Instagram Reels Ads : Cara Baru Jangkau Audience Anda

Maksimalkan promosi bisnis anda di Instagram dengan menggunakan Instagram reels ads yang memikat perhatian.

Pengguna Instagram tentunya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan fitur Instagram reels, dimana anda bisa melihat berbagai konten video pendek dari berbagai kreator yang memiliki minat yang sama dengan anda.

Fitur yang “terinspirasi” dari Tiktok ini telah mampu memikat penggunanya untuk terus berlama-lama menonton konten tersebut bahkan membuat video sendiri dengan layanan yang dimiliki.

Antusiasme pengguna Instagram reels yang terus meningkat, menjadikan platform ini merilis layanan baru bernama iklan reels, dimana kreator bisa memasarkan konten atau produk dan layanan mereka di Instagram melalui video pendek.

Hasilnya, kreator dapat menjangkau penonton yang lebih luas, interaksi yang lebih tinggi, serta meningkatkan jumlah pengikut.

Namun, sebelum menggunakan Instagram reels ads untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada baiknya anda mengetahui lebih dalam mengenai layanan berikut serta cara menggunakannya.

apa itu instagram reels ads

Apa Itu Instagram Reels Ads

Saat menggunakan fitur Instagram reels, terkadang pengguna mendapatkan jeda sejenak berupa tampilan iklan video dengan durasi yang sama dengan ide konten yang berbeda.

Sehingga secara tidak sadar, anda akan melihat iklan dengan konsep yang unik dan menarik, serta membuat anda tertarik untuk melihat lebih dalam mengenai produk atau layanan yang ditawarkan.

Instagram reels ads merupakan penempatan iklan di Instagram yang memungkinkan kreator untuk memasarkan barang yang dimiliki.

Layanan ini diluncurkan pada pertengahan Juni 2021 setelah di uji coba pada berbagai negara terlebih dahulu, seperti Brazil dan Australia.

Instagram sendiri menuturkan bahwa iklan reels adalah tempat terbaik untuk menjangkau lebih banyak orang yang belum mengikuti anda guna meningkatkan jangkauan yang lebih luas, sehingga merk anda bisa ditemukan oleh target konsumen yang diinginkan.

Tidak hanya itu, layanan Instagram reels ads juga memungkinkan sebuah usaha untuk memberikan inspirasi bagi lebih banyak orang dalam membuat konten video pendek.

manfaat menggunakan instagram reels ads

Manfaat Menggunakan Instagram Reels Ads

Apakah Anda sedang mencari cara baru untuk mempromosikan bisnis atau merek Anda di media sosial? Sudahkah Anda mencoba menggunakan Instagram Reels ads?

Dengan maraknya konten video berdurasi pendek, Instagram Reels telah menjadi fitur populer di platform ini, dan sekarang bisnis dapat memanfaatkan tren ini dengan upaya periklanan mereka.

Dengan tambahan Instagram reels ads, bisnis sekarang dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan produk atau layanan mereka melalui format yang menarik ini.

Menggunakan Instagram Reels Ads dapat memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang ingin memperluas jangkauan dan berinteraksi dengan audiens mereka.

Dari peningkatan kesadaran merek hingga tingkat konversi yang lebih tinggi, format iklan ini dapat membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran mereka.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi manfaat utama menggunakan Instagram Reels Ads dan bagaimana mereka dapat membantu bisnis Anda sukses di media sosial. 

1. Tampilan Instagram Reels Ads Dalam Bentuk Vertikal

Salah satu keunggulan dari Instagram reels ada adalah bentuk tampilan yang menyerupai Instagram story, sehingga penonton dapat melihat dengan jelas mengenai produk dan layanan yang dipasarkan karena ukuran yang lebih luas.

Tidak hanya itu, penempatan Instagram reels ads yang biasanya muncul di tengah-tengah konten, juga menjadi nilai tambah bagi kreator.

Dimana pengguna mendapatkan jeda sejenak dengan melihat konten promosi dari produk atau layanan yang disukai, sehingga penonton bisa lebih fokus pada promosi yang disuguhkan.

