
Ada banyak strategi pemasaran yang tersedia untuk bisnis dari semua ukuran, termasuk startup, perusahaan, dan UMKM. Strategi pemasaran yang umum digunakan di kalangan pebisnis yaitu Marketing Mix 4p.
Bahwasannya, strategi pemasaran 4P ini menyediakan serangkaian elemen proses pemasaran yang lebih tepat dan ringkas dibandingkan dengan pemasaran 7P.
Strategi pemasaran ini bersifat komprehensif dan dapat diterapkan pada bisnis dengan berbagai ukuran dan niche pasar, termasuk di industri kuliner/makanan, fashion atau industri lainnya.
Oleh karena itu, kita akan membahas spesifik mengenai contoh Marketing Mix produk makanan. Hal ini dapat menginspirasi Anda ketika ingin memulai bisnis. Yuk simak penjelasannya!
Neil Borden memperkenalkan konsep Marketing Mix pada pertengahan abad ke-20, dan juga terinspirasi dari gagasan James Cullington.
Menurut sumber investopedia, bahwa Marketing Mix ini terdiri dari berbagai elemen yang membentuk bagian penting dari marketing plan.
Kemudian, Istilah ini sering mengacu pada klasifikasi umum yang dimulai dengan 4P: produk, harga, penempatan, dan promosi.
Kerangka kerja ini bertujuan untuk membuat marketing plan yang komprehensif, hingga dapat membedakan produk atau layanan dari pesaing yang menciptakan nilai bagi pelanggan. Seringkali, elemen-elemen ini saling bergantung satu sama lain.
Marketing Mix adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan mereka. Ada empat komponen utama dalam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, dan promosi.
Kemudian, fungsi utama dari Marketing Mix yaitu menyediakan kerangka kerja untuk menciptakan strategi pemasaran yang akan meningkatkan penjualan dan keuntungan. Nah, berikut ini fungsi dari Marketing Mix:
Fungsi Marketing Mix ini sangat penting bagi bisnis, dan pasti Anda sangat bergantung pada perantara ini untuk memastikan keberhasilannya.
Perantara yang dimaksud ini yaitu penghubung antara produsen dan konsumen, yang memainkan peran penting dalam fungsi bauran pemasaran.
Selain itu juga, perantara ini dapat menjembatani kesenjangan antara produsen dan konsumen. Hal ini dapat terjadi melalui bentuk pedagang grosir, pengecer, atau agen.
Perantara ini akan mendistribusikan barang sehingga produsen dapat fokus pada produksi dan memastikan produk mencapai pasar. Perantara juga dapat menyediakan data berharga tentang pasar bagi bisnis.
Jika melakukan riset pasar, maka perantara memberikan feedback yang berwawasan luas kepada produsen tentang produk apa yang paling banyak diminati, fitur apa yang dicari konsumen, dan apa yang dilakukan pesaing mereka secara berbeda.
Perantara juga memainkan peran penting dalam mempromosikan produk produsen, loh!
Peran tersebut bisa dilakukan melalui iklan, promosi, dan kampanye penjualan, perantara dapat meningkatkan awareness tentang suatu produk, meningkatkan keinginan, dan meningkatkan penjualan.
Selain itu, perantara juga bertanggung jawab untuk menyediakan layanan purna jual seperti garansi, pengembalian, dan perbaikan.
Dengan menawarkan layanan tersebut, mereka membantu mengembangkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen terhadap merek dan produknya, yang mengarah pada pembelian berulang dan hubungan konsumen jangka panjang.
Fungsi bauran pemasaran sendiri adalah kunci fundamental untuk membuka kesuksesan di pasar yang ramai. Inti dari bauran pemasaran adalah fungsi pertukaran, yang merupakan inti dari semua transaksi bisnis.
Pertukaran ini memungkinkan bisnis untuk menciptakan dan memberikan nilai kepada pelanggan, dan menerima sesuatu yang bernilai dari pelanggan sebagai imbalannya.
