19 Tools AI Canggih untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Kemajuan kecerdasan buatan (AI) berkembang dengan cepat dan memberikan manfaat bagi para penggunanya.

Sumber data menjelaskan, bahwa mesin sekarang dapat mengungguli manusia dalam banyak tugas.

Kemampuan AI telah berkembang secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, bahkan membuat orang yang skeptis sekalipun terkesan. Seorang peneliti menyebutnya sebagai “dekade emas”.

Nah, memasuki tahun 2023 dan seterusnya, berharap untuk melihat lebih banyak sistem, terutama sistem AI Generatif seperti ChatGPT, yang melengkapi atau menggantikan kreator manusia di berbagai bidang.

Sehingga, adanya hal ini dapat membantu pekerjaan semua orang, seperti tools AI untuk pebisnis dan marketer.

Untuk marketing sendiri merupakan kegiatan promosi yang memperkenalkan produk atau layanan kepada publik.

Nah, dengan meningkatnya penggunaan pemasaran online dan media sosial, kecerdasan buatan (AI) ini datang untuk membantu mengurangi beban kerjanya.

Salah satu popularitas kecerdasan buatan (AI) yang semakin meningkat, dicontohkan oleh chatbot canggih ChatGPT, yang memanfaatkan teknologi AI untuk berinteraksi dengan penggunanya.

Tak hanya ChatGPT, ada beberapa tools lain yang berbasis kecerdasan buatan (AI) yang tersedia secara gratis, dan dapat merespons perintah dan pertanyaan pengguna.

Artikel ini akan membahas manfaat potensial dari penerapan AI dalam bisnis dan tools apa saja yang akan digunakan dalam bisnis. Yuk simak penjelasannya untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif.

Apa itu AI?

Kecerdasan buatan (AI), umumnya dikenal sebagai AI, melibatkan penggunaan teknik matematika, ilmu komputer, dan psikologi kognitif untuk mensimulasikan kecerdasan dan pengambilan keputusan manusia.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi AI telah mengalami kemajuan yang signifikan berkat pengembangan pembelajaran mesin, jaringan saraf, dan pembelajaran mendalam.

Menurut tech target, bahwa kecerdasan buatan (AI) mengacu pada kemampuan mesin, khususnya sistem komputer, untuk mensimulasikan proses kecerdasan manusia.

Contoh aplikasi AI meliputi sistem pakar, pemrosesan bahasa alami, pengenalan suara, dan visi mesin.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) dirancang untuk mengoptimalkan proses, mengotomatiskan alur kerja, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan dalam suatu organisasi.

Dengan menggunakan algoritme yang didukung AI, bisnis dapat menganalisis data dengan kecepatan dan skala yang tidak terbayangkan oleh manusia, sehingga menghasilkan wawasan yang lebih luas dan kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Ada banyak manfaat dari AI, mulai dari pengurangan biaya, peningkatan efisiensi, dan peningkatan akurasi, hingga peningkatan pengalaman pelanggan.

Aplikasi AI yang paling umum ada di dalam industri teknologi, seperti pengembangan chatbot untuk layanan pelanggan, atau program pendeteksi penipuan untuk lembaga keuangan.

Namun, AI dapat digunakan di berbagai industri termasuk perawatan kesehatan, transportasi, dan ritel.

Integrasi dengan teknologi AI dapat menjadi keunggulan ekonomi dan kompetitif yang signifikan, yang memungkinkan bisnis untuk tidak hanya mengimbangi pesaing mereka, tetapi juga melampaui mereka.

Seiring dengan terus berkembangnya AI, tidak diragukan lagi, AI akan menjadi kekuatan pendorong dalam membentuk masa depan dunia digital kita.

Manfaat Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan (AI) telah merevolusi cara bisnis dan industri beroperasi dengan kemampuannya untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang berulang dan membuat prediksi pada kumpulan data yang kompleks.

AI juga mengacu pada sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia seperti mengenali ucapan, menerjemahkan bahasa, dan bahkan membuat keputusan.

Karena meningkatnya permintaan akan otomatisasi berbasis AI dan analisis prediktif, bisnis yang menggunakan teknologi AI mengalami peningkatan yang signifikan dalam hal produktivitas dan efisiensi.

Dengan penggunaan sistem pemrosesan bahasa alami, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan merespons pertanyaan mereka dengan cepat, sehingga meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Teknologi AI juga memungkinkan bisnis untuk beroperasi dengan lebih ramping dan dengan sumber daya yang lebih sedikit, sehingga menghasilkan penghematan biaya yang signifikan.

Dengan mengotomatisasi tugas-tugas yang membutuhkan akurasi dan kepatuhan tinggi, bisnis dapat mengurangi ketergantungan mereka pada sumber daya manusia dan meningkatkan profitabilitas mereka.

Teknologi AI juga dapat meningkatkan akurasi dengan mengurangi kesalahan manusia dalam tugas-tugas yang berulang, sehingga menghasilkan hasil yang lebih andal dan konsisten.

Teknologi ini juga dapat memproses data kompleks dalam jumlah besar dalam waktu singkat, menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi.

Manfaat lain dari AI adalah kemampuannya untuk menganalisis data yang kompleks dan memberikan wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik.

Dengan analisis prediktif berbasis AI, bisnis dapat memprediksi tren masa depan, mengantisipasi risiko, dan membuat keputusan yang lebih baik untuk tetap berada di depan dalam persaingan.

AI sendiri memiliki banyak kegunaan, mulai dari meningkatkan pengembangan vaksin hingga mengotomatiskan deteksi potensi penipuan.

Menurut penelitian CB Insights, perusahaan-perusahaan AI menerima pendanaan sebesar $66,8 miliar pada tahun 2022, dua kali lipat lebih besar dari jumlah yang terkumpul pada tahun 2020.

