9 Tips Jualan di Youtube yang Menguntungkan

Promosikan produk dan layanan anda dengan gaya baru melalui jualan di Youtube yang menguntungkan.

Youtube kerap kali digunakan sebagai media hiburan dengan berbagai jenis konten yang memikat dan membuat penonton betah menontonnya.

Meskipun begitu, Youtube juga bisa digunakan sebagai media pemasaran yang menguntungkan dengan menampilkan konten video panjang atau pendek serta disertai konten yang memikat perhatian konsumen.

Namun, untuk memulai jualan di youtube, dibutuhkan cara khusus agar barang anda diminati oleh banyak orang dan menaikkan penjualan.

Karenanya berikut beberapa cara jualan di youtube yang menguntungkan dan bisa dicontoh oleh penjual pemula dan profesional.

buat channel youtube

Buat Channel Youtube

Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai jualan di youtube adalah membuat channel youtube khusus untuk brand dan tidak tercampur dengan akun milik pribadi.

Hal ini akan membuat tampilan channel youtube anda semakin profesional sehingga membuat konsumen berminat untuk mengunjungi dan menonton konten yang disajikan.

Tidak hanya itu, anda juga perlu menghias channel youtube anda dengan membuat logo brand yang relevan dengan akun social media lain yang anda miliki.

Jangan lupa juga untuk melengkapi kolom deskripsi yang berisi penjelasan singkat mengenai brand anda serta alamat yang bisa dihubungi untuk memberikan kesan profesional.

Ada baiknya untuk melakukan verifikasi akun sehingga kanal youtube anda bisa dipasang iklan agar lebih menguntungkan.

pilih jenis konten yang tepat

Pilih Jenis Konten yang Tepat

Apakah Anda berminat untuk memulai saluran YouTube untuk menjual konten Anda? Dengan jutaan orang yang menggunakan youtube, ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memamerkan keahlian Anda dan menghasilkan uang. Namun, bagaimana Anda tahu jenis konten apa yang harus dijual yang akan beresonansi dengan audiens Anda?

YouTube telah menjadi pusat bagi para kreator untuk memamerkan bakat mereka dan menghasilkan uang dari konten mereka. Namun, tidak semua konten sama, dan memilih jenis konten yang tepat untuk dijual dapat membuat atau menghancurkan kesuksesan saluran Anda. Sangat penting untuk memahami audiens Anda dan preferensi mereka untuk membuat konten yang akan terjual.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memilih jenis konten yang tepat untuk jualan di YouTube. Kita akan melihat berbagai faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda, termasuk niche, demografi audiens, dan persaingan.

1. Konten Edukasi

Konten edukasi bisa menjadi ide postingan pertama yang bisa diunggah di kanal youtube brand yang dimiliki, mengingat youtube sudah menjadi tempat baru untuk mencari ilmu tambahan.

youtube upgraded.id

Cara ini juga dilakukan oleh brand Upgraded.id yang menyediakan layanan di bidang digital marketing yang memberikan berbagai konten edukasi yang disukai oleh penontonnya.

Pemberian konten edukasi juga terbilang ampuh karena anda bisa menyelipkan pemasaran barang atau layanan yang dimiliki secara sekilas dan tidak terlihat memaksa, sehingga membuat konsumen lebih berminat untuk menontonnya.

Dalam proses pembuatan konten youtube edukasi untuk brand, anda juga bisa menyiapkan dulu berbagai pilar konten dan kluster yang menyertai dan pastikan sesuai dengan barang yang dimiliki.

Misalnya anda memiliki brand perawatan kulit, maka anda bisa membuat konten edukasi cara merawat kulit bagi pemula, lalu berkembang ke dalam berbagai kluster.

Pastikan juga video tersebut dimasukkan ke dalam playlist khusus agar lebih gampang bagi penonton untuk melihatnya satu persatu.

YouTube telah menjadi media bagi para pembuat konten edukasi untuk berbagi pengetahuan dengan dunia. Jika Anda memiliki hasrat untuk mengajar dan ingin membuat konten edukasi di YouTube, Anda datang ke tempat yang tepat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai:

Jangan lupa juga untuk memahami topik apa yang Anda sukai dan kuasai? Penting untuk memilih topik yang Anda kuasai dan dapat memberikan informasi yang berharga kepada audiens Anda. Hal ini akan membantu Anda menonjol di pasar yang ramai dan memikat pengikut setia.