Dalam lanskap bisnis modern, ada empat fungsi pertukaran utama yang mendukung bauran pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi.
Fungsi ini saling bergantung dan bekerja sama untuk menciptakan strategi pemasaran yang dapat menembus kebisingan pasar dan memberikan hasil bisnis yang nyata dan nyata.
Pertama, fungsi produk ini melibatkan penciptaan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan basis pelanggan target.
Ini adalah tentang merancang produk yang tepat dengan harga yang tepat dan kemudian mengomunikasikan proposisi nilai tersebut secara efektif.
Kemudian, fungsi harga ini akan melihat strategi penetapan harga yang optimal untuk lini produk Anda, menetapkan harga yang kompetitif, bisnis Anda memilik keuntungan.
Fungsi tempat mengenai cara marketing mix produk Anda tersedia di tempat yang paling mungkin dijumpai oleh pelanggan target Anda.
Ini bisa berarti mengirimkan produk melalui berbagai saluran, seperti melalui pengecer, penjualan langsung, penjualan online, atau kombinasi dari semuanya.
Terakhir, fungsi promosi adalah tempat merek menjadi hidup, memanfaatkan berbagai teknik periklanan dan pemasaran untuk mengomunikasikan proposisi nilai unik produk Anda kepada audiens target Anda.
Fungsi pertukaran dalam bauran pemasaran adalah alat penting bagi bisnis yang ingin mencapai keunggulan kompetitif di pasar yang ramai.
Saat memberikan produk yang tepat, harga yang tepat, saluran yang tepat, dan dengan taktik komunikasi yang tepat, maka bisnis dapat menciptakan dan mempertahankan dominasi merek serta mendorong kesuksesan dengan jangka panjang.
Logistik adalah detak jantung dari setiap bisnis yang berurusan dengan barang fisik, karena logistik bertanggung jawab untuk memindahkan produk-produk ini ke tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dalam kondisi yang tepat.
Bauran Pemasaran, ini juga dikenal sebagai fungsi distribusi fisik.
Fungsi distribusi fisik lebih dari sekadar pengangkutan barang dari pabrik ke gudang, lalu ke pelanggan.
Fungsi ini mencakup seluruh rantai pasokan, mulai dari pengadaan bahan baku, penjadwalan produksi, manajemen inventaris, pengemasan dan pelabelan, pergudangan, transportasi, hingga pengiriman, dan bahkan layanan purna jual.
Fungsi distribusi fisik yang efisien memastikan kontrol yang lebih baik pada rantai pasokan, yang menghasilkan pengurangan biaya, lebih sedikit waktu yang dihabiskan dalam perjalanan, dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.
Jika satu mata rantai rusak, seluruh proses dapat terpengaruh, yang menyebabkan penundaan, kerusakan, dan hilangnya pendapatan.
Dalam ekonomi global yang bergerak cepat saat ini, bisnis harus mempertahankan keunggulan kompetitif melalui ide-ide inovatif dan peningkatan, seperti pelacakan pengiriman secara online, manajemen inventaris waktu nyata, dan metode pengiriman.
Logistik memainkan peran penting dalam menerapkan strategi ini, memastikan bahwa bisnis dapat tetap menjadi yang terdepan dalam tren dan memenuhi harapan pelanggan.
Perusahaan yang memprioritaskan fungsi distribusi fisik mereka menciptakan keunggulan kompetitif yang mengarah pada penjualan yang lebih tinggi dan pengenalan merek yang lebih besar.
Melalui layanan pengiriman yang efisien, bisnis dapat membangun basis pelanggan yang loyal, serta menarik pelanggan baru yang menghargai layanan yang tepat waktu dan dapat diandalkan.
4P pemasaran adalah model yang digunakan untuk meningkatkan berbagai elemen “bauran pemasaran” saat meluncurkan produk atau layanan baru.