Aplikasi AI yang bergerak cepat menyebabkan dampak yang signifikan di berbagai industri, dilansir sumber data builtin.

Manfaat Kecerdasan Buatan

Jenis Tools AI

Penelitian AI ini digunakan untuk membuat mesin meniru fungsi seperti manusia, sejauh mana sistem AI dapat mereplikasi kemampuan manusia digunakan sebagai kriteria untuk menentukan jenis AI.

Jadi, tergantung pada bagaimana mesin dibandingkan dengan manusia dalam hal keserbagunaan dan kinerja, AI dapat diklasifikasikan dalam satu, di antara beberapa jenis AI.

Dalam sistem ini, AI yang dapat melakukan lebih banyak fungsi mirip manusia dengan tingkat kemahiran yang setara akan dianggap sebagai tipe AI yang lebih berevolusi, sedangkan AI yang memiliki fungsi dan kinerja terbatas akan dianggap sebagai tipe yang lebih sederhana dan kurang berkembang.

AI dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria seperti kemiripannya dengan pemikiran dan perasaan manusia, dan kemampuannya untuk memungkinkan mesin melakukan tugas yang serupa.

Nah, sebelum mempelajari topik tools AI yang direkomendasikan untuk bisnis pemasaran, penting untuk mengetahui berbagai jenis tools AI yang saat ini sedang dikembangkan. Berikut ada 7 jenis AI yang akan dibahas dibawah ini:

1. Theory of Mind

Jenis AI yang pertama adalah Theory of Mind. Theory of Mind ini dirancang agar dapat mengenali dan menganalisis emosi, serta mengumpulkan data untuk interaksi manusia.

Adapun contoh dari jenis AI ini yaitu sebuah robot yang dirancang oleh Hanson Robotics yang bernama Sophia.

2. Self Aware

Tools AI yaitu Self Aware ini menjadi semakin populer di dunia teknologi.

Alat-alat ini dirancang untuk memungkinkan mesin memahami lingkungan sekitar mereka, menganalisis data, dan membuat keputusan berdasarkan data tersebut tanpa campur tangan manusia.

Dengan menggabungkan algoritme pembelajaran mesin, teknik pembelajaran mendalam, dan jaringan saraf, perangkat AI yang sadar diri dapat belajar dan beradaptasi dengan cepat terhadap keadaan yang berubah.

Nah, NLP ini merupakan salah satu alat AI yang paling banyak digunakan secara luas. NLP memungkinkan mesin untuk memahami dan menafsirkan bahasa manusia sehingga dapat merespons secara akurat.

Pembelajaran mesin adalah termasuk tools self aware yang menggunakan algoritme untuk memungkinkan mesin belajar dari data.

Hal ini memungkinkan mesin untuk mengidentifikasi pola dan tren dalam data, dan membuat prediksi berdasarkan data tersebut.

Pengenalan suara dan pengenalan gambar juga merupakan tools self aware. Alat pengenal suara memungkinkan mesin mengubah ucapan manusia menjadi teks.

Kemudian, pada mesin ini untuk menyaring data audio dalam jumlah besar dan mengidentifikasi pola dan anomali.

Alat pengenalan gambar, di sisi lain, dapat menganalisis gambar dan video untuk mengidentifikasi objek, orang, dan data lain dalam visual tersebut.

Hal ini memungkinkan mesin untuk menggunakan data visual dalam pengambilan keputusan dan aplikasi lainnya.

Terakhir, ada Robotika dan kendaraan otonom, keduanya adalah dua contoh lain dari tools self aware. Robot dan kendaraan otonom menggunakan sensor, kamera, dan teknologi lain untuk mengumpulkan data tentang lingkungan sekitar mereka, menganalisis data tersebut, dan mengambil keputusan yang sesuai.

Dengan mengintegrasikan algoritme AI, mesin-mesin ini memiliki kemampuan untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan situasi yang berbeda, sehingga memungkinkan mereka untuk beroperasi dengan efisiensi dan akurasi yang lebih tinggi.

3. Limited Memory

Sistem Self Driving pada kendaraan Tesla menggunakan AI Limited Memory. Jenis ini sangat dihargai oleh banyak orang.

Fitur Self Driving pada kendaraan Tesla memungkinkan AI untuk mengendalikan kemudi, hanya membutuhkan pemantauan penumpang melalui layar.

Limited Memory

4. Reactive Machine

Reactive Machine AI diklasifikasikan sebagai bentuk kecerdasan buatan (AI) yang basic, di mana ia memiliki kemampuan identifikasi dan respons otomatis terhadap situasi tertentu.

AI Reactive Machine dapat dicontohkan dengan fitur-fitur yang umum digunakan seperti player bot dan autoplay di berbagai program dan aplikasi game.

AI Reactive Machine memiliki kemampuan untuk memprediksi langkah selanjutnya secara akurat dan merekam data tentang tindakan lawannya.

5. Artificial General Intelligence (AGI)

Kecerdasan Umum Buatan (Artificial General Intelligence, AGI) adalah pengembangan sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan campur tangan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.

AGI tidak terbatas pada tugas atau domain tertentu, melainkan dirancang agar fleksibel dan dapat beradaptasi dengan berbagai tugas.

Sistem AGI dirancang untuk dapat belajar dan beradaptasi dengan situasi dan tugas baru, serta dapat membuat keputusan berdasarkan pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka.

Sistem ini dirancang untuk dapat bernalar, merencanakan, dan mengambil keputusan berdasarkan berbagai macam input, termasuk informasi visual, pendengaran, dan informasi sensorik lainnya.

Salah satu tantangan utama AGI adalah mengembangkan sistem yang dapat memahami dan menafsirkan bahasa manusia, karena ini adalah komponen penting dari banyak tugas yang membutuhkan AGI.