Hal ini seperti anda menonton televisi kemudian muncul iklan di tengah-tengah siaran langsung yang akhirnya menjadikan anda fokus pada konten promosi yang disuguhkan. Durasi yang pendek juga membuat penonton tidak merasa bosan dan lebih fokus pada iklan tersebut.

2. Kemudahan Meningkatkan Interaksi dengan Target Audience

Bagi kreator akun Instagram brand baru yang belum memiliki pengikut, biasanya akan kesulitan untuk mendapatkan interaksi yang lebih tinggi dengan target audience.

Hal ini wajar terjadi mengingat akun Instagram brand yang anda miliki belum terlalu terkenal, sehingga orang-orang kurang berminat untuk melakukan interaksi dua arah.

Akan tetapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan Instagram reels ads, mengingat layanan promosi ini juga menyediakan fitur komentar, tanda suka, dan bagikan.

Sehingga saat penonton menyukai konten anda dan berniat melakukan interaksi, maka penonton bisa memberikan balasan di kolom komentar atau membagikannya ke teman yang memiliki minat yang sama.

Cara ini tentunya akan membantu meningkatkan interaksi dengan target audience, sehingga membuka peluang untuk meningkatkan jumlah pengikut yang lebih banyak.

3. Algoritma Instagram Menyukai Reels

Konten video pendek menjadi salah satu postingan yang disukai oleh pengguna social media karena anda dapat melihat video hiburan atau edukasi dengan konsep yang menarik sehingga tidak merasa bosan.

Di sisi lain, peluncuran Instagram reels juga diharapkan dapat menaikkan durasi penggunaan instagram yang lebih lama dibandingkan sebelumnya, sehingga pengguna tidak berpaling ke social media lain.

Alasan inilah yang menjadi alasan mengapa konten reels yang menggunakan optimasi yang tepat dapat menjangkau target audience dan interaksi yang lebih tinggi sebab algoritma Instagram lebih tertarik ke reels.

Keuntungan inilah yang bisa dimanfaatkan oleh kreator atau pengiklan untuk memasarkan produk atau layanannya menggunakan Instagram reels ads guna mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dibandingkan memakai iklan biasa.

Penggunaan Instagram reels ads juga membuka peluang untuk lebih viral, sehingga membantu meningkatkan brand awareness.

4. Konten Promosi yang Lebih Kreatif dan Menarik

Proses pembuatan iklan untuk social media seringkali menjad tantangan bagi kreator, mengingat anda harus bersaing dengan kompetitor lain yang memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak serta ide konten yang menarik.

Sehingga tidak mengherankan apabila proses pembuatan konten iklan di social media juga membutuhkan analisa minat konsumen serta ide konten yang menarik yang sama dengan promosi konvensional.

Apalagi Instagram juga menyediakan fitur pemilihan audience berdasakan usia, gender, jangkauan, serta usia penggunanya.

Untungnya saja, proses pembuatan iklan di Instagram juga terasa lebih mudah sebab tersedia berbagai fitur tambahan, seperti tambahan caption, stiker link, serta audio yang membuat konten promosi terasa lebih menarik untuk dilihat lebih lama.

Selain itu, apabila sudah menemukan konsep iklan yang tepat, maka iklan anda tidak akan terasa membosankan bahkan membuat penonton tertarik untuk mengunjungi akun Instagram yang anda miliki.

5. Biaya Promosi yang Lebih Rendah

Di saat memperbincangkan proses pembuatan promosi menggunakan Iklan, pemilik usaha biasanya akan memirkan budget biaya yang dikeluarkan untuk sebuah iklan.

Proses perencanaan ini dilakukan mengingat Instagram juga menerapkan biaya yang berbeda untuk setiap iklan yang diunggah, tergantung dari luasnya jangkauan iklan, jumlah target audience yang dituju, serta durasi peredarannya.

Semakin detail target audience serta durasi penayangan iklan, maka biaya yang dikeluarkan tentunya akan lebih besar.

Hal ini tentunya mau tak mau membuat pemilik usaha akhirnya memangkas biaya pembuatan iklan, sehingga hasil yang diinginkan terlihat seadanya dan kurang menarik di mata penonton.