Sebelum Anda mulai membuat konten, penting untuk membuat rencana. Ini termasuk menentukan format video Anda, durasi, dan frekuensi pengunggahan. Anda juga harus membuat kalender konten untuk memastikan bahwa Anda memiliki jadwal yang konsisten dan tidak kehabisan ide.

Riset juga penting untuk memastikan bahwa konten Anda akurat dan terbaru. Persiapkan konten Anda dengan membuat garis besar dan naskah untuk setiap video. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mencakup semua informasi yang diperlukan.

2. Konten Wawancara

Pengguna youtube tentunya sudah tidak asing dengan konten podcast dimana terdapat dua orang yang saling mengobrol satu sama lain membahas topik tertentu yang relevan.

Anda juga bisa membuat konten podcast sebagai salah satu ide postingan untuk jualan di youtube guna menaikkan brand awareness.

Misalnya saja, anda mengundang seorang ahli, influencer, atau konsumen anda yang sudah merasakan manfaat dari barang anda.

Kemudian gali topik yang relevan mengenai barang dan industri anda dan jadikan sebagai tema pembicaraan di podcast youtube.

Sebaiknya memilih topik yang sedang naik daun di kalangan konsumen untuk menaikkan jumlah penonton serta interaksi di kolom komentar.

Membuat tempat yang nyaman sebagai tempat syuting juga dapat membantu menaikkan jumlah penonton karena tampilan visual yang memikat.

Setelah Anda menentukan topik dan formatnya, saatnya merekam podcast Anda. Anda bisa menggunakan mikrofon dan perangkat lunak perekaman di komputer Anda atau berinvestasi pada perangkat yang lebih canggih jika Anda menginginkan kualitas audio yang lebih tinggi.

Pastikan Anda merekam di tempat yang tenang dengan suara latar belakang yang minimal. Anda juga bisa menambahkan musik atau efek suara untuk menaikkan pengalaman mendengarkan konten youtube.

Apabila proses rekaman sudah dilakukan maka mengedit podcast Anda adalah langkah penting dalam membuat konten berkualitas tinggi.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan untuk memangkas audio, menghapus kesalahan atau jeda, dan menambahkan musik atau efek suara tambahan. Pastikan Anda mendengarkan seluruh episode untuk memastikan alurnya lancar dan memikat.

Setelah podcast Anda direkam dan diedit, saatnya mengunggahnya ke YouTube. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan video untuk membuat gambar statis atau video yang akan diputar saat audio diputar. Pastikan untuk menambahkan judul yang memikat, deskripsi, dan tag yang relevan untuk membantu konten Anda ditemukan oleh pemirsa.

Jangan lupa juga untuk mempromosikan podcast Anda di YouTube sangat penting untuk membangun audiens.

Anda dapat membagikan podcast Anda di social media, berkolaborasi dengan YouTuber lain di niche Anda, dan berinteraksi dengan pemirsa melalui komentar dan streaming langsung. Pastikan juga untuk meminta umpan balik dan saran dari pemirsa untuk meningkatkan kualitas konten Anda.

3. Konten Unboxing

Saat meluncurkan barang terbaru dengan kemasan khusus, maka banyak konsumen yang penasaran dengan isi di dalamnya setelah melihat bungkus barang yang memikat perhatian.

Karenanya sebelum merilis barang tersebut, maka ada baiknya untuk membuat konten unboxing dimana anda menunjukkan isi barang yang dimiliki untuk membuat konsumen semakin terpikat.

Dalam membuat konten unboxing, barang yang Anda pilih adalah kuncinya. Pertimbangkan untuk memilih barang yang populer atau memiliki permintaan yang tinggi di antara audiens Anda.

Anda juga bisa memilih barang yang Anda sukai atau minati secara pribadi. Pastikan barang tersebut adalah sesuatu yang benar-benar dapat Anda bicarakan dan tunjukkan kepada audiens Anda.

