Karena dengan diskon Anda bisa menghemat pengeluaran.
Sehingga sudah banyak pemilik bisnis yang mulai berlomba-lomba menggunakan strategi diskon harga.
Menurut survei, ada 41 % orang Indonesia menyukai strategi diskon harga, kemudian diikuti cashback yang memiliki persentase 37%, buy 1 get 1 hanya 13%, dan hadiah langsung 8%.
Salah satunya untuk pusat perbelanjaan seperti, supermarket, restoran, dan toko modern yang sering kali menawarkan diskon menarik bagi pelanggannya.
Karena memang tujuan pemberian diskon harga yaitu untuk menarik pembeli ke toko atau pasar tertentu, yang menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan untuk bisnis.
Diskon harga juga sering digunakan untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia atas dukungan mereka.
Selain itu juga, setiap pemilik bisnis mulai dari kecil hingga besar menggunakan strategi ini untuk menawarkan produknya dengan diterapkan melalui potongan harga pada saat pembelian, kode kupon online, dan bahkan pengembalian dana setelah pembelian.
Faktanya, harga diskon mendorong peningkatan pembelian konsumen.
Sehingga, Anda harus bisa memanfaatkan strategi pemasaran ini dengan benar dan tepat agar dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan.
Sesuai dengan sumber hubspot, bahwa penetapan harga diskon ini mengacu pada serangkaian strategi di mana harga suatu produk atau layanan diturunkan demi menarik minat, mengurangi kelebihan stok, dan meningkatkan penjualan.
Diskon tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk diskon persentase, penawaran potongan harga langsung,diskon volume, penawaran multi-pembelian, poin reward, penawaran pengiriman gratis, skema beli sekarang/bayar nanti, dan lain sebagainya.
Dapat dikatakan bahwa menawarkan diskon kepada pelanggan Anda seperti memberikan bantuan kepada mereka. Ketika ditawari penawaran khusus atau promosi, pembeli merasa dihargai dan cenderung kembali lagi di masa depan.
Hal ini berarti bisnis mendapatkan keuntungan dari kebiasaan berulang dalam jangka panjang karena pelanggan bersyukur mereka menerima tawaran tersebut.
Terakhir, yang paling terpenting yaitu ketika menawarkan diskon ada masa periodenya, loh! Karena, saat melakukan penjualan, penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan yang tepat antara diskon dan profitabilitas.
Selain itu juga, Anda tidak boleh berlebihan saat menawarkan diskon, ya!
Bahwasannya, menetapkan strategi diskon berdasarkan kebutuhan bisnis adalah hal yang penting.
Maka dari itu, penting saat memilih strategi diskon, pikirkan bagaimana strategi tersebut selaras dengan tujuan dan minat bisnis Anda.
Berikut ini jenis strategi diskon yang umum sering digunakan oleh perusahaan, baik besar maupun kecil :
Jenis diskon pertama adalah bundling discount, artinya strategi promosi di mana pelanggan ditawarkan diskon ketika mereka membeli beberapa item terkait.
Nah, kadang-kadang strategi ini disebut sebagai “bundling produk”, karena fokus dari strategi ini adalah bagaimana produk dikelompokkan bersama, bukan pada harga individu untuk setiap item.
Diskon dapat berupa harga yang lebih rendah atau item tambahan yang ditambahkan ke pesanan mereka tanpa biaya tambahan.
Lalu, apa sih keuntungannya ?
Keuntungan menggunakan strategi ini sangat banyak yaitu
Namun, ada juga beberapa potensi kerugian dalam menawarkan diskon harga gabungan seperti pesaing yang menawarkan penawaran yang lebih baik.
Intinya, bundled discount adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan melalui pemasaran yang disesuaikan dengan rangkaian atau kelompok produk.
Selain itu juga, bisnis dapat menggunakan diskon untuk menambah nilai pada produk mereka dan menciptakan peluang bagi pelanggan untuk menghemat uang, yang berpotensi memotivasi mereka untuk membeli lebih banyak.
Jenis strategi ini menjelaskan bahwa pelanggan berhak mendapatkan potongan harga ketika mereka membeli produk dalam jumlah besar.
Pelanggan dapat menggunakan diskon ini untuk membeli barang dagangan dalam jumlah yang lebih besar, sehingga menguntungkan penjual dengan menjual secara keseluruhan.