Akan tetapi, masalah ini biasa diatasi apabila anda menggunakan fitur Instagram reels ads untuk promosi di social media, sebab anda bisa menggunakan layanan yang dimiliki untuk mengedit iklan menjadi lebih menarik dengan biaya yang minimal.

Meskipun begitu, anda juga sebaiknya menyiapkan dana yang mencukupi untuk berlangganan aplikasi berbayar guna mendapatkan hasil konten yang lebih baik, menyewa model profesional, atau menyewa alat untuk mendapatkan hasil yang diinginkan

Tips dan trik instagram reels ads yang perlu diketahui

Tips dan Trik Instagram Reels Ads yang Perlu Diketahui

Apakah Anda mencari cara untuk membuat Instagram Reels ads Anda menonjol dari yang lain? Dengan maraknya konten video berdurasi pendek, penting untuk memastikan iklan Anda menarik dan mudah diingat.

Instagram Reels dengan cepat menjadi platform populer bagi bisnis untuk memamerkan merek dan produk mereka.

Namun, dengan begitu banyak iklan yang membanjiri platform, mungkin sulit untuk membuat konten yang sesuai dengan audiens target Anda.

Untuk membuat iklan Instagram Reels yang sukses, Anda perlu memahami fitur unik platform dan cara menggunakannya untuk keuntungan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan tip dan trik untuk membantu Anda membuat Instagram Reels ads  yang menarik dan efektif yang akan menarik perhatian audiens Anda dan mendorong keterlibatan.

Baik Anda baru mengenal iklan di Instagram Reels atau ingin meningkatkan strategi yang sudah ada, tips ini akan membantu Anda membuat konten yang menonjol dalam lanskap digital yang ramai. 

1. Cara Kerja Instagram Reels Ads

Setahun setelah peluncuran fitur reels, Instagram memanfaatkan kepopuleran konten ini dengan meluncurkan layanan iklan video pendek dengan harapan membantu kreator dan brand dapat lebih mudah ditemukan oleh target audience dan menjangkau jumlah pengguna yang lebih banyak.

Di sisi lain, keberadaan iklan video pendek juga dianggap menguntungkan bagi Instagram sebagai sumber pendapatan baru dari iklan yang digunakan oleh banyak pengguna di seluruh dunia.

Jika anda telah terbiasa menggunakan iklan instagram story, maka anda tidak akan kesulitan dalam memahami cara kerja instagram reels ads yang hampir sama.

Dimana pengguna akan disuguhkan instagram reels ads yang muncul saat anda melihat konten video pendek dari tab khusus atau halaman Instagram explore.

Selain itu, sebagian besar jenis iklan yang disuguhkan  juga biasanya berasal dari hasil kegiatan anda di Instagram, seperti menyukai konten dari kreator tertentu atau melakukan pencarian mengenai akun brand, sehingga Instagram akan menyesuaikan iklan berdasarkan topik yang anda sukai.

Tidak hanya itu, tampilan instagram reels ads juga disajikan dalam bentuk vertikal, sehingga memudahkan untuk melihat detail produk yang diincar.

Durasi video instagram reels ads yang disajikan dalam waktu 30 detik juga akan menjadikan penonton tidak merasa bosan, serta kemudahan interaksi dengan menambahkan komentar, tanda suka, atau bagikan ke orang lain yang memiliki minat yang sama.

Cara ini tentunya akan membantu meningkatkan atau menghentikan interaksi, jika iklan disajikan dalam format video yang kurang tepat serta ide konten yang disajikan kurang disukai oleh target audience.

2. Cara Memasang Instagram Reels Ads

Apakah Anda ingin memperluas jangkauan bisnis Anda di media sosial? Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif, Instagram adalah platform yang sempurna untuk memamerkan produk atau layanan Anda. Tetapi sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan iklan Instagram Reels untuk menjangkau audiens yang lebih luas?

