Strategi Bisnis Pewangi Pakaian Literan dari Rumah

Tampil percaya diri dengan wewangian yang segar tentunya membuat akan membuat banyak orang lebih bersemangat untuk berkegiatan di luar rumah tanpa perlu takut merasa bau badan.

Kebutuhan untuk tampil segar dan wangi di luar ruangan menjadikan bisnis pewangi pakaian literan semakin meningkatkan, dimana anda dapat memilih berbagai wewangian yang segar dan sesuai kebutuhan dengan harga yang lebih murah dalam jumlah banyak sehingga lebih menghemat pengeluaran.

Namun dalam memulai bisnis pewangi pakaian dari rumah yang menguntungkan, dibutuhkan strategi yang tepat agar usaha anda laris manis dan bisa bertahan dalam jangka waktu lama.

cara mengenali keuntungan bisnis pewangi pakaian

Baca Juga : 16 Rekomendasi Usaha yang Menguntungkan di Desa

Kenali Keuntungan Bisnis Pewangi Pakaian

Bisnis pewangi pakaian menjadi salah satu usaha yang banyak diminati karena mereka memiliki keuntungan yang tidak dimiliki oleh usaha lain.

Pertama, mereka memiliki jumlah peminat yang tinggi, mulai dari kalangan rumah tangga biasa atau bisnis laundry besar, dimana mereka membutuhkan pewangi pakaian untuk membuat baju yang digunakan wangi dalam jangka waktu lama.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi penjual, sebab mereka dapat mengincar target konsumen yang luas dari berbagai kalangan yang diincar.

Menariknya lagi, meskipun bisnis pewangi pakaian memiliki jumlah peminat yang tinggi, namun anda tidak memerlukan modal yang besar untuk usaha ini.

Anda bisa memilih paket modal usaha yang disediakan oleh supplier, sehingga anda bisa menyetok beberapa pewangi pakaian terlebih dahulu sebelum dijual ke konsumen.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi pebisnis pemula yang ingin memiliki bisnis pewangi pakaian dengan modal minim atau pengusaha yang sedang mencoba merambah usaha mereka ke ranah bisnis yang lebih luas.

Kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan dari memulai bisnis pewangi pakaian adalah anda bisa memulai usaha ini dari rumah, sebab mereka tidak membutuhkan tempat usaha yang luas, sehingga anda bisa menggunakan area yang kosong di rumah anda untuk proses produksi.

Peluang mengerjakan bisnis dari rumah juga menguntungkan bagi anda yang ingin menambah penghasilan tanpa perlu keluar dari rumah.

Anda juga bisa mengatur jadwal buka dan tutup usaha anda, sehingga bisnis anda lebih fleksibel serta menerima pesanan melalui Whatsapp, sehingga anda bisa melakukan pekerjaan lain dari rumah anda tanpa merasa kerepotan.

Meskipun begitu, sebagai usaha pemula, anda perlu membuka bisnis anda pada waktu kerja yang konsisten, sehingga konsumen bisa mengenal produk anda terlebih dahulu.

cara mengenali minat konsumen bisnis pewangi pakaian

Analisa Minat Konsumen

Bisnis pewangi pakaian memang memiliki target konsumen yang luas, mulai dari kalangan rumah tangga hingga usaha bisnis laundry yang sedang berkembang.

Sehingga tidak mengherankan apabila bisnis ini juga memiliki jumlah kompetitor yang banyak dengan berbagai kelebihan yang dimiliki.

Karenanya agar bisnis anda lebih unggul dibandingkan kompetitor, penting bagi anda untuk menganalisa minat konsumen sehingga usaha anda bisa bertahan lebih lama.

Anda bisa memulainya dengan memilah target konsumen yang hendak anda tuju, apakah anda mengincar pembeli di kalangan rumah tangga atau bisnis laundry yang tengah berkembang.

Apabila anda memiliki modal yang minimalis, maka memilih target konsumen dari kalangan rumah tangga bisa menjadi pilihan terbaik karena mereka biasanya membeli dalam ukuran kecil sehingga anda bisa memutar modal anda lebih cepat.

Target konsumen dari kalangan rumah tangga juga lebih mudah didapatkan apabila anda tinggal di perumahan dengan jumlah penghuni yang cukup banyak dan produktif.

Sedangkan apabila anda memiliki modal yang besar, maka menargetkan bisnis laundry yang sedang berkembang bisa menjadi pilihan, sebab mereka akan membeli pewangi pakaian dalam jumlah besar meskipun dalam durasi yang jarang.

Analisa lainnya yang bisa anda lakukan saat mengembangkan bisnis pewangi pakaian adalah memilih jenis wewangian yang sekiranya disukai oleh konsumen.

Hal ini dilakukan mengingat konsumen biasanya lebih menyukai jenis wewangian tertentu saja, sehingga anda perlu memilih produk terbaik yang cepat habis untuk memutarkan modal yang dimiliki.

Pemilihan pewangi pakaian yang hendak dijual juga perlu dipertimbangkan dengan baik, apabila anda memilih paket modal usaha dengan jumlah wewangian yang terbatas.

Selain itu, beberapa jenis wewangian juga mungkin mengalami trend di kalangan konsumen, sehingga anda perlu mengikuti minat pembeli agar anda bisa menyetok wangi yang disukai oleh mereka untuk meningkatkan pendapatan.

cara memilih supplier pewangi pakaian yang berpengalaman

Pilih Supplier yang Berpengalaman

Bagian paling penting dalam mengembangkan bisnis pewangi pakaian adalah menentukan supplier yang berpengalaman, apalagi jika anda pebisnis pemula yang hendak meniti karir di industri ini.

Memilih supplier yang berpengalaman akan membantu anda dalam memperpanjang usaha anda serta memberikan produk yang terbaik bagi konsumen anda.

Sayangnya, sebagai pebisnis pemula, anda mungkin merasa bingung untuk memilih supplier yang berpengalaman yang berada di daerah yang sama dengan anda.

Guna mengetahui informasi ini, anda perlu mencari informasi melalui internet atau kenalan yang telah berpengalaman di industri ini sebelumnya guna mengetahui supplier yang ahli di bidangnya.

Pelajari juga ulasan dari penjual dari supplier yang sama, dimana informasi ini bisa anda dapatkan dari forum internet tertentu atau komunitas pengusaha di daerah anda.

Kemudian, anda juga perlu mempelajari perjanjian kerja sama serta paket modal usaha yang mereka berikan, sehingga anda dapat mempertimbangkan keuntungan dan kerugian di masa depan yang bisa anda cegah dari sekarang.

Sehingga tidak ada salahnya untuk melakukan observasi dari berbagai supplier di daerah anda atau bahkan dari luar kota, sehingga anda dapat memilih yang terbaik untuk usaha anda.

cara memilih jenis produk bisnis pewangi pakaian

Pilih Jenis Produk yang Sesuai Kebutuhan

Bisnis pewangi pakaian tidak hanya melulu menjual parfum baju, apabila anda memiliki modal usaha yang lebih besar, anda bisa melakukan eksplorasi untuk menjual berbagai jenis produk yang sesuai kebutuhan.

Misalnya saja, anda juga bisa menjual berbagai variasi produk sabun cuci, dimana ini juga dibutuhkan dalam rumah tangga untuk mencuci berbagai baju atau peralatan makan yang dimiliki.

Anda juga bisa menjual berbagai jenis sabun untuk membersihkan berbagai benda di rumah, sehingga konsumen tidak perlu membeli secara daring dan cukup berkunjung ke toko yang anda miliki.

Dengan memiliki jenis produk yang beragam, tentunya akan menguntungkan bagi anda untuk menambah pendapatan melalui variasi barang yang dimiliki.

Agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk yang anda jual, maka anda bisa menggantinya secara rutin, sehingga pembeli memiliki variasi yang beragam sesuai dengan kebutuhan mereka atau trend pewangi pakaian saat ini yang juga membantu untuk meningkatkan jumlah konsumen.

Buat Kemasan Produk yang Menarik Perhatian

Sebagian besar pewangi pakaian yang dijual biasanya hanya disajikan begitu saja ke konsumen tanpa pengemasan tertentu, hal ini memang lebih menghemat pengeluaran, namun akan membuat anda sulit untuk bersaing dengan kompetitor lain yang memiliki usaha yang sama.

Sehingga agar usaha anda bisa lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya, dibutuhkan pembeda agar dapat bersaing dengan baik dan menjadi ciri khas usaha anda.

Anda bisa memulainya dengan membuat logo brand yang dapat dipasang di kemasan produk, hal ini akan membantu konsumen mengenal produk anda dan menjadikannya pembeda di antara kompetitor lainnya.

Tidak hanya itu, agar memberikan keamanan lebih bagi konsumen, maka anda bisa memilih jerigen dengan ukuran tertentu, pemilihan kemasan ini akan membantu pembeli tetap merasa aman saat membawa produk anda pulang ke rumah dan tidak mudah tumpah saat proses mencuci baju dilakukan.

Anda juga dapat memberikan kemasan produk yang berbeda, sehingga konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan sehari-hari, serta memberikan anda kesempatan untuk menjual lebih banyak produk.

Ada baiknya juga untuk menjual sampel dalam ukuran tertentu, sehingga konsumen bisa mencoba ketahanan wanginya sebelum memutuskan untuk membeli dalam jumlah besar.

Penggunaan sampel produk dalam ukuran tertentu juga membantu produk yang kurang populer agar terlihat lebih menonjol dan  bisa bersaing dengan barang lainnya.

Anda juga dapat mencantumkan berbagai informasi yang relevan berkaitan dengan produk anda, misalnya cara penggunaan produk, mengingat berbagai jenis kain memiliki perawatan yang berbeda agar tahan lama dan memunculkan wangi pakaian yang diinginkan secara tahan lama.

Selain itu, mencantumkan bahan-bahan yang digunakan juga akan menguntungkan bagi konsumen yang memiliki jenis alergi tertentu, sehingga mereka bisa mencoba produk lain yang lebih aman.

Informasi yang lengkap ini juga akan memberi kelebihan yang berbeda dari kompetitor lainnya, sehingga produk anda bisa bersaing dengan baik.

cara mempromosikan bisnis pewangi pakaian

Promosikan Produk Pewangi Pakaian

Banyaknya kompetitor yang bergerak di bidang yang sama, membuat anda perlu melakukan inovasi agar produk anda dilirik oleh konsumen.

Tidak hanya itu, anda juga perlu melakukan promosi dengan baik agar produk anda dikenal oleh konsumen terdekat atau jarak jauh yang mengenal produk anda dari internet.

Berikut beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk pewangi pakaian dengan baik agar dikenal oleh banyak orang.

1. Promosi Sosial Media

Promosi sosial media kini telah menjadi strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh pemilik usaha, mengingat jumlah pengguna sosial media yang banyak sehingga dapat menyasar target konsumen yang berbeda.

Meskipun begitu, dalam melakukan promosi sosial media untuk bisnis pewangi pakaian, anda perlu membuat strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau target audience.

Anda bisa memulainya dengan memilih saluran pemasaran sosial media yang tepat dan biasa digunakan oleh konsumen, seperti Facebook, Instagram, atau Whatsapp, dimana mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada platform Facebook, anda mungkin bisa menyasar konsumen dari kalangan ibu rumah tangga yang masih banyak menggunakan social media ini untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka, sehingga menggunakan Facebook bisa menjadi alat pemasaran yang tepat.

Tidak hanya itu, berbagai fitur yang dimiliki oleh Facebook seperti konten foto, video, dan siaran langsung, juga dapat membantu anda menampilkan produk dengan baik melalui tampilan yang menarik perhatian.

Selain itu, Facebook juga memiliki senjata promosi rahasia lainnya yang tidak dimiliki oleh sosial media lainnya yakni fitur group dimana anda bisa bergabung dengan grup jual beli daerah tertentu untuk mempromosikan produk anda.

Promosi melalui fitur Facebook group juga dianggap strategis karena mereka memiliki target konsumen yang membutuhkan produk tertentu dengan harga yang terjangkau di daerah mereka.

Jenis sosial media lainnya yang bisa digunakan untuk promosi produk adalah menggunakan Instagram, dimana anda dapat menyasar target konsumen yang lebih luas dengan tampilan konten yang memikat perhatian.

Kelebihan lainnya dari menggunakan Instagram sebagai media promosi adalah anda dapat melakukan interaksi dengan konsumen melalui fitur pesan langsung atau komentar, sehingga anda dapat menjaring target konsumen yang diinginkan dengan tepat.

Selain memilih platform sosial media yang tepat untuk promosi brand, penting bagi anda untuk memilih jenis konten yang tepat untuk memasarkan produk anda.

Hal ini dilakukan anda akan bersaing secara langsung dengan kompetitor lain yang bergerak di bidang yang sama, sehingga anda perlu membuat konten anda menonjol dengan baik.

Selain itu, platform Instagram dan Facebook memiliki jenis konten yang beragam, sehingga anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Misalnya saja anda bisa membuat konten story telling mengenai pewangi pakaian menggunakan konten video, sehingga konsumen bisa melihat postingan anda dengan baik dan membagikannya ke pengguna lainnya.

Lakukan juga interaksi dengan konsumen melalui kolom komentar atau pesan langsung untuk membuka peluang jangkauan konten yang lebih luas dan mendengarkan pendapat pembeli mengenai produk yang anda jual.

2. Promosi dari Mulut ke Mulut

Salah satu kegiatan promosi yang menguntungkan saat membuka usaha di daerah pedesaan adalah menggunakan media pemasaran dari mulut ke mulut.

Jenis promosi ini dinilai menguntungkan mengingat konsumen biasanya lebih memercayai ulasan yang diberikan oleh teman terdekat mereka, sehingga mereka akan membelinya untuk membuktikannya.

Namun untuk membangun promosi dari mulut ke mulut juga diperlukan strategi yang tepat agar produk anda dikenal oleh banyak orang.

Pertama, anda bisa menggunakan Whatsapp sebagai media promosi untuk mempromosikan produk anda ke teman terdekat, sehingga mereka mengetahui bahwa anda memulai usaha baru.

Hal ini juga akan menarik minat target konsumen sebab yang menjual produk tersebut adalah teman sendiri sehingga akan memudahkan pembelian.

Setelah produk anda dikenal oleh banyak orang dan mulai muncul pembelian, anda bisa meminta mereka untuk mengulas produk anda, jika memiliki hasil yang baik, maka anda bisa meminta mereka untuk merekomendasikannya ke teman mereka dengan kompensasi tertentu yang menguntungkan.

Jenis kompensasi yang menguntungkan ini akan membuat produk anda lebih mudah dikenal konsumen dan membuat produk anda lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya.

3. Membuat Banner Usaha

Bisnis pewangi pakaian yang dibuka di rumah terkadang menyulitkan bagi calon konsumen untuk mengenal usaha yang anda miliki.

Sehingga anda bisa mengenalkan produk anda dengan membuat banner barang yang anda jual sehingga konsumen bisa mengetahui toko anda dengan mudah.

Pilihlah brand dengan ukuran tertentu yang mudah dilihat oleh konsumen dari jarak jauh, sehingga mereka bisa membedakannya dengan toko lainnya.

Gunakan juga warna-warna yang cerah untuk menarik perhatian konsumen serta penggunaan font yang sesuai sehingga produk yang anda jual bisa diketahui oleh konsumen dengan mudah dengan cepat.

Tambahkan juga elemen-elemen tertentu yang berkaitan dengan bisnis pewangi pakaian, misalnya gambar baju, mesin cuci, dan parfum untuk menjadi ciri khas toko anda.

Pasang banner di lokasi yang strategis sehingga toko anda bisa dilihat oleh konsumen yang hendak membeli produk yang anda jual.

Manfaatkan juga layanan Google Maps untuk menautkan lokasi toko anda agar mudah dilihat oleh konsumen yang berasal dari tempat jauh.

4. Jual Produk Secara Online

Saat ini, penjualan produk tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, namun juga melalui internet yang mudah dijangkau oleh banyak orang dan menjangkau target  konsumen yang lebih luas.

Melakukan penjualan secara online juga akan membantu anda meningkatkan pendapatan dari konsumen yang berasal dari luar daerah anda dan mempromosikan produk anda dengan baik.

Namun, sebelum memulai berjualan produk secara online, penting bagi anda untuk membuat strategi yang tepat agar produk anda mendapatkan penjualan yang tinggi dan menjangkau pembeli yang diinginkan.

Pertama, anda perlu memilih platform marketplace yang banyak dikunjungi oleh target konsumen, apakah itu Shopee atau Tokopedia, anda bisa mengetahuinya dengan melihat kebiasaan orang disekeliling anda yang kerap kali melakukan pembelanjaan secara online.

Setelah menemukan platform yang tepat, anda bisa memulainya dengan memotret produk anda dengan tampilan yang menarik guna memikat perhatian calon konsumen yang melakukan pencarian di halaman pencarian.

Apabila semua produk telah difoto dengan baik, maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah memasukkan foto produk ke akun toko yang dimiliki, manfaatkan strategi SEO agar produk anda mudah ditemukan melalui kata kunci tertentu.

Jika toko anda belum memiliki jumlah pengikut yang banyak, maka manfaatkan fitur iklan untuk mempromosikan produk anda ke target audiene yang luas.

Lakukan juga interaksi dengan konsumen dengan membalas pesan yang masuk dan mengomentari berbagai ulasan konsumen yang diberikan, sehingga ranking toko anda lebih mudah naik dan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Penting juga bagi anda untuk mengemas produk dengan baik agar tidak mudah tumpah saat melakukan pengiriman dengan menggunakan packing khusus yang tidak mudah bocor saat dibawa.

5. Tampilkan Ulasan Konsumen

Memiliki ulasan konsumen tidak hanya menjadi bukti bahwa konsumen puas dengan produk dan layanan yang anda berikan, namun juga menjadikan daya tarik bagi calon pembeli yang masih ragu dengan produk anda.

Sehingga penting bagi anda untuk mengunggah ulasan konsumen secara rutin, baik dari sosial media, akun marketplace, atau pemesanan via Whatsapp sehingga konsumen bisa mengetahui tingkat kepuasan pembeli lain.

Kumpulkan ulasan di satu foto khusus sehingga memudahkan konsumen untuk membacanya dan membandingkan dengan kompetitor lain yang memiliki produk yang serupa.

Ulasan dari konsumen juga tidak hanya membantu meningkatkan kepercayaan diri konsumen namun juga sebagai evaluasi peningkatan layanan dan produk di waktu yang akan datang.

cara memberikan diskon di bisnis pewangi pakaian

Berikan Diskon yang Menarik Perhatian

Salah satu daya tarik yang membuat konsumen kembali ke produk anda adalah penawaran yang berbeda dibandingkan kompetitor lain yang memiliki usaha yang sama.

Anda bisa menarik perhatian konsumen dengan memberikan diskon setelah melakukan pembelian dengan nominal tertentu, sehingga menarik minat konsumen untuk membeli dalam jumlah banyak atau membeli berbagai produk yang anda tawarkan.

Tidak hanya itu, anda juga memberikan diskon membership bagi konsumen yang melakukan pembelian berulang maka akan mendapatkan produk dengan nominal tertentu atau potongan harga, sehingga membuat konsumen terus kembali untuk membeli produk anda.

Selain itu, anda juga bisa memberikan diskon di hari-hari khusus, misalnya di hari libur keagamaan atau event khusus seperti masuk ajaran baru sekolah, dimana konsumen bisa membeli produk tertentu untuk menambah keharuman pakaian saat di acara baru, sehingga sesuai dengan promosi yang anda miliki.

Annisa Ismi, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 3+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like