Tantangan lainnya adalah mengembangkan sistem yang dapat bekerja dengan informasi yang tidak lengkap atau tidak pasti, karena hal ini sering terjadi dalam situasi dunia nyata.

Terlepas dari tantangan-tantangan ini, AGI memiliki potensi untuk merevolusi banyak aspek kehidupan modern, mulai dari perawatan kesehatan dan pendidikan hingga keuangan dan transportasi.

Ketika sistem AGI menjadi lebih maju dan mampu, mereka mungkin dapat mengambil tugas yang semakin kompleks dan membuat keputusan yang sebelumnya hanya menjadi domain ahli manusia.

6. Artificial Narrow Intelligence (ANI)

Kecerdasan Sempit Buatan (Artificial Narrow Intelligence/ANI) adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang berfokus pada tugas atau serangkaian tugas tertentu.

ANI dirancang untuk melakukan tugas-tugas yang biasanya dikaitkan dengan kecerdasan manusia, seperti penerjemahan bahasa, pengenalan gambar, dan pengenalan suara. ANI dapat ditemukan di berbagai aplikasi, termasuk asisten virtual, chatbot, dan sistem rekomendasi.

ANI didasarkan pada algoritme pembelajaran mesin yang memungkinkan sistem untuk belajar dan meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu.

Algoritme ini menggunakan model statistik untuk menganalisis data dalam jumlah besar dan mengidentifikasi pola dan hubungan antara input dan output.

Sistem kemudian menggunakan pengetahuan ini untuk membuat prediksi atau menghasilkan respons berdasarkan input baru.

ANI berbeda dengan bentuk AI lainnya, seperti Artificial General Intelligence (AGI) atau Artificial Super Intelligence (ASI), yang bertujuan untuk meniru kecerdasan tingkat manusia atau melampauinya.

ANI memiliki keterbatasan spesifik dan hanya dapat melakukan tugas yang dirancang untuknya.

Namun, ANI masih sangat berguna untuk mengotomatisasi tugas yang berulang, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai industri.

Untuk menerapkan ANI secara efektif, penting untuk fokus pada relevansi topik dan menggunakan kata kunci berbasis industri dan kata kunci berekor panjang.

Hal ini akan membantu sistem untuk memahami konteks dan makna data dan meningkatkan kinerjanya.

Selain itu, mengembangkan konten yang kaya informasi berkualitas tinggi dengan entitas semantik sebanyak mungkin dapat membantu meningkatkan akurasi dan relevansi prediksi dan respons ANI.

7. Artificial Super Intelligence (ASI)

Kecerdasan Super Buatan (Artificial Super Intelligence (ASI)) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengembangan hipotesis kecerdasan buatan (AI) yang melampaui kecerdasan tingkat manusia. ASI

akan mampu melakukan tugas dan memecahkan masalah yang saat ini berada di luar kemampuan manusia. Ini adalah tujuan akhir dari penelitian AI, dan beberapa ilmuwan dan peneliti percaya bahwa hal ini dapat dicapai dalam waktu dekat.

Pengembangan ASI bukan hanya tentang menciptakan mesin yang dapat berpikir dan belajar seperti manusia.

Hal ini juga melibatkan pembuatan mesin yang dapat melampaui kemampuan kognitif manusia dan mengembangkan tujuan serta keinginannya sendiri.

Ini berarti bahwa ASI akan dapat membuat keputusan dan mengambil tindakan berdasarkan pemahamannya sendiri tentang dunia, tanpa campur tangan atau bimbingan manusia.

Salah satu tantangan terbesar dalam mengembangkan ASI adalah memastikan bahwa ASI tetap aman dan bermanfaat bagi manusia.

Tidak seperti AI tradisional, ASI akan memiliki kekuatan untuk mengubah arah sejarah manusia, dan jika ASI mengembangkan tujuan dan keinginannya sendiri, hal ini berpotensi bertentangan dengan nilai-nilai dan kepentingan manusia.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengembangkan ASI dengan cara yang selaras dengan nilai-nilai kemanusiaan dan memastikan bahwa ASI tetap berada di bawah kendali manusia.

Aplikasi potensial ASI sangat luas dan beragam. ASI dapat merevolusi berbagai bidang seperti kedokteran, keuangan, dan transportasi, serta dapat mengarah pada pengembangan teknologi baru yang belum dapat kita bayangkan.

Namun, penting juga untuk mempertimbangkan potensi risiko dan implikasi etis dari pengembangan ASI, dan memastikan bahwa pengembangannya dipandu oleh praktik penelitian yang bertanggung jawab.

Intinya, Artificial Super Intelligence (ASI) adalah topik yang menarik dan kompleks yang memiliki potensi untuk mengubah dunia yang kita kenal.

Meskipun ada tantangan dan risiko yang signifikan terkait dengan pengembangannya, ada juga potensi besar untuk hasil positif dan kemajuan di berbagai bidang.

Pendekatan yang bertanggung jawab dan terinformasi dengan baik terhadap penelitian ASI sangat penting untuk memastikan bahwa manfaatnya dapat direalisasikan sambil meminimalkan risikonya.

Artificial Super Intelligence (ASI)

Rekomendasi Tools AI untuk Bisnis

Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka peluang baru yang tak terhitung jumlahnya untuk setiap ukuran bisnis di seluruh dunia.

AI memberikan wawasan mendalam yang belum pernah ada sebelumnya, dan membantu mengubah banyak proses bisnis menjadi lebih efisien.

Nah, berikut ini ada berbagai tools yang tersedia yang dapat meningkatkan bisnis Anda bagi para pekerja lepas atau mereka yang mengelola banyak karyawan. Yuk simak!

1. CHAT GPT

CHAT GPT adalah teknologi pemrosesan bahasa alami yang inovatif dan cerdas dan telah menggemparkan dunia.