Instagram Reels adalah fitur yang relatif baru yang memungkinkan pengguna membuat video pendek dan menarik. Dengan cepat menjadi alat yang populer bagi bisnis untuk memamerkan merek mereka dengan cara yang kreatif. Namun, banyak bisnis yang masih belum mengetahui cara memanfaatkan peluang iklan yang ditawarkan oleh Instagram Reels.

Instagram Reels Ads dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan dengan merek Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses pemasangan iklan Instagram Reels dan memberikan tips tentang cara membuatnya efektif.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memasang Instagram reels ads adalah merancang ide konten terlebih dahulu dengan memerhatikan tujuan promosi, barang yang hendak disorot, serta cerita yang digunakan, sehingga penonton dapat memahami pesan yang hendak disampaikan.

Setelah proses perancangan selesai, anda bisa memulai pengambilan video, baik di dalam atau di luar ruangan, sesuai dengan ide cerita yang dimiliki.

Jangan lupa juga untuk mengedit video guna mendapatkan hasil iklan yang diinginkan, anda bisa menggunakan aplikasi edit video yang bisa dijalankan di komputer atau handphone.

Pastikan juga untuk memeriksa ukuran video guna mendapatkan hasil iklan yang sesuai serta mampu menarik perhatian penonton.

Anda juga bisa menambahkan audio yang relevan agar iklan anda tidak terasa membosankan saat diputar oleh penonton.

Langkah kedua yang bisa dilakukana apabila konten iklan sudah siap adalah meriliskan di Instagram, namun anda perlu melakukan beberapa tahapan agar promosi anda dapat menjangkau target audience yang diinginkan.

instagram reels ads manager

Caranya adalah masuk ke dalam Facebook Ads Manager untuk memilih dan memilah target audience yang diinginkan serta tujuan iklan.instagram ads reels campaign

Setelah memilih tujuan yang diinginkan serta memberikan nama pada campaign iklan, maka tambahkan juga kategori yang relevan serta biaya iklan yang akan dihabiskan setiap hari, anda bisa menggunakan biaya terendah apabila baru pertama kali menggunakan Instagram reels ads atau mengatur biaya yang dikeluarkan jika sudah membuat iklan berkali-kali.

instagram reels ads target audience

Anda juga sebaiknya memasang durasi penayangan iklan serta memilah dan memilih target audience yang diperlukan untuk mendapatkan hasil promosi yang lebih maksimal.

new instagram target audience

Apabila anda hendak menjangkau target audience yang berbeda dibandingkan biasanya, maka anda dapat mengukur mengubahnya melalui parameter iklan guna memilih target audience baru yang diinginkan.

Pastikan juga untuk menyimpan target audience yang dipilih agar bisa digunakan di kemudian hari sehingga memudahkan anda untuk membuat iklan yang lebih maksimal.

instagram reels ads placements

Langkah ketiga yang perlu diperhatikan dalam membuat instagam reels ads adalah memastikan penempatan iklan, dimana anda memiliki dua opsi, yakni penempatan secara manual atau otomatis.

Apabila anda memilih penempatan otomatis, maka Facebook akan memilih dimana iklan anda hendak ditempatkan, sayangnya hal ini tidak termasuk instagram reels ads, sehingga anda sebaiknya memilih secara manual.

Langkah terakhir yang bisa dilakukan setelah sebelum memasang Instagram reels ads adalah memastikan iklan anda aman untuk diedarkan, mengingat Instagram memiliki peraturan yang ketat mengenai postingan di Instagram.

Caranya adalah dengan masuk ke dalam pengaturan brand safety, dimana anda dapat mengolah topik yang berbahaya serta audience mana saja yang bisa mengakses iklan anda berdasarkan jenis perangkat ponsel yang digunakan.

instagram reels ads tempalte

Setelah semua proses dilakukan, anda bisa memasukkan jenis video yang diinginkan dengan menentukan ukuran yang sesuai dengan Instagram reels ads dan pilih juga template yang sesuai.

instagram reels ads call to action

Tambahkan juga link ke halaman yang hendak dituju, baik berupa website atau akun Instagram serta kalimat ajakan yang bisa diikuti oleh konsumen apabila tertarik pada produk dan layanan yang dipasarkan.