Bahwasannya, melakukan pesanan dalam jumlah besar dengan diskon volume dapat mengurangi biaya bagi penjual karena mengurangi biaya mulai dari pengiriman, pengemasan, dan administrasi.
Selain itu, menawarkan diskon akan membantu menjaga bisnis Anda tetap kompetitif, mengurangi biaya operasional, dan memberi hadiah kepada pelanggan yang sering datang.
Diskon volume biasanya disusun sebagai model penetapan harga berjenjang yang bergantung pada jumlah produk yang dibeli dalam satu waktu. Semakin banyak Anda membeli dalam jumlah besar, semakin besar diskon yang akan Anda dapatkan, loh!
Nah, tujuan dari jenis strategi pemasaran ini adalah untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi pelanggan untuk menghemat uang sekaligus mendorong mereka untuk membeli lebih banyak barang daripada hanya diskon satu barang saja yang ditawarkan.
Beberapa contoh diskon volume yang populer di ritel yaitu ‘Beli satu gratis satu’, ‘Diskon Pesanan Massal’, ‘Diskon Pelanggan Berulang’, dan ‘Penjualan Musiman’.
Pada akhirnya, ketentuan setiap diskon volume akan bervariasi berdasarkan tujuan dan target pasar perusahaan, jadi selalu penting untuk mengetahui penawaran apa saja yang tersedia sebelum melakukan pembelian.
Apa kalian sudah tau apa itu seasonal discounts ?
Diskon musiman atau seasonal discounts adalah penawaran promosi yang disediakan oleh bisnis untuk jangka waktu terbatas untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian produk atau layanan mereka.
Diskon ini dapat berupa potongan harga, kupon, paket khusus, atau bahkan manfaat tambahan seperti pengiriman gratis.
Dengan menawarkan penawaran musiman, perusahaan dapat memaksimalkan penjualan dan pendapatan selama masa puncak pembelian, serta menarik pelanggan baru yang mungkin belum pernah membeli dari mereka.
Diskon musiman sering kali dapat ditemukan di toko pakaian menjelang hari raya seperti Natal dan Hari Valentine, saat pembeli mencari hadiah untuk orang terkasih.
Toserba sering menawarkan diskon untuk barang-barang populer di musim panas sehingga pelanggan dapat menghemat uang untuk barang-barang yang biasanya mereka beli.
Selain itu, restoran dan peritel lainnya akan menggunakan promosi musiman untuk mendapatkan keuntungan selama periode.
Diskon musiman juga semakin banyak digunakan oleh bisnis e-commerce untuk meningkatkan penjualan sepanjang tahun.
Misalnya, peritel mungkin menawarkan diskon ekstra pada Black Friday atau Cyber Monday untuk mendorong pembeli agar memanfaatkan penawaran menarik yang tersedia pada saat itu.
Terlepas dari industrinya, diskon musiman adalah cara yang efektif bagi perusahaan untuk mendorong penjualan dan mendapatkan pelanggan baru tanpa mengorbankan keuntungan terlalu banyak karena mendiskon produk atau layanan.
Bisnis perlu memastikan bahwa mereka memahami bagaimana produk mereka akan tepat sasaran di setiap musim dengan menggunakan strategi pemasaran yang memenuhi preferensi dan kebutuhan pelanggan.
Dengan begitu, promosi ini akan mendapatkan hasil yang sukses.
Sebenarnya, apa manfaat dari strategi diskon harga?
Strategi diskon harga, umumnya dikenal sebagai diskon promosi, dapat menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan pangsa pasar mereka.
Dengan menawarkan pengurangan harga sementara untuk barang dan jasa kepada pelanggan, bisnis dapat menarik pelanggan baru dan menarik pelanggan yang sudah ada untuk membeli lebih banyak barang atau jasa dari mereka.
Selain itu, strategis penetapan harga dapat membantu menciptakan loyalitas yang lebih besar di antara konsumen.
Diskon juga memberikan perusahaan cara yang efektif untuk menyesuaikan harga agar lebih sesuai dengan perubahan permintaan di pasar, namun tetap memungkinkan mereka untuk tetap kompetitif.