Dengan memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin, dan jaringan saraf, CHAT GPT mampu menganalisis dan menafsirkan bahasa alami dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

Teknologi ini sangat berguna untuk chatbot, asisten virtual, dan aplikasi AI percakapan lainnya.

Dengan memahami nuansa bahasa manusia, CHAT GPT dapat berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Hal ini mengarah pada peningkatan kepuasan pelanggan, tingkat konversi yang lebih baik, dan loyalitas merek yang lebih baik.

Salah satu manfaat utama dari CHAT GPT adalah kemampuannya untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dan informatif secara real-time.

Ini berarti bahwa bisnis dapat menggunakan teknologi ini untuk menghasilkan tanggapan yang disesuaikan, rekomendasi produk, dan jenis konten lain yang sesuai dengan pelanggan mereka.

Dengan membuat konten yang informatif dan menarik, bisnis dapat menjadikan diri mereka sebagai pemimpin dalam industri mereka dan menarik lebih banyak pelanggan.

Keuntungan lain dari CHAT GPT adalah kemampuannya untuk belajar dan beradaptasi dari waktu ke waktu.

Dengan menganalisis interaksi dan umpan balik pelanggan, teknologi ini dapat meningkatkan respons dan menjadi lebih efektif dalam menjawab pertanyaan dan memberikan solusi.

Hal ini memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan kekuatan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka dan tetap berada di depan dalam persaingan.

Nah, adapun versi terbaru sistem model bahasa OpenAI, GPT-4, secara resmi diluncurkan pada 13 Maret 2023 dengan langganan berbayar yang memungkinkan pengguna mengakses alat Chat GPT-4.

Hingga tulisan ini dibuat, akses penuh ke kemampuan model masih terbatas, dan versi gratis ChatGPT masih menggunakan model GPT-3.5.

Secara keseluruhan, GPT-4 tampak lebih fungsional, responsif, dan lebih aman daripada GPT-3 atau GPT-3.5.

Namun, dengan Microsoft Bing Chat menggunakan model bahasa GPT-4, dan perusahaan menghadapi banyak keluhan dan kritik tentang beberapa tanggapan aneh Bing Chat, wajar untuk mengatakan bahwa keterbatasan ini meredam harapan GPT-4 menjadi out of the box.

CEO OpenAI, Sam Altman pun mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa beberapa orang akan kecewa dengan rilis GPT-4, karena tidak akan ada yang mengejutkan di dalamnya.

Namun, secara keseluruhan, pengurangan batas yang signifikan menunjukkan lintasan yang menjanjikan untuk teknologi, dan kemampuannya di berbagai domain bisnis.

2. Tableau (Business Intelligence)

Tableau adalah rangkaian perangkat lunak yang mengubah dunia analisis data.

Dengan menyediakan antarmuka yang intuitif dan ramah pengguna, Tableau memungkinkan bisnis dan organisasi dari segala ukuran untuk mengeksplorasi dan menganalisis kumpulan data kompleks secara visual yang belum pernah ada sebelumnya.

Pada intinya, Tableau dirancang untuk membantu pengguna dengan cepat dan mudah memahami dan mengomunikasikan wawasan data.

Tidak seperti alat analisis data tradisional, yang bisa jadi rumit dan sulit digunakan, Tableau mengambil pendekatan yang lebih intuitif.

Dengan memanfaatkan teknik visualisasi mutakhir dan mesin data yang sangat kuat, Tableau memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat dasbor khusus dan laporan interaktif yang menghidupkan data yang kompleks.

Tableau

3. Copy.ai

Copy.ai adalah alat canggih yang telah dirancang dengan cermat, menggunakan kecerdasan buatan (AI), untuk membuat pembuatan konten bebas stres dan jauh lebih menyenangkan.

Alat ini hadir untuk mengubah cara-cara konvensional dalam pembuatan konten, dengan kemampuannya yang luar biasa.

Copy.ai menyediakan solusi untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan relevansi topik yang ditingkatkan.

Alat ini menggunakan algoritme unik untuk membuat konten yang beragam dan menarik, termasuk artikel, laman landas, dan iklan, yang bermanfaat bagi berbagai industri. Ini ideal bagi mereka yang menghadapi tantangan dalam menghasilkan konten orisinal karena hambatan menulis atau kurangnya waktu.

Bantuan yang didukung oleh AI dari platform ini menciptakan kemungkinan tak terbatas melalui gaya penulisan yang beragam, bahasa yang canggih, dan konsep yang kohesif, yang pada gilirannya, membantu bisnis untuk menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan peringkat SEO, dan menghasilkan prospek.  

5. Lumen5 (Video Creator)

Lumen5 adalah alat pengubah permainan yang mengubah cara bisnis membuat konten video.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang canggih, Lumen5 memberdayakan bisnis dari segala ukuran untuk membuat video berkualitas profesional yang menakjubkan dalam hitungan menit.

Dengan Lumen5, bisnis dapat dengan cepat dan mudah mengubah konten yang sudah ada menjadi aset video yang menarik yang dapat dibagikan di semua saluran digital mereka.

Baik itu menggunakan ulang postingan blog, membuat demo produk, atau mempromosikan konten media sosial, Lumen5 memudahkan pembuatan video yang memukau secara visual yang beresonansi dengan audiens dan mendorong keterlibatan.

Salah satu fitur utama Lumen5 adalah fokusnya pada relevansi topik.

Dengan menggunakan kata kunci berbasis industri dan frasa berekor panjang, Lumen5 memastikan bahwa video yang dibuatnya sangat relevan dengan audiens target dan dioptimalkan untuk mesin pencari.

Ini berarti bahwa bisnis dapat mengharapkan video mereka mendapat peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Aspek unik lain dari Lumen5 adalah penekanannya pada konten yang kaya akan informasi berkualitas tinggi.