Model ini memungkinkan Anda untuk menentukan strategi pemasaran terkait harga, produk, promosi, dan tempat untuk memastikan penawaran Anda memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan tertentu.
Lalu, bagaimana penjelasan untuk setiap model dari Marketing Mix ini ?
Pertama, produk ini mengacu pada barang atau jasa yang ditawarkan perusahaan, dan sangat penting untuk memastikan bahwa produk tersebut selaras dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan agar sukses.
Kedua, pada harga ini merupakan faktor yang melibatkan penentuan nilai suatu produk sesuai dengan permintaan pasar dan persaingan, dan harus kompetitif. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar yang mendalam untuk memahami kebutuhan dan preferensi konsumen, sehingga harga produk dapat ditetapkan secara kompetitif namun tetap menguntungkan bagi perusahaan. Selain itu, cara menunjukkan keunggulan produk dapat dilakukan dengan mempromosikan nilai tambah dan kualitas produk melalui strategi pemasaran yang tepat, seperti melalui media sosial, iklan, dan kerjasama dengan influencer atau public figure untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut.
Ketiga, promosi yang mencakup semua aspek periklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat, yang bertujuan untuk menciptakan brand awareness, meningkatkan penjualan, dan loyalitas pelanggan.
Dengan menggunakan berbagai media seperti digital, sosial, cetak, dan luar ruang, perusahaan dapat menjangkau audiens target mereka dan mendorong konversi secara efektif.
Metode yang terakhir ini yaitu tempat yang mana dapat mengacu pada saluran distribusi danproses pengiriman produk ke konsumen.
Jika menggunakan strategi distribusi yang terencana dengan baik, maka bisnis dapat memastikan bahwa produk mereka tersedia bagi pelanggan di tempat yang paling mereka butuhkan.
Selain itu, terdapat faktor lain pada Marketing Mix ini seperti manajemen inventaris, transportasi, dan logistik ikut berperan di sini.
Bauran pemasaran 4P adalah cara terbaik untuk memberikan struktur dan fokus pada strategi pemasaran.
Memasukkan bauran 4P ke dalam rencana pemasaran secara keseluruhan dapat menghasilkan penjualan yang lebih baik, peningkatan pangsa pasar, dan peningkatan brand awareness.
Ini adalah proses dinamis yang membutuhkan feedback, penyesuaian, dan pengoptimalan agar tetap relevan dan kompetitif dalam lanskap pemasaran yang terus berubah.
Penerapan strategi pemasaran 4P dalam bisnis dapat memberikan banyak manfaat, selama dijalankan secara efektif. Beberapa manfaat ini diuraikan di bawah ini:
Jika Anda ingin meningkatkan permainan pemasaran Anda, tidak perlu mencari lagi selain strategi 4P yang sudah teruji dan terbukti.
Dengan berfokus pada produk, harga, promosi, dan tempat, pendekatan ini menciptakan efek sinergis yang dapat melambungkan upaya pemasaran Anda ke tingkat yang lebih tinggi.
Pertama, mari kita mulai dengan produk. Dengan menciptakan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan audiens target Anda, Anda menyiapkan diri untuk sukses.
Penawaran Anda harus berbeda dari pesaing, sambil memberikan USP yang kuat yang akan menarik bagi target pasar Anda.
Saat membuat produk, Anda harus menetapkan fondasi di seluruh kampanye pemasaran Anda bahkan sebelum Anda melakukan promosi.
Selanjutnya, melakukan penetapan harga.Produk Anda mungkin yang terbaik di luar sana, tetapi tidak akan ada gunanya jika harga yang Anda berikan tidak dapat dijangkau oleh target audiens Anda.
Bahwasannya, strategi 4P ini membutuhkan struktur harga yang adil dan kompetitif, namun tetap memberikan margin keuntungan yang sehat.
Untuk menemukan harga yang tepat, Anda harus melakukan riset dan mempertimbangkannya dengan cermat.