Adapun beberapa keuntungan paling signifikan yang ditawarkan oleh diskon harga, yaitu:
Apa saja langkah dasar sebelum membuat strategi diskon harga ?
Sebelum menyusun strategi diskon harga, penting untuk mengambil langkah-langkah seperti berikut:
Pertama adalah mengidentifikasi segmen pelanggan utama. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus pada kelompok orang tertentu dan kebutuhan mereka saat merencanakan diskon.
Kedua, penting untuk menilai bauran diskon produk atau layanan Anda saat ini. Apakah mereka efektif dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan? Apakah mereka memberikan insentif yang cukup?
Setelah itu Anda dapat melanjutkan dengan merancang dan menerapkan rencana diskon khusus Anda.
Ketiga, teliti undang-undang dan peraturan pajak untuk memahami bagaimana undang-undang lokal atau nasional memengaruhi harga dan diskon.
Selain itu, penting juga untuk mengawasi tren pasar untuk memastikan bahwa apa yang Anda tawarkan sesuai dengan lonjakan jangka pendek atau fluktuasi musiman dalam permintaan barang atau jasa yang serupa dengan Anda.
Terakhir, buatlah tim yang didedikasikan untuk memantau pelaksanaan promosi dan menghitung laba atas investasi (ROI) dari promosi tersebut.
Informasi ini dapat sangat membantu saat membuat keputusan tentang perubahan atau perbaikan yang diperlukan untuk strategi diskon di masa mendatang.
Lalu, bagaimana strategi diskon harga agar dapat Anda jual ?
Pemberian harga spesial menawarkan kesempatan untuk mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, sekaligus membuat produk Anda lebih diminati.
Strategi ini bisa berupa diskon sementara untuk barang-barang tertentu atau diskon keseluruhan untuk seluruh pesanan.Baik Anda ingin menghabiskan inventaris atau memberi penghargaan kepada pelanggan setia.
Sehingga, strategi diskon harga ini dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.
Ada banyak strategi diskon yang bisa Anda gunakan untuk menjual produk Anda, seperti berikut ini:
Penjual ecer harus bia menyesuaikan harga produk mereka, misalnya mengurangi harga sebesar 1 rupiah dengan harga Rp 9.990 atau Rp 16.999.
Nah, kenapa para penjual sering menggunakan harga tersebut ya ? Kenapa tidak dibulatkan saja ?
Karena pemberian dengan harga itu disebut dengan harga psikologis.
Salah satu sumber dari shopify, menjelaskan bahwa psychological pricing tujuannya untuk memengaruhi pembelanjaan atau kebiasaan belanja pelanggan dan menghasilkan nilai penjualan yang lebih tinggi.
Pasti dari kalian pernah menjadi korban dari harga psikologis itu, benar kan ? Karena memang Anda percaya bahwa harga produk Rp 9.990 masih termasuk murah dari pada Rp 10.000.
Sehingga, banyak perusahaan atau pebisnis menggunakan strategi ini untuk meningkatkan penjualan produknya.
Pasti bisnis sering menawarkan diskon harga berdasarkan persentase, benar kan ? Nah, penawaran Anda ini termasuk cara yang efektif untuk mendorong pembelian.
Persentase diskon harga yang dapat Anda tawarkan mulai dari 5-10%. Selain itu juga Anda bisa memberikan persentase diskon harga 25%, hingga 75% tujuannya untuk menghabiskan stok produk lama Anda.
Pada dasarnya mempertahankan minat dan penjualan pelanggan sangatlah penting agar menjaga kelangsungan hidup bisnis atau produk Anda.
Nah, strategi pemasaran berperan penting untuk mempertimbangkan dan mempertahankan loyalitas pelanggan, serta mempertahankan penjualan saat mengelola produk.
Ketika Anda memberikan diskon kepada pelanggan, maka Anda perlu membuat cara yang unik yaitu dengan membuat event khusus.
Pada saat Anda mengadakan event tersebut, pelanggan Anda akan mengharapkan penawaran baru dari bisnis Anda. Dengan begitu, cara ini bisa menjadi cara branding yang cukup bagus.
Event yang Anda buat dapat dikaitkan dengan hari libur, hari spesial, atau ulang tahun, dan hari lainnya.
Banyak sekali orang menginginkan produk, tapi gagal untuk dibelinya. Apa ada pernah merasakan hal tersebut ?