Selain itu, sebelum Anda mulai merekam video unboxing Anda, penting untuk merencanakan struktur video. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin mempresentasikan barang dan fitur utama apa yang ingin Anda soroti. Anda juga dapat merencanakan segmen tambahan yang ingin Anda sertakan, seperti ulasan atau demonstrasi cara penggunaan.

Saat tiba waktunya untuk merekam video unboxing Anda, pastikan Anda memiliki pencahayaan dan kualitas suara yang baik. Anda dapat menggunakan ponsel atau kamera untuk merekam video.

Mulailah dengan memperkenalkan barang dan memberikan beberapa informasi latar belakang tentang barang tersebut. Kemudian, buka kemasan secara perlahan, tunjukkan setiap fitur yang ada. Pastikan untuk meluangkan waktu Anda dan memberikan audiens Anda melihat barang dengan baik.

Anda juga bisa membuat konten youtube tanpa wajah yang hanya menampilkan barang anda tanpa menampilkan kreator di baliknya.

Salah satu hal terbaik dari video unboxing adalah Anda dapat menambahkan sentuhan pribadi Anda. Bagikan pemikiran dan pendapat Anda tentang barang tersebut saat Anda membukanya.

Anda juga dapat menambahkan humor Anda sendiri ke dalam video agar video terlihat lebih menyenangkan dan tidak kaku.

Setelah Anda merekam video unboxing Anda, saatnya untuk mengedit dan mempostingnya. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan untuk memotong dan memangkas video, menambahkan musik atau efek suara, dan melakukan penyesuaian lain yang diperlukan.

Saat memposting video, pastikan untuk menyertakan judul dan deskripsi yang akan memikat perhatian audiens Anda.

Terakhir, pastikan untuk mempromosikan video unboxing Anda di saluran social media lainnya. Bagikan video tersebut dengan pengikut Anda dan dorong mereka untuk membagikannya dengan pengikut mereka sendiri.

Anda juga bisa menghubungi merek atau perusahaan yang membuat barang tersebut dan memberi tahu mereka tentang video Anda. Siapa tahu, mereka mungkin akan membagikannya di saluran mereka sendiri!

4. Konten Behind the Scene

Konten di balik layar adalah cara yang bagus untuk memberikan gambaran sekilas tentang proses kreatif Anda kepada audiens, menampilkan tim Anda, dan membangun hubungan dengan pemirsa. Jika Anda tertarik untuk membuat konten di balik layar di YouTube, berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda memulai:

Rencanakan Sebelumnya

Sebelum Anda mulai merekam, luangkan waktu untuk merencanakan konten Anda. Tentukan apa yang ingin Anda tampilkan dan bagaimana Anda ingin menyajikannya. Pertimbangkan untuk menggunakan storyboard atau daftar pengambilan gambar agar tetap terorganisir selama pembuatan film.

Pilih Peralatan yang Tepat

Untuk membuat konten di balik layar yang berkualitas tinggi, Anda memerlukan peralatan yang tepat. Kamera, mikrofon, dan pengaturan pencahayaan yang baik dapat membuat perbedaan besar.

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, tetapi berinvestasi dalam peralatan berkualitas dapat membantu Anda menghasilkan konten yang terlihat profesional.

Tunjukkan Proses Anda

Salah satu alasan utama orang menyukai konten di balik layar adalah karena konten tersebut memberi mereka gambaran tentang bagaimana sesuatu dibuat.

Jadi, pastikan untuk menampilkan proses kreatif Anda, baik itu merekam video, merekam podcast, atau mendesain barang.

Hal ini dapat membantu audiens Anda merasa lebih terhubung dengan merek Anda dan menghargai kerja keras yang dilakukan untuk membuat konten Anda.

Jadilah Otentik

Konten di balik layar adalah tentang keaslian, jadi jangan takut untuk menunjukkan diri Anda yang sebenarnya.

Jadilah diri Anda sendiri, tunjukkan kepribadian Anda, dan biarkan audiens Anda melihat sisi manusiawi dari merek Anda. Hal ini dapat membantu Anda membangun kepercayaan dan hubungan yang lebih kuat dengan pemirsa.