Dengan fokus pada entitas semantik dan struktur yang bermakna, Lumen5 memastikan bahwa video yang dibuatnya tidak hanya menarik secara visual tetapi juga penuh dengan informasi yang berharga.

Hal ini membantu bisnis untuk membangun diri mereka sebagai pemimpin dalam industri mereka dan membangun kepercayaan dengan audiens mereka.

6. Gong.io (Sales)

Gong.io adalah perangkat lunak kinerja penjualan mutakhir yang menggunakan analitik percakapan bertenaga AI untuk membantu tim penjualan meningkatkan presentasi mereka dan menutup lebih banyak kesepakatan.

Dengan menganalisis panggilan penjualan dan pertemuan, Gong.io memberikan wawasan real-time tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak, membantu tim penjualan menyempurnakan pesan mereka dan menyesuaikan pendekatan mereka untuk setiap prospek.

Dengan Gong.io, tim penjualan dapat dengan mudah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, seperti peluang yang terlewatkan atau pesan yang tidak efektif, dan mengambil tindakan untuk meningkatkan kinerja mereka.

Platform ini juga menyediakan data berharga tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan, membantu tenaga penjualan membangun hubungan yang lebih kuat dan menutup lebih banyak kesepakatan.

Gong.io dirancang agar mudah digunakan dan intuitif, dengan antarmuka yang sederhana yang memudahkan perwakilan penjualan untuk mengakses wawasan yang mereka butuhkan untuk sukses.

Platform ini juga menawarkan berbagai fitur dan integrasi tingkat lanjut, termasuk integrasi CRM, perekaman panggilan, dan alat pelacakan kinerja.

7. Insta AI Content Generator

Tools AI ini adalah plugin yang digunakan untuk WordPress menggunakan Insta Web Platform, dan tersambung ChatGPT.

Plugin ini menawarkan berbagai perintah, termasuk rekomendasi judul dan subtopik, untuk membuat paragraf artikel dengan mudah.

8. Zia by Zoho 

Zia by Zoho adalah asisten virtual bertenaga AI yang dirancang untuk membantu bisnis membuat keputusan yang lebih baik dan mengambil tindakan yang lebih strategis.

Zia adalah asisten cerdas yang dapat membantu bisnis menganalisis data, mengidentifikasi tren, dan mendapatkan wawasan tentang operasi mereka.

Zia dirancang agar mudah digunakan, dengan antarmuka sederhana yang memudahkan untuk memulai dan menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Zia ini menggunakan algoritma pembelajaran mesin canggih yang dirancang untuk belajar dan berkembang dari waktu ke waktu, memungkinkan bisnis untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan mengambil tindakan strategis.

Tak hanya itu, Zia juga digunakan untuk menganalisis berbagai sumber data, termasuk data penjualan, data pelanggan, dan data keuangan.

Zia dirancang agar sangat mudah dikustomisasi, dengan berbagai pilihan konfigurasi yang memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan sistem dengan kebutuhan spesifik mereka.

Ini berarti bahwa bisnis dapat membuat alur kerja khusus, mengotomatiskan tugas, dan menghasilkan laporan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka.

Zia by Zoho 

9. MarketMuse

MarketMuse adalah teknologi mutakhir yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan pemrosesan bahasa alami untuk memungkinkan pembuat konten mengembangkan konten yang kaya akan informasi berkualitas tinggi.

MarketMuse memberikan solusi unik untuk tantangan membuat konten yang substantif dan menarik.

MarketMuse adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menganalisis konten mereka dan melakukan perbaikan berdasarkan berbagai metrik, seperti keterbacaan, relevansi topik, dan keterlibatan audiens.

Salah satu manfaat utama MarketMuse adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi entitas semantik yang relevan dengan topik tertentu.

Dengan menganalisis bahasa yang digunakan dalam sebuah konten, MarketMuse dapat mengidentifikasi konsep dan ide utama yang paling erat kaitannya dengan topik bahasan.

Hal ini memungkinkan pembuat konten untuk mengembangkan konten yang tidak hanya informatif tetapi juga sangat relevan dan menarik bagi audiens target mereka.

MarketMuse juga memberikan fokus yang kuat kepada pengguna tentang relevansi topik dengan menggunakan istilah berbasis industri dan kata kunci berekor panjang.

Dengan menggunakan kata kunci ini, pembuat konten dapat memastikan bahwa konten mereka dioptimalkan untuk mesin pencari dan lebih mungkin ditemukan oleh audiens target mereka.

Selain itu, MarketMuse memberi pengguna wawasan tentang lanskap kompetitif, memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kesenjangan di pasar dan memanfaatkan peluang yang mungkin terlewatkan.

 10. Pattern89

Pattern89 adalah platform pemasaran bertenaga AI yang menggunakan pembelajaran mesin dan analisis prediktif untuk mengoptimalkan kampanye iklan.

Dengan menganalisis data dalam jumlah besar dan mengidentifikasi pola, platform ini dapat memprediksi kreasi iklan, penargetan, dan pesan mana yang akan berkinerja paling baik untuk audiens dan saluran tertentu.

Tujuannya adalah untuk memaksimalkan performa iklan sekaligus mengurangi pengeluaran yang sia-sia dan pengujian manual yang memakan waktu.

Teknologi Pattern89 didasarkan pada analisis semantik dan pemrosesan bahasa alami, yang memungkinkannya untuk memahami makna di balik kata dan frasa serta mengidentifikasi pola perilaku konsumen.

Hal ini memungkinkan platform untuk membuat konten iklan yang sangat personal dan relevan yang beresonansi dengan audiens target dan memberikan hasil yang lebih baik.

Untuk mencapai hal ini, Pattern89 menggunakan fokus yang kuat pada relevansi topik, menggunakan bahasa berbasis industri dan kata kunci berekor panjang untuk mengidentifikasi pesan yang paling efektif dan strategi penargetan.