Nah, salah satu penyebab disini yaitu biaya pengiriman atau ongkos kirim lebih besar dari pada harga produk yang mereka beli.
Pada dasarnya, menawarkan pengiriman gratis dapat berdampak pada biaya dan keuntungan Anda, loh!
Nah, ketika Anda ingin menawarkan free ongkir, Anda harus mendorong mereka agar membeli produk. Ketika produk atau brand Anda memiliki kualitas yang baik, pelanggan dapat menjadi loyal di masa depan.
Pada bisnis Anda, pelanggan dapat dipertahankan untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda menawarkan pengiriman gratis, maka Anda akan menghasilkan customer lifetime value pelanggan yang lebih tinggi.
Sebagai pemilik bisnis, Anda harus menggunakan strategi free gift ini. Free gift ini merupakan cara yang efektif bagi pemilik bisnis untuk menarik pelanggan.
Karena jika Anda memanfaatkan hadiah gratis ini, maka Anda dapat meningkatkan pesanan produk dan memfasilitasi penjualan produk yang kurang laku.
Anda mungkin bisa menawarkan hadiah gratis yang lebih berharga daripada hanya berupa kupon diskon atau voucher.
Bahwasannya penawaran mingguan dan bulanan ini merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penawaran ini harus dilakukan secara teratur agar pelanggan dapat kembali.
Salah satunya yang melakukan penawaran secara rutin yaitu Blibli.com yang menggunakan auto Black Friday. Artinya, situs tersebut memberikan diskon yang berhubungan dengan otomotif setiap hari jum’at.
Salah satu strategi marketing yang efektif untuk bisnis e-commerce Anda dengan menggunakan daftar email subscriber.
Nah, saat Anda menggunakan strategi subscribe newsletter, Anda bisa menawarkan diskon. Hal ini dapat meningkatkan konversi, dan juga Anda akan mendapatkan email pelanggan potensial.
Menawarkan diskon dan promosi dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda, baik secara online maupun offline. Penawaran itu bisa Anda lakukan hanya dengan membagikan situs website atau media sosial (seperti; Instagram) kepada semua orang.
Cara ini bisa juga disebut dengan social media marketing, artinya tidak bisa dilakukan secara gratis meskipun mempromosikan bisnis Anda hanya dari mulut ke mulut.
Influencer marketing telah ada sejak lama, terlepas dari popularitasnya saat ini.
Ketika berhubungan dengan orang-orang berpengaruh di industri Anda memberi Anda akses ke koneksi pribadi mereka, sehingga bisa memberikan peluang secara eksklusif.
Umumnya, seorang influencer dapat memberikan diskon eksklusif atau kode promo kepada audiens mereka, yang kemudian dapat menukarkannya saat pembelian. Hal ini bisa juga disebut dengan diskon referal.
Banyak pengunjung situs web yang hanya melihat-lihat produk Anda, dan tidak menyelesaikan pembelian.
Nah, dalam hal ini Anda bisa menggunakan iklan penargetan ulang yang dapat efektif mendorong pengguna untuk kembali ke situs web dan menyelesaikan pembelian.
Pada retargeting ini Anda bisa menggunkan iklan Facebook, loh!
Apa yang dimaksud dengan diskon untuk pelanggan baru?
Diskon untuk pelanggan baru hanyalah penawaran dari bisnis untuk memberi insentif kepada orang-orang untuk mencoba layanan atau produk mereka. Hal ini dapat berupa pemberian diskon moneter, tambahan gratis, atau akses ke layanan eksklusif.
Tujuan diskon untuk pelanggan baru adalah untuk membangun loyalitas merek dan meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu.
Diskon untuk pembelian dalam jumlah besar adalah cara bagi bisnis untuk menumbuhkan loyalitas dan membuat pelanggan lebih mungkin untuk kembali.
Diskon dapat berupa potongan harga per unit, biaya pengiriman atau pemrosesan gratis, atau layanan atau produk tambahan yang diberikan tanpa biaya tambahan saat membeli dalam jumlah yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan dari diskon.
Dengan memberikan diskon pembelian dalam jumlah besar, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan sekaligus mempererat hubungan mereka dengan klien dari waktu ke waktu.