Edit dengan hati-hati

Setelah Anda merekam konten di balik layar, luangkan waktu untuk mengeditnya dengan hati-hati. Potong rekaman yang tidak perlu, tambahkan musik atau efek suara, dan pastikan barang akhirnya dipoles dengan baik. Ingat, kualitas konten Anda dapat membuat perbedaan besar dalam penerimaannya oleh audiens.

Promosikan Konten Anda

Terakhir, jangan lupa untuk mempromosikan konten di balik layar Anda. Bagikan di saluran social media Anda, sertakan dalam buletin email, dan dorong pemirsa untuk berlangganan saluran YouTube Anda. Semakin sering Anda mempromosikan konten Anda, semakin besar kemungkinannya untuk dilihat dan dihargai oleh audiens Anda.

ketahui pesan yang ingin disampaikan

Ketahui Pesan yang Hendak Disampaikan

YouTube adalah media yang ampuh untuk berbagi pesan, baik untuk mempromosikan barang atau layanan, berbagi pengetahuan atau hiburan.

Namun, menyampaikan pesan secara efektif di YouTube bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama dengan banyaknya persaingan. Berikut ini beberapa tips tentang cara menyampaikan pesan dalam konten YouTube:

1. Tentukan Pesan Anda

Sebelum Anda mulai membuat konten, penting untuk menentukan pesan Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri, apa yang ingin Anda sampaikan kepada audiens Anda? Pesan apa yang Anda ingin mereka ambil dari konten Anda? Menentukan pesan Anda akan membantu Anda membuat konten yang jelas, ringkas, dan relevan dengan audiens Anda.

Selain itu, anda juga perlu membedakan pesan yang berisi edukasi atau promosi barang untuk memengaruhi isi konten yang diberikan.

2. Gunakan Visual untuk Menaikkan Pesan Anda

Visual adalah alat yang ampuh untuk menyampaikan pesan di YouTube. Gunakan gambar, grafik, dan video untuk menyempurnakan pesan Anda dan membuatnya lebih memikat.

Visual dapat membantu memecah blok teks yang panjang, membuat ide yang rumit menjadi lebih gamoang dipahami, dan menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi audiens Anda.

3. Buatlah Sederhana dan Ringkas

Pesan Anda harus mudah dimengerti dan ringkas. Hindari menggunakan jargon teknis atau bahasa yang rumit yang dapat membingungkan audiens Anda.

Sebaliknya, gunakan bahasa sederhana yang mudah dimengerti, dan langsung ke intinya. Jaga agar video Anda tetap singkat dan langsung pada intinya untuk mempertahankan perhatian audiens Anda.

4. Gunakan Teknik Bercerita

Bercerita adalah cara yang ampuh untuk menyampaikan pesan di YouTube. Gunakan teknik bercerita untuk membuat narasi yang terhubung dengan audiens Anda secara emosional.

Hal ini dapat dilakukan melalui cerita pribadi, studi kasus, atau contoh yang mengilustrasikan pesan Anda. Bercerita dapat membantu menciptakan pengalaman yang lebih memikat dan berkesan bagi audiens Anda.

5. Terlibat dengan Audiens Anda

Libatkan audiens Anda dengan mendorong mereka untuk memberikan komentar, mengajukan pertanyaan, dan berbagi pemikiran.

Tanggapi komentar dan umpan balik, dan gunakan umpan balik ini untuk menaikkan konten Anda di masa mendatang. Berinteraksi dengan audiens Anda akan membantu menciptakan rasa kebersamaan dan membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

tunjukkan keunikan produk

Tunjukkan Keunikan Produk

Di era digital saat ini, YouTube telah menjadi media yang ampuh bagi bisnis untuk memamerkan barang dan layanan mereka. Namun, dengan banyaknya video yang diunggah setiap menitnya, mungkin sulit untuk tampil beda dari yang lain. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa tips dan trik untuk membantu Anda menunjukkan keunikan barang Anda di YouTube.