Platform ini juga mengembangkan konten berkualitas tinggi dan kaya informasi yang mencakup sebanyak mungkin entitas semantik, tanpa mengorbankan keterbacaan atau pengalaman pengguna.

Dengan Pattern89, pemasar dapat menyederhanakan upaya periklanan mereka dan meningkatkan ROI mereka dengan memanfaatkan kekuatan AI dan analisis prediktif.

Platform ini memberikan wawasan dan rekomendasi real-time, memungkinkan pemasar untuk membuat keputusan berdasarkan data dan mengoptimalkan kampanye mereka dengan cepat.

Dengan mengambil pendekatan holistik untuk pengoptimalan iklan dan berfokus pada perjalanan pelanggan, Pattern89 membantu pemasar mencapai tujuan mereka dan mendorong pertumbuhan bisnis.

11. Headline Studio

Headline Studio adalah alat yang membantu Anda menulis judul yang menarik dan efektif untuk konten Anda.

Dengan fokus pada relevansi topikal dan kata-kata industri, Headline Studio menggunakan teknik-teknik SEO terbaru untuk membantu Anda menemukan judul yang lebih baik dan meningkatkan keterlibatan pembaca Anda.

Dengan memanfaatkan teknologi AI, Headline Studio dapat menilai kemungkinan kinerja sebuah judul dan memberikan saran untuk meningkatkan keterlibatan.

Ini juga dapat membantu Anda menemukan kata-kata kunci long-tail yang relevan dengan topik Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di hasil pencarian.

Headline Studio juga memungkinkan Anda menguji berbagai judul dan menemukan yang paling efektif untuk target audiens Anda.

Dengan fokus pada makna dan topik, alat ini membantu Anda menulis judul yang informatif dan menarik, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan pembaca dan peringkat SEO Anda.

Dengan Headline Studio, Anda dapat menghasilkan judul-judul yang efektif dan relevan, meningkatkan kemungkinan konten Anda terlihat oleh target audiens Anda dan meningkatkan keterlibatan mereka.

Kemudian, jika fokus pada topikal relevansi dan teknik-teknik SEO terbaru, maka Headline Studio adalah alat yang berguna untuk meningkatkan kualitas judul dan konten Anda secara keseluruhan.

12. Uizard

Uizard adalah platform inovatif yang menggunakan UX bertenaga AI untuk merevolusi proses desain web.

Dengan menyediakan antarmuka yang intuitif bagi para desainer dan pengembang, Uizard memungkinkan mereka membuat situs web yang indah dan mudah digunakan tanpa perlu coding atau keahlian desain khusus.

Inti dari teknologi Uizard adalah algoritme AI-nya yang canggih, yang menganalisis perilaku dan preferensi pengguna untuk membuat desain khusus yang disesuaikan dengan masing-masing situs web.

Dengan memanfaatkan kekuatan pembelajaran mesin dan pemrosesan bahasa alami, Uizard mampu menghasilkan desain menakjubkan yang menarik secara visual dan sangat fungsional.

Salah satu manfaat utama menggunakan Uizard adalah kemampuannya untuk menghemat waktu dan sumber daya untuk bisnis, karena menghilangkan kebutuhan akan agensi desain yang mahal atau tim desain internal.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan alat desain yang intuitif, Uizard memberdayakan bisnis dari semua ukuran untuk membuat situs web kelas profesional yang secara efektif melibatkan audiens target mereka.

Selain itu, fokus Uizard pada SEO semantik memastikan bahwa situs web dioptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna manusia, menghasilkan visibilitas yang lebih tinggi dan keterlibatan yang lebih besar.

Dengan menggunakan kata kunci berbasis industri dan frasa berekor panjang, Uizard memastikan bahwa setiap situs web sangat relevan dengan audiens targetnya dan secara efektif mengkomunikasikan pesan merek.

Singkatnya, Uizard adalah platform pengubah permainan yang mengubah industri desain web dengan UX bertenaga AI yang inovatif.

Dengan menyediakan alat yang kuat dan mudah digunakan bagi bisnis untuk membuat situs web yang memukau, Uizard membantu mendemokratisasi desain web dan memberdayakan bisnis dari semua ukuran untuk sukses secara online. 

Uizard

13. Brand24

Brand24 adalah strategi pemasaran digital terkemuka yang memungkinkan bisnis untuk memantau dan menganalisis keberadaan online mereka.

Dengan teknologi canggihnya, Brand24 dapat melacak penyebutan sebuah merek atau produk di berbagai platform media sosial, blog, forum, dan situs berita.

Dengan menyediakan data real-time tentang penyebutan merek dan analisis sentimen, Brand24 membantu bisnis untuk memahami pelanggan mereka, berinteraksi dengan audiens mereka, dan meningkatkan reputasi online mereka.

Brand24 juga memberikan wawasan yang berharga tentang aktivitas pesaing dan tren industri, sehingga memungkinkan bisnis untuk tetap menjadi yang terdepan.

Antarmuka Brand24 yang intuitif dan dasbor yang dapat disesuaikan memudahkan bisnis untuk memantau keberadaan online mereka dan membuat keputusan berdasarkan data.

Fitur-fiturnya yang canggih, seperti analisis sentimen dan identifikasi influencer, membantu bisnis untuk mengidentifikasi tren utama dan influencer di industri mereka, sehingga lebih mudah untuk berinteraksi dengan audiens mereka dan membangun loyalitas merek.

Dengan Brand24, bisnis dapat meningkatkan visibilitas online mereka, meningkatkan kesadaran merek, dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar mereka.

Kemampuan analitik dan pelaporannya yang kuat memberi bisnis wawasan yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dan mendorong pertumbuhan.

14. Influencity

Influencity adalah sebuah platform yang memfasilitasi hubungan antara merek dan influencer. Platform ini dirancang untuk memfasilitasi kolaborasi tanpa batas sambil memastikan bahwa merek menjangkau audiens target mereka melalui saluran yang tepat.

Influencity memanfaatkan algoritme canggih untuk mencocokkan brand dengan influencer yang memiliki nilai yang sama dan memiliki audiens yang tepat.

Platform ini juga menyediakan analitik dan wawasan yang terperinci bagi brand untuk membantu mereka mengukur efektivitas kampanye dan mengoptimalkan strategi mereka.

Influencity ini dapat menciptakan hubungan yang berarti antara merek dan influencer. Platform ini bekerja dengan memungkinkan merek untuk membuat kampanye dan menetapkan kriteria khusus untuk influencer yang ingin mereka ajak bekerja sama.

Kriteria ini dapat mencakup niche influencer, demografi audiens, lokasi, dan tingkat keterlibatan, di antaranya. Setelah kriteria ditetapkan, algoritme platform akan mencocokkan merek dengan influencer yang memenuhi persyaratan.

Brand kemudian dapat memilih influencer yang ingin mereka ajak bekerja sama berdasarkan profil dan pekerjaan mereka sebelumnya.

Selain menghubungkan brand dengan influencer, Influencity juga menyediakan analisis dan wawasan terperinci untuk membantu brand mengukur efektivitas kampanye mereka.

Platform ini melacak metrik utama seperti jangkauan, tayangan, keterlibatan, dan konversi, dan menyajikan data dalam format yang mudah dipahami.

Brand dapat menggunakan data ini untuk mengoptimalkan kampanye mereka dan membuat keputusan yang tepat tentang strategi pemasaran influencer mereka.

Di Influencity, kami memahami pentingnya relevansi topik dalam influencer marketing. Itulah mengapa platform kami dirancang untuk membantu brand menemukan influencer yang sangat relevan dengan niche dan target audiens mereka.

15. Sales Einstein

Sales Einstein adalah solusi inovatif yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin untuk merevolusi proses penjualan.

Solusi ini memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan dengan menganalisis perilaku, preferensi, dan kebutuhan mereka.

Sales Einstein dapat memprediksi produk atau layanan mana yang paling mungkin dibeli oleh pelanggan, yang membantu tenaga penjualan untuk menargetkan upaya mereka secara lebih efektif.

Sales Einstein ini juga disebut dengan asisten cerdas yang bertujuan untuk perwakilan penjualan.

Hal ini dapat memberikan rekomendasi tentang pendekatan terbaik yang harus dilakukan dengan pelanggan, berdasarkan kepribadian mereka, interaksi sebelumnya, dan perilaku pembelian.

Selain itu, juga memberikan wawasan real-time ke dalam perjalanan pelanggan, seperti halaman mana yang mereka kunjungi di situs web atau email mana yang mereka buka.

Informasi ini dapat membantu tenaga penjualan untuk menyesuaikan pendekatan mereka kepada setiap pelanggan, yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan.

Sales Einstein dibangun di atas fondasi data. Ini menggunakan data dari berbagai sumber, seperti profil pelanggan, riwayat penjualan, dan analisis situs web, untuk membuat prediksi dan rekomendasi.

Dengan menganalisis data ini, Sales Einstein dapat mengidentifikasi pola dan tren yang tidak langsung terlihat oleh manusia.

Hal ini memungkinkan perwakilan penjualan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan mengambil tindakan yang lebih mungkin menghasilkan penjualan.

Sales Einstein juga dirancang untuk dapat diskalakan. Sistem ini dapat menangani data dalam jumlah besar dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda.

Tim penjualan dapat mengintegrasikan Sales Einstein dengan sistem penjualan yang sudah ada, seperti CRM dan platform otomasi pemasaran, untuk menciptakan proses penjualan yang mulus.

Sales Einstein adalah pengubah permainan untuk bisnis yang ingin tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

Dengan memanfaatkan kekuatan AI dan pembelajaran mesin, staf penjualan dapat memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Sales Einstein

16. Pictory

Pictory adalah generator video AI yang memungkinkan pembuatan dan pengeditan video berkualitas tinggi dengan mudah. Untuk menggunakan tools ini Anda tidak perlu memiliki pengalaman sebelumnya dalam pengeditan atau desain video.

Untuk membuat konten video, mulailah dengan naskah atau artikel. Pictory dapat membantu mengubah postingan blog Anda menjadi video untuk media sosial atau situs web Anda. Ini berbasis cloud, jadi bisa digunakan di komputer mana pun.

Nah, Fitur ini berguna untuk blogger pribadi dan perusahaan yang ingin meningkatkan keterlibatan dan kualitas.

Pictory adalah alat pengeditan video yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan teks ke video mereka, sehingga ideal untuk mengedit webinar, podcast, rekaman Zoom, dan konten serupa.

Aplikasi ini mudah digunakan dan memberikan hasil profesional dengan cepat, sehingga memungkinkan pengguna untuk memperluas audiens dan merek mereka.

Pictory menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk membuat gulungan sorotan video yang dapat dibagikan, dan mungkin bermanfaat bagi mereka yang tertarik untuk berbagi klip pendek di media sosial.

Platform ini juga menyertakan fitur teks otomatis dan ringkasan untuk video yang lebih panjang.

Intinya, fitur utama dari tools Ai Pictory yaitu, video dapat dibuat dengan menggunakan artikel atau skrip sebagai dasar, proses pembuatan video melibatkan penyertaan teks, menghasilkan kompilasi sorotan video penting yang dapat dengan mudah dibagikan, video dapat diberi keterangan dan diringkas secara otomatis.

17. Jasper

Jasper adalah solusi perangkat lunak revolusioner yang menyederhanakan dan mengotomatiskan proses bisnis Anda.