Karena, jika harga yang tepat, maka dapat menciptakan efek lingkaran cahaya yang meningkatkan nilai yang dirasakan dari merek Anda dan memikat pelanggan potensial.
Promosi adalah langkah berikutnya, dan di sinilah Anda bisa berkreasi. Dengan menerapkan promosi yang efektif sesuai dengan audiens, Anda dapat menghasilkan gebrakan yang signifikan dan dapat membedakan Anda dari pesaing.
Nah, kuncinya saat melakukan promosi Anda harus menentukan platform dan teknik yang paling sesuai untuk melibatkan audiens target Anda dan menerapkan metode-metode tersebut secara efisien.
Terakhir, yang tak kalah penting adalah tempat. Hal ini mengacu pada saluran distribusi dan lokasi di mana produk Anda tersedia.
Pertimbangkan di mana target audiens Anda menghabiskan waktu untuk berbelanja. Misalnya, jika produk Anda menargetkan ibu-ibu yang sibuk, maka sediakan produk Anda di toko kelontong dan pengecer online yang sering mereka kunjungi.
Dengan menempatkan produk Anda di area yang mudah diakses dan nyaman bagi audiens, Anda dapat meningkatkan peluang pembelian.
Intinya, jika Anda mengadopsi strategi 4P, maka Anda dapat meningkatkan peluang untuk menciptakan sinergi antara semua aspek upaya pemasaran Anda.
Hasilnya adalah kampanye yang lebih kuat dan komprehensif yang beresonansi dengan audiens Anda dan memberikan hasil yang lebih baik. Jadi, mengapa harus menunggu? Mulailah menerapkan strategi 4P hari ini dan lihat sendiri perbedaannya.
Sudah tau belum, bahwa strategi pemasaran 4P ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis di seluruh dunia, loh!
Selain itu, strategi ini juga dianggap sebagai tulang punggung rencana pemasaran (Marketing Plan).
Dengan berfokus pada empat pilar yaitu Product, Price, Place, dan Promotion, prinsip 4P ini membantu mendorong penjualan, menghasilkan pendapatan, dan menambah nilai pada merek.
Salah satu manfaat utama dari strategi 4P adalah kemampuannya untuk meningkatkan nilai merek bisnis secara keseluruhan dan menciptakan loyalitas di antara para pelanggan.
Jika Anda menerapkan penawaran produk dengan matang mengenai strategi harga, maka perusahaan dapat menciptakan basis pelanggan setia yang mempercayai merek dan produknya.
Kemudian, adanya rencana penempatan yang strategis, produk Anda akan lebih mudah diakses oleh audiens, hingga Anda dapat membangun kehadiran yang lebih kuat di pasar.
Rencana pemasaran 4P juga dapat menghasilkan kepuasan pelanggan, dan membangun nilai brand Anda.
Hal ini menciptakan dampak positif pada pelanggan, membuat mereka lebih mudah menerima peluncuran produk atau promosi yang diusulkan oleh perusahaan di masa depan.
Nah, dengan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik dan mempertahankan penawaran produk berkualitas tinggi, bisnis dapat menghasilkan loyalitas merek, dan menghasilkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas.
Dengan adanya pemasaran, Anda dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik antara pelanggan dan pemilik bisnis.
Untuk strategi pemasaran 4P (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat) sendiri menawarkan kerangka kerja yang kuat, loh! Karena Anda dapat meningkatkan hubungan yang baik, serta bisa penawaran bisnis Anda dengan kebutuhan pelanggan.
Lalu, pada pengembangan produk ini dimulai dengan memahami preferensi pelanggan dan menggunakan informasi agar produk Anda dapat menonjol dari persaingan.
Anda juga harus menekankan kualitas, inovasi, dan fungsionalitas, dengan begitu bisnis Anda dapat menciptakan produk yang melebihi ekspektasi pelanggan dan menumbuhkan loyalitas.
Selanjutnya, penetapan harga ini juga termasuk aspek penting dari strategi pemasaran 4P karena dapat membantu menarik dan mempertahankan pelanggan.