1. Sorot Fitur Unik

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan keunikan barang Anda adalah dengan menyoroti fitur-fitur uniknya. Pastikan untuk menyertakan foto close-up barang Anda dan fokus pada apa yang membuatnya berbeda dari pesaing. Gunakan bahasa yang deskriptif dan memikat untuk menjelaskan bagaimana barang Anda menonjol dari yang lain.

2. Peragakan Produk

Menunjukkan produk Anda dalam aksi adalah salah satu cara paling efektif untuk menunjukkan keunikannya. Gunakan video berkualitas tinggi untuk mendemonstrasikan cara kerja produk Anda dan bagaimana produk tersebut dapat memecahkan masalah bagi audiens Anda. Pastikan untuk fokus pada manfaat produk Anda, bukan hanya pada fitur-fiturnya.

3. Gunakan Testimoni dan Ulasan

Menyertakan testimoni dan ulasan dari pelanggan yang puas adalah cara yang bagus untuk menunjukkan keunikan produk Anda. Gunakan testimoni video untuk menunjukkan bagaimana produk Anda telah membantu orang lain dan bagaimana produk Anda menonjol dari pesaing. Pastikan untuk meminta izin sebelum menggunakan rekaman pelanggan.

4. Berkolaborasi dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer adalah cara lain yang bagus untuk menunjukkan keunikan produk Anda. Temukan influencer di niche Anda yang mempunyai banyak pengikut dan minta mereka untuk mengulas produk Anda. Ini akan memberikan eksposur produk Anda ke audiens yang lebih luas dan membantu Anda menonjol dari persaingan.

buat konten story telling di youtube

Buat Konten Storytelling di Youtube

YouTube adalah salah satu media paling populer bagi para pembuat konten untuk menampilkan bakat mereka dan terhubung dengan audiens mereka. Salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens Anda adalah melalui storytelling. Berikut ini beberapa tips tentang cara membuat konten bercerita di YouTube:

1. Kenali Jenis Cerita Anda

Langkah pertama dalam membuat konten mendongeng di YouTube adalah mengidentifikasi cerita Anda. Ini bisa berupa pengalaman pribadi, kisah fiksi, atau cerita tentang orang lain. Setelah Anda mempunyai cerita, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat membuatnya berhubungan dengan audiens Anda. Emosi apa yang ingin Anda bangkitkan? Pesan apa yang ingin Anda sampaikan?

2. Buat Naskah

Setelah Anda mempunyai cerita Anda, saatnya untuk membuat naskah. Ini akan membantu Anda tetap terorganisir dan memastikan bahwa Anda mencakup semua poin penting. Pastikan naskah Anda memikat dan mudah diikuti. Gunakan bahasa deskriptif untuk membantu audiens Anda memvisualisasikan adegan dan karakter.

3. Latih Cara Penyampaian Anda

Penyampaian adalah kunci dalam bercerita di YouTube. Latihlah penyampaian Anda untuk memastikan Anda berbicara dengan jelas dan dengan kecepatan yang tepat. Gunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh untuk menyampaikan emosi dan memikat perhatian audiens Anda.

4. Libatkan Pemirsa Anda

Melibatkan audiens Anda sangat penting dalam hal mendongeng di YouTube. Doronglah penonton Anda untuk berbagi cerita dan pengalaman mereka sendiri di bagian komentar. Tanggapi komentar dan pertanyaan mereka untuk membangun hubungan dan membuat mereka tetap terlibat.

gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Gunakan Gaya Bahasa yang Mudah Dipahami

Saat hendak membuat konten jualan di youtube, anda juga perlu memerhatikan gaya bahasa yang akan digunakan sehingga lebih mudah dipahami oleh penonton.

Sebelum membuat konten untuk YouTube, penting untuk memilih gaya bahasa yang tepat yang sesuai dengan merek dan target pemirsa Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih gaya bahasa yang tepat sebelum membuat konten YouTube.

1. Pahami Target Audiens Anda

Langkah pertama dalam memilih gaya bahasa yang tepat adalah memahami target audiens Anda. Siapa mereka? Apa minat mereka? Bahasa apa yang mereka gunakan? Dengan memahami target audiens Anda, Anda dapat memilih gaya bahasa yang sesuai dengan mereka. Misalnya, jika target audiens Anda adalah remaja, Anda mungkin ingin menggunakan gaya bahasa yang lebih informal.