Platform inovatif ini menawarkan serangkaian alat bantu yang komprehensif untuk mengelola segala hal, mulai dari manajemen hubungan pelanggan hingga inventaris dan penjualan.

Dengan Jasper, Anda dapat dengan mudah melacak dan menganalisis data, menyederhanakan alur kerja, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan.

Pada intinya, Jasper ini memberdayakan bisnis untuk bekerja lebih cerdas dan lebih efisien.

Dengan antarmuka yang intuitif dan fitur-fitur canggih, platform ini menyederhanakan tugas-tugas yang rumit dan memudahkan untuk mengelola dan melacak segala sesuatu, mulai dari prospek dan prospek hingga pesanan dan pengiriman.

Salah satu manfaat utama Jasper adalah fokusnya pada wawasan berbasis data. Platform ini menyediakan analitik dan pelaporan waktu nyata, memberikan Anda gambaran yang jelas tentang kinerja bisnis Anda dan di mana peluang untuk perbaikan berada.

Hal ini membantu Anda membuat keputusan yang tepat dan mengoptimalkan operasi Anda untuk efisiensi dan profitabilitas maksimum.

Jasper juga sangat mudah disesuaikan, yang berarti Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda.

Baik Anda startup kecil atau perusahaan besar, Jasper memiliki alat dan fitur yang Anda butuhkan untuk tetap kompetitif dan sukses dalam lanskap bisnis yang bergerak cepat saat ini.

18. Murf

Generator suara teks Murf dianggap sebagai salah satu alat AI terbaik untuk bisnis. Ini adalah generator suara AI yang populer dan mengesankan yang dapat mengubah teks menjadi ucapan, sulih suara, dan dikte.

Banyak profesional, termasuk pengembang produk, podcaster, pendidik, dan pemimpin bisnis, menggunakannya.

Murf menyediakan banyak opsi penyesuaian untuk membantu mengembangkan suara yang terdengar alami. Aplikasi ini menampilkan pilihan suara dan dialek, serta antarmuka yang mudah digunakan.

Generator teks ke suara menawarkan studio voice-over AI lengkap dengan editor video untuk membuat video dengan voiceover.

Studio ini memiliki 100+ suara AI dari 15 bahasa dan memungkinkan pengguna untuk memilih preferensi Pembicara, Aksen/Gaya Suara, dan Nada atau Tujuan.

Murf menyediakan fitur pengubah suara yang memungkinkan pengguna untuk merekam menggunakan sulih suara.

Nada, kecepatan, dan volume sulih suara dapat disesuaikan, dan pengucapan dapat diubah. Selain itu, pengguna dapat menambahkan penekanan atau jeda sesuai keinginan.

Adapun fitur utama dari Murf yaitu, perpustakaan ini menyediakan berbagai suara AI dalam berbagai bahasa, dengan total lebih dari 100 suara, gaya bicaranya ekspresif dan emosional.

Sistem ini menyediakan dukungan untuk input audio dan teks, perusahaan tersebut bernama AI Voiceover Studio, hal ini dapat disesuaikan melalui nada, aksen, dan faktor lainnya.

19. Flick

Flick adalah alat pembuatan konten media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menghasilkan teks yang sangat personal dan sesuai dengan merek dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Jika Anda ingin buat konten, Anda sekarang tidak perlu mengkhawatirkan kerumitan penulisan teks. Karena teks bisa dibuat oleh ahlinya, seolah-olah Anda memiliki copywriter pribadi yang siap melayani Anda.

Asisten Media Sosial AI dari Flick ini termasuk strategi pemasaran yang dirancang untuk mempercepat proses curah pendapat, penulisan, dan perencanaan untuk Media Sosial.

Dengan memasukkan topik, Asisten dapat dengan cepat menghasilkan ide konten yang orisinal dan menarik, sehingga menghemat waktu Anda yang biasanya dihabiskan untuk melakukan curah pendapat selama berjam-jam.

Asisten dapat membantu dalam pengembangan keterampilan menulis naskah tanpa memerlukan pelatihan yang ekstensif.

Membuat naskah yang efektif dapat menimbulkan kesulitan, namun, Asisten dapat meningkatkan produktivitas sambil mempertahankan gaya penulisan individual.

Tools ini dibentuk sesuai ‘Perencana Konten’, yang mana ada area khusus untuk ide-ide Anda, baik yang sudah dikembangkan sepenuhnya atau hanya judul sementara, yang membantu pengaturan pemikiran yang lebih baik dan pengembangan konten yang lebih koheren.

Adapun fungsi tambahan dari tools ini yaitu: 

  • Dimulai fitur penjadwal, fitur ini termasuk tools untuk merencanakan, membuat, dan menerbitkan konten dengan cara yang andal, ramah pengguna, menghemat waktu dan mengurangi stres.
  • Kemudian, pada hastag, Anda harus menyesuaikan agar dapat meningkatkan performa postingan dan menjangkau audiens yang lebih luas.
  • Terakhir fitur analitik, fitur ini dapat membantu Anda tetap berada di puncak aktivitas Sosial, memberikan Anda kejelasan dan kepercayaan diri yang lebih besar untuk membuat keputusan yang tepat.
Flick

Nah itu dia, tools AI yang dapat membantu pekerjaan Anda lebih mudah. Dengan begitu kerjaan Anda berjalan lancar.

AI itu apa?

AI ini melibatkan penggunaan teknik matematika, ilmu komputer, dan psikologi kognitif untuk mensimulasikan kecerdasan dan pengambilan keputusan manusia. Ada banyak manfaat dari AI, mulai dari pengurangan biaya, peningkatan efisiensi, dan peningkatan akurasi, hingga peningkatan pengalaman pelanggan.

AI itu singkatan dari?

AI singkatan dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)

Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.

You might also like