Jika Anda menawarkan harga yang kompetitif, maka akan dipastikan bahwa pelanggan akan memberikan nilai yang baik, apalagi Anda memberikan diskon, kupon, atau promosi lainnya yang bisa mendorong penjualan Anda.
Promosi juga termasuk bagian dari strategi pemasaran 4P yang bisa mengkomunikasikan nilai produk dan layanan Anda dengan cara yang sesuai.
Apalagi cara yang Anda gunakan yaitu iklan bertarget, media sosial, dan bentuk pemasaran lainnya, dengan begitu bisnis Anda dapat menjangkau audiens di mana pun mereka berada.
Terakhir, tempat ini juga bagian dari strategi pemasaran 4P yang membuat produk Anda mudah diakses oleh pelanggan.Nah, untuk cara mengaksesnya Anda bisa berjualan secara online, atau offline.
Sudah tau belum bahwa kekuatan dari 4P ini berasal dari integrasi, baik dalam satu kampanye maupun di berbagai strategi yang berbeda. Karena integrasi adalah kunci untuk mencapai bisnis dengan maksimal melalui 4P.
Jika Anda berfokus menggunakan 4P, maka Anda dapat membuat rencana pemasaran yang lebih efektif.
Apalagi perusahaan Anda benar-benar memahami kebutuhan pelanggannya, perusahaan dapat membuat produk yang memenuhi kebutuhan tersebut dengan sempurna.
Kemudian, perusahaan juga harus menggunakan harga yang dapat membedakan dirinya dari pesaing, dengan menawarkan nilai atau manfaat luar biasa yang benar-benar diinginkan pelanggan.
Selain harga, tempat atau distribusi juga sama pentingnya. Saluran distribusi yang efektif dapat membantu meningkatkan kenyamanan pelanggan dan membangun hubungan dengan perantara yang membantu membawa produk ke pasar.
Terakhir, promosi ini juga membantu membangun permintaan dan kesadaran akan produk dengan mengomunikasikan proposisi nilai yang unik kepada calon pelanggan.
Nah, masing-masing elemen ini dapat menciptakan rencana pemasaran yang kohesif dan dapat terintegrasi dengan mulus.Dalam lanskap pemasaran yang kompleks saat ini, sangat penting untuk merangkul 4P sebagai kerangka kerja untuk meraih kesuksesan.
Namun, jangan berhenti sampai di situ pastikan bisnis Anda juga berfokus pada integrasi.
Dengan menekankan pesan terpadu dan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, Anda dapat mengoptimalkan manfaat strategi pemasaran 4P dan bisa mencapai kesuksesan yang lebih besar di pasar Anda.
Strategi pemasaran 4P adalah alat yang ampuh untuk membantu memposisikan produk dan layanan Anda secara efektif di pasar.
Strategi ini melibatkan pengoptimalan empat elemen kunci: produk, harga, promosi, dan tempat, untuk mencapai penetrasi pasar dan profitabilitas yang diinginkan. Dengan menganalisis setiap elemen ini, bisnis dapat membuat keputusan yang tepat yang mengarah pada kampanye pemasaran yang sukses.
Nah, untuk elemen yang pertama yaitu produk, dimana produk mengacu pada penawaran berwujud atau tidak berwujud yang ditawarkan bisnis ke pasar.
Untuk membuat keputusan yang tepat, bisnis harus mengidentifikasi fitur dan manfaat produk yang dapat menarik bagi target audiens Anda.
Pengetahuan ini membantu untuk mengembangkan posisi produk yang efektif, diferensiasi, dan strategi branding yang dapat membedakannya dari pesaing.
Selanjutnya harga, untuk harga sendiri merupakan elemen kedua dari strategi pemasaran 4P. Dimana keputusan penetapan harga ini harus didasarkan pada riset pelanggan, analisis persaingan, dan perhitungan margin keuntungan.