2. Tentukan Brand Voice

Suara merek Anda adalah kepribadian dari merek Anda. Ini adalah cara Anda berkomunikasi dengan audiens Anda dan bagaimana mereka memandang Anda.

Sebelum membuat konten YouTube, penting untuk menentukan suara merek Anda. Apakah Anda adalah merek yang menyenangkan dan energik? Atau apakah Anda merek yang serius dan informatif? Setelah Anda menentukan suara merek Anda, Anda dapat memilih gaya bahasa yang sesuai dengannya.

3. Pilih Gaya Bahasa yang Tepat

Setelah Anda memahami target audiens Anda dan menentukan suara merek Anda, sekarang saatnya memilih gaya bahasa yang tepat. Ada beberapa gaya bahasa yang dapat dipilih, termasuk:

Gaya Bahasa Formal

Gaya bahasa formal digunakan dalam lingkungan profesional dan ditandai dengan kosakata dan tata bahasa yang kompleks. Gaya bahasa ini paling cocok untuk konten yang bersifat informatif dan edukatif.

Gaya Bahasa Informal

Gaya bahasa informal digunakan dalam suasana santai dan ditandai dengan kosakata dan tata bahasa yang sederhana. Gaya bahasa ini paling cocok untuk konten yang menghibur dan memikat penonton.

Gaya Bahasa Percakapan

Gaya bahasa percakapan digunakan dalam percakapan sehari-hari dan ditandai dengan nada yang ramah dan mudah didekati. Gaya bahasa ini paling cocok untuk membangun hubungan dengan audiens Anda.

Gaya Bahasa Teknis

Gaya bahasa teknis digunakan dalam bidang khusus dan ditandai dengan kosakata dan jargon khusus industri. Gaya bahasa ini paling cocok untuk konten yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang subjek tertentu.

tingkatkan kualitas video

Tingkatkan Kualitas Video

Dengan maraknya konten video di tempat ini, sangat penting untuk memastikan bahwa video Anda berkualitas tinggi agar terlihat menonjol di antara yang lain. Berikut ini adalah daftar langkah-langkah yang harus dilakukan jika Anda ingin menaikkan kualitas video di saluran YouTube Anda:

1. Berinvestasi dalam Kamera Berkualitas Tinggi

Langkah pertama untuk meningkatkan kualitas video Anda adalah berinvestasi pada kamera berkualitas tinggi. Meskipun ponsel pintar dapat menghasilkan video yang layak, namun kualitasnya tidak sebanding dengan kualitas kamera profesional. Carilah kamera dengan resolusi dan frame rate yang tinggi untuk memastikan video Anda tajam dan halus.

2. Tingkatkan Pengaturan Pencahayaan Anda

Pencahayaan sangat penting dalam hal kualitas video. Pencahayaan yang buruk dapat membuat video Anda terlihat kusam.

Berinvestasilah dalam pengaturan pencahayaan yang akan membantu Anda mendapatkan tampilan yang Anda inginkan. Anda dapat memulai dengan pengaturan pencahayaan tiga titik dasar, yang meliputi lampu utama, lampu pengisi, dan lampu latar.

3. Gunakan Mikrofon yang Baik

Kualitas suara sama pentingnya dengan kualitas video. Mikrofon yang baik akan membantu Anda menangkap audio yang jernih dan menghilangkan kebisingan latar belakang. Anda dapat memilih antara mikrofon lavalier, mikrofon shotgun, atau mikrofon kondensor, tergantung kebutuhan Anda.

4. Mengedit Video Anda

Mengedit video Anda dapat membuat perbedaan besar dalam kualitasnya secara keseluruhan. Gunakan perangkat lunak pengeditan untuk memangkas rekaman Anda, menambahkan transisi, dan mengoreksi warna video Anda. Anda juga dapat menambahkan musik dan grafik untuk membuat video Anda lebih menarik.

interaksi dengan konsumen

Interaksi dengan Konsumen

Interaksi dengan penonton di Youtube juga menjadi bagian penting untuk membantu meningkatkan jumlah penonton serta membangun hubungan dengan audience.