Apabila anda menambahkan link ke website tertentu, maka anda bisa melakukan analisa terpisah untuk mengetahui jumlah kunjungan setiap waktunya.

3. Cara Analisa Kinerja Instagram Reels Ads

Setelah meluangkan ide dan tenaga untuk membuat Instagram reels ads, tentunya anda ingin memeriksa kinerja iklan anda untuk memastikan bahwa budget promosi yang telah dikeluarkan tidak sia-sia. Anda dapat memeriksa kinerja iklan Instagram reels anda melalui fitur analitik di dalam platform Instagram. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial lain seperti Facebook atau youtube live shopping untuk mengukur respon dari audiens terhadap iklan Anda. Dengan memantau kinerja iklan secara teratur, Anda bisa mengidentifikasi strategi yang efektif dan memaksimalkan penghasilan dari promosi yang Anda lakukan.

Guna memeriksa hasil tersebut, maka anda bisa mengaksesnya dengan memeriksa masing-masing iklan video pendek untuk melihat kinerja iklan yang telah diunggah sebelumnya.

Anda bisa fokus pada keseluruhan metriks atau salah satu saja tergantung tujuan iklan yang telah dibuat sebelumnya.

Tidak hanya itu, Instagram juga menyediakan fitur insight yang bisa dibuka pada halaman profil untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap.

Jangan lupa juga untuk mencatat hasil kinerja iklan yang akan membantu untuk menentukan apakah iklan tersebut sudah mendapatkan hasil yang sesuai keinginan serta disukai oleh target audience.

4. Cara Optimalkan Instagram Reels Ads

Apakah Anda menggunakan Instagram Reels untuk mempromosikan bisnis Anda tetapi tidak mendapatkan hasil yang diinginkan? Apakah Anda ingin mengoptimalkan kinerja iklan Reels Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan keterlibatan?

Instagram Reels telah menjadi platform populer bagi bisnis untuk memamerkan produk dan layanan mereka kepada audiens yang lebih muda.

Dengan meningkatnya persaingan, penting untuk mengoptimalkan iklan Reel Anda agar menonjol di tengah keramaian.

Pada artikel ini, kami akan membahas bagaimana Anda dapat mengoptimalkan kinerja Instagram Reels ads  Anda untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan visibilitas merek Anda.

Kami akan memberi Anda tips dan strategi praktis yang dapat Anda terapkan segera untuk meningkatkan kinerja iklan Reels Anda. Jadi, mari kita mulai dan bawa bisnis Anda ke level berikutnya dengan Instagram Reels. 

Ketahui Durasi Instagram Reels Ads

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Instagram reels memiliki durasi yang lebih pendek dibandingkan Instagram TV, dimana anda hanya memiliki waktu 30 detik untuk memasarkan produk dan layanan anda di hadapan penonton.

Durasi yang pendek ini juga harus diperhitungkan baik-baik agar pesan anda tersampaikan dengan sempurna dan tidak terpotong di tengah jalan, bahkan sebaiknya anda memiliki jeda sebentar yang membantu penonton untuk mempertimbangkan produk anda.

Kenali Minat Penonton

Selain mengetahui durasi Instagram reels ads, anda sebaiknya memerhatikan minat penonton agar mereka tertarik pada iklan yang diberikan serta membantu penargetan iklan yang lebih maksimal.

Apabila anda pernah memasang iklan di fitur lain sebelumnya, maka anda bisa menggunakannya untuk penargetan instagram reels ads.

Selain itu, anda juga bisa berkunjung ke iklan atau konten reels milik kompetitor lain di bidang yang sama untuk mengetahui minat penonton saat ini.

Tambahkan Lagu dan Teks

Bagian lain yang perlu diperhatikan dalam membuat Instagram reels ads adalah menambahkan caption sebagai kalimat ajakan penonton untuk melakukan kegiatan yang anda inginkan serta memambahkan lagu yang membuat iklan semakin menarik.

Anda bisa memilih lagu yang sedang trending untuk meningkatkan jangkauan yang bisa dipilih di perpustakaan musik Instagram reels atau memerhatikan lagu yang sedang viral akhir-akhir ini.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like