Dengan menetapkan harga yang tepat, bisnis dapat membangun keunggulan kompetitif sambil tetap mempertahankan profitabilitas.
Elemen ketiga yaitu promosi, karena promosi ini mencakup semua aspek komunikasi pemasaran yang digunakan bisnis untuk meningkatkan awareness, membangkitkan minat, dan memotivasi pembelian.
Elemen ini membutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang target audiens, preferensi, dan perilaku para pembeli. Dengan menggunakan kombinasi yang tepat antara iklan, promosi, dan alat pemasaran lainnya, bisnis Anda akan lebih maksimal dalam kampanye pemasaran.
Elemen terakhir yaitu tempat yang mengacu pada saluran distribusi dan digunakan para pebisnis untuk menyampaikan produk dan layanannya ke tangan pelanggan.
Nah, untuk membuat keputusan yang tepat, bisnis harus mengevaluasi dengan cermat biaya, logistik, dan keterbatasan saluran distribusi yang berbeda.
Pengetahuan ini membantu Anda untuk menentukan strategi distribusi yang optimal, hingga dapat memaksimalkan potensi pasar.
Dengan menggunakan strategi pemasaran 4P untuk membuat keputusan yang tepat, bisnis dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing, dan Anda juga dapat mengembangkan rencana tindakan yang jelas.
Hal ini memungkinkan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan, memaksimalkan potensi pasar, dan mencapai kesuksesan dengan jangka panjang.
Strategi pemasaran 4P ini terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi ini tidak hanya berfokus pada produk atau layanan yang Anda tawarkan, tetapi juga pada bagaimana Anda menawarkannya dan kepada siapa.
Dengan memanfaatkan strategi ini secara efektif, bisnis dapat mengontrol persepsi audiens terhadap produk dan layanan Anda, serta dapat membuka jalan untuk volume penjualan yang lebih besar.
Langkah pertama adalah Anda harus memastikan bahwa produk itu berkualitas tinggi. Ini berarti Anda bisa menciptakan produk sesuai kebutuhan audiens.
Setelah produknya sempurna, saatnya untuk melihat harga. Harga Anda harus kompetitif, tetapi tidak terlalu rendah sehingga Anda tidak mengorbankan kualitas.
Lalu, ketiga adalah tempat yang mengacu pada tempat Anda menjual produk. Apakah Anda hanya mengandalkan toko fisik atau apakah Anda memiliki toko online? Apakah Anda menjual langsung ke konsumen atau melalui distributor?
Nah, keputusan-keputusan ini dapat sangat memengaruhi volume penjualan Anda.
Terakhir, promosi memainkan peran besar dalam volume penjualan Anda. Dengan memasarkan produk atau layanan Anda secara efektif dan menjangkau audiens yang tepat, Anda dapat menciptakan buzz dan sensasi di sekitar brand Anda.
Hal ini dapat dilakukan melalui media sosial, influencer marketing, email marketing, dan berbagai taktik promosi lainnya.
Sesuai dengan penjelasan diatas, bahwa strategi Marketing Mix dimulai dari harga, produk, tempat, dan promosi.
Kemudian, di bawah ini kami akan mengulas contoh-contoh elemen Marketing Mix 4p produk makanan atau kuliner, dengan membahasnya satu per satu.
Perusahaan makanan yang berasal dari jepang yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah HokBen atau Hoka-Hoka Bento. Perusahaan ini merupakan perusahaan makanan dan minuman cepat saji yang didirikan pada tanggal 18 April 1985.
Selama 37 tahun, HokBen terus berinovasi dalam hal produk dan pemasaran, sehingga HokBen menjadi pilihan makanan cepat saji yang disukai oleh keluarga Indonesia.
HokBen menawarkan masakan khas Jepang yang telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia.
HokBen pun memiliki berbagai macam varian menu yaitu daging ayam, daging sapi, ikan, makanan bento untuk dewasa dan anak-anak, camilan tempura, minuman, dan makanan penutup (dessert).