Pendekatan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan brand awareness sehingga merk anda akan dikenal oleh banyak orang.

Karenanya berikut beberapa tips melakukan interaksi dengan konsumen di youtube bagi kreator atau pengelola akun youtube brand

1. Menanggapi Komentar

Salah satu cara termudah untuk berinteraksi dengan audiens Anda di YouTube adalah dengan menanggapi komentar. Baik itu pertanyaan, pujian, atau keluhan, pastikan untuk membalas setiap komentar secara tepat waktu dan ramah. Hal ini akan menunjukkan kepada audiens Anda bahwa Anda peduli dengan pendapat mereka dan menghargai umpan balik mereka.

2. Buat Konten yang Menarik

Kunci untuk berinteraksi dengan audiens Anda di YouTube adalah dengan membuat konten yang menurut mereka menarik dan menghibur. Baik itu video panduan, ulasan produk, atau tampilan di balik layar bisnis Anda, pastikan untuk membuat audiens Anda tetap terlibat dengan menyediakan konten yang berharga dan menarik.

3. Gunakan Analisis YouTube

YouTube Analytics adalah alat yang ampuh untuk membantu Anda memahami audiens dan perilaku mereka. Gunakan alat ini untuk melacak penayangan video, keterlibatan, dan demografi audiens Anda. Data ini dapat membantu Anda membuat konten yang lebih bertarget yang sesuai dengan audiens Anda.

4. Berkolaborasi dengan YouTuber Lain

Berkolaborasi dengan YouTuber lain adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan berinteraksi dengan pemirsa baru. Temukan kreator lain di niche Anda dan hubungi mereka untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk berkolaborasi dalam sebuah video. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan dengan kreator lain dan memperluas audiens Anda.

5. Mengadakan Youtube Live Streaming

Youtube live streaming adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens Anda secara real-time. Anda dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan, memamerkan produk baru, atau sekadar mengobrol santai dengan pemirsa. Pastikan untuk mempromosikan siaran langsung Anda terlebih dahulu dan dorong audiens Anda untuk berpartisipasi.

promosi di social media

Promosi di Social Media

Jika Anda ingin memperluas jangkauan channel YouTube Anda, maka promosi melalui social media adalah salah satu cara paling efektif. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips tentang cara mempromosikan channel YouTube melalui social media.

1. Gunakan Media yang Tepat

Pilih platform yang paling sesuai dengan audiens target Anda. Jika target audiens Anda adalah generasi muda, maka Instagram dan TikTok bisa menjadi pilihan yang tepat. Sementara itu, jika target audiens Anda lebih tua, maka Facebook dan Twitter mungkin lebih cocok.

2. Buat Konten yang Menarik

Sebelum mempromosikan channel YouTube Anda melalui social media, pastikan konten yang Anda buat menarik dan relevan bagi audiens target Anda.

Buatlah video yang bermanfaat dan menarik perhatian, sehingga orang-orang akan lebih tertarik untuk menonton video Anda.

3. Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag adalah cara yang bagus untuk memperluas jangkauan konten Anda di social media. Gunakan hashtag yang relevan dengan konten Anda dan pastikan hashtag tersebut populer di platform media sosial yang Anda gunakan.

4. Berikan Preview Video

Berikan preview video di media sosial yang dapat memancing minat audiens target Anda. Preview video ini bisa menjadi cuplikan menarik dari video YouTube Anda yang akan memotivasi orang untuk menonton video dengan lengkap di channel YouTube Anda.

5. Berikan Tautan ke Channel YouTube Anda

Jangan lupa untuk memberikan tautan ke channel YouTube Anda di setiap postingan yang Anda buat di media sosial. Hal ini akan memudahkan audiens Anda untuk menemukan channel YouTube Anda dan menonton video Anda.

6. Gunakan Iklan Berbayar

Jika Anda ingin mempercepat proses promosi, gunakan iklan berbayar di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube. Iklan berbayar dapat membantu Anda mencapai audiens yang lebih besar dan menarik minat mereka untuk menonton video Anda.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like