Selain itu, insentif ini memungkinkan bisnis untuk mempromosikan produk secara lebih efisien dengan memberikan solusi hemat biaya yang mendorong hak penjualan tanpa harus menunggu siklus penjualan tradisional.
Diskon untuk ulang tahun pelanggan adalah inisiatif untuk memberi penghargaan kepada pelanggan setia dengan diskon dan penawaran khusus pada hari ulang tahun mereka oleh perusahaan.
Ini adalah cara untuk menunjukkan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pelanggan. Jenis program loyalitas ini bertujuan untuk membangun hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
Diskon pembelian dengan metode pembayaran tertentu adalah promosi yang menawarkan pengurangan harga kepada pelanggan saat membeli barang menggunakan metode pembayaran khusus seperti kartu debit, dan dompet digital.
Diskon ini biasanya ditawarkan oleh peritel dan perusahaan sebagai insentif untuk mendorong pelanggan menggunakan metode pembayaran tertentu.
Dengan memberikan potongan harga untuk transaksi tertentu, peritel dapat menarik lebih banyak pelanggan sekaligus mempromosikan penggunaan metode pembayaran non-tunai pilihan mereka.
Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan sekaligus mengurangi biaya yang terkait dengan pemrosesan pembayaran fisik seperti uang kertas dan koin.
Diskon untuk pembelian berulang adalah insentif yang ditawarkan oleh bisnis untuk mendorong pelanggan agar kembali dan melakukan pembelian tambahan.
Dengan menawarkan diskon pembelian berulang, bisnis memberikan penghargaan dan pengakuan atas loyalitas pelanggan yang memiliki beberapa manfaat.
Salah satunya, ini membantu membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan karena mereka mendapatkan imbalan atas dukungan mereka.
Hal ini juga mendorong pelanggan untuk terus membeli dari toko yang sama sehingga meningkatkan pendapatan untuk bisnis baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
Nah, selanjutnya Anda harus bisa menghitung diskon persen ya! Disini kami menjelaskan cara menghitung diskon persennya.
Pada saat menghitung persen diskon, Anda bisa mengurangi harga diskon dari total harga barang.
Perhitungan ini juga dapat diterapkan pada jenis diskon lainnya, misalnya cash back atau beli satu gratis satu.
Berikut ini cara mengetahui rumus agar dapat mengetahui jumlah akhir yang akan dibelanjakan konsumen setelah mendapatkan diskon, terutama diskon dalam bentuk persentase.
Rumusnya adalah diskon= Persen Diskon (%) x Harga Awal, kemudian cara menghitung harga Akhir= Harga Awal – Diskon.
Selanjutnya, rumus kedua ini lebih singkat. Berikut rumusnya; Harga akhir= [100% – Persen Diskon] x Harga Awal.
Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung harga diskon ganda. Contohnya, Anda diberi diskon 20% dan 25%. Nah, artinya ini bukan ditambah jadi 45%, ya!
Caranya, Anda harus mencari nilai persentase diskon pertama, kemudian dikalikan dengan persentase kedua.
Berikut rumusnya; Harga Diskon (yang pertama)= Persentase Diskon (yang pertama) x Harga Awal. Lalu, Harga Diskon (yang kedua) = Persentase Diskon (yang kedua) x Harga Diskon (yang pertama).
Itulah penjelasan mengenai diskon harga, mulai dari pengertian, hingga cara menghitung diskon harga yang benar. Semoga artikel ini bisa membantu bisnis Anda!
Diskon atau potongan harga telah menjadi strategi promosi produk yang efektif dalam bisnis. Tujuan pemberian diskon harga yaitu untuk menarik pembeli ke toko atau pasar tertentu, yang menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan untuk bisnis.
Rumus Diskon Tunggal adalah diskon= Persen Diskon (%) x Harga Awal, kemudian cara menghitung harga Akhir= Harga Awal – Diskon.
Rumus Diskon Ganda adalah Harga akhir= [100% – Persen Diskon] x Harga Awal.
Rumus Diskon Ketiga adalah rumus yang diberi 2 diskon. Berikut rumusnya: Harga Diskon (yang pertama)= Persentase Diskon (yang pertama) x Harga Awal. Lalu, Harga Diskon (yang kedua) = Persentase Diskon (yang kedua) x Harga Diskon (yang pertama).
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.