Marketing Mix pada HokBen ini juga mencakup inovasi produk untuk meningkatkan daya tarik pelanggan dan stabilitas bisnis.
Kemudian, Hokmen juga menciptakan menu musiman (seasonal product) yang diperkenalkan beberapa tahun lalu, dan muncul kembali pada awal pandemi 2020.
Selanjutnya, untuk strategi harga HokBen ini ada pilihan menu yaitu menu paket dan menu satuan, dengan harga yang terjangkau untuk keluarga Indonesia.
Strategi harga HokBen ini menawarkan paket makanan dengan menggunakan penetapan harga. Paket makanan ini diberikan dengan harga diskon atau mendapatkan harga yang lebih rendah dibandingkan konsumen membeli produk satu per satu.
Contohnya, HokBen menawarkan pilihan kepada pelanggan untuk membeli paket seperti Hoka Hemat atau Bento Special untuk meningkatkan nilai dan keterjangkauan produk mereka.
Namun demikian, pelanggan tidak dibatasi untuk membeli paket dan juga bisa memilih produk individu dengan harga khusus berdasarkan kebutuhan yang tersedia.
Strategi ekspansi yang digunakan HokBen ini yaitu dengan membangun lebih dari 170 gerai di berbagai kota di Jawa, Sumatra, dan Bali.
Mayoritas gerai-gerai ini berlokasi di mal atau pusat perbelanjaan serupa, dengan tujuan untuk menarik pengunjung malsebagai konsumen potensial.
HokBen ini menawarkan layanan bisnis online yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses informasi tentang produk perusahaan dan melakukan pembelian.
Aplikasi seluler ini menyediakan berbagai fitur untuk pelanggan, termasuk mengklaim penawaran khusus, menemukan restoran, melakukan pemesanan, dan melakukan pembayaran untuk pesanan di restoran HokBen terdekat.
HokBen juga berkolaborasi dengan layanan transportasi online seperti GoJek (GoFood) dan Grab (GrabFood) agar pelanggan dapat menentukan pilihannya saat memesan produk mereka selain melalui aplikasi perusahaan.
Salah satu tahapan dalam Marketing Mix 4P yaitu komunikasi pemasaran yang ditujukan kepada target pelanggan.
HokBen juga menargetkan konsumen anak-anak dengan menawarkan mainan gratis apabila melakukan pembelian produk Kidzu Bento dalam jangka waktu tertentu.
Kemudian, HokBen juga menawarkan kode promosi sesuai dengan ketentuan pembelian produkdan memanfaatkan berbagai saluran pemasaran, termasuk platform media sosial seperti Instagram, Meta, dan TikTok, serta metode pemasaran tradisional.
Perusahaan McDonald’s ini menggunakan Marketing Mix, dimana perusahaan ini ingin mengatasi masalahnya di berbagai pasar makanan cepat saji di seluruh dunia.
Contohnya, McDonald’s ini memiliki standar perusahaan untuk produktivitas, baik di lokasi milik perusahaan maupun waralaba. Perusahaan juga dapat menerapkan beberapa variasi dalam Marketing Mix berdasarkan kondisi pasar lokal atau regional.
Perusahaan ini menawarkan menu dengan beraneka macam, mulai dari hamburger, sandwich, ayam, ikan, salad, dessert, minuman, makanan ringan, menu sarapan, dan McCafé.
Di antara 4P, produk memainkan peran penting dalam menentukan nilai merek McDonald’s.
Adanya penawaran yang dilakukan perusahaan ini untuk memperluas lini produknya, memenuhi permintaan pasar, menghasilkan lebih banyak pendapatan, dan memitigasi risiko bisnis.
McDonald’s ini juga menggunakan strategi penetapan harga, termasuk bundel dan harga psikologis, dengan tujuan memaksimalkan volume penjualan dan profit margin.
Penetapan harga psikologis melibatkan penggunaan harga yang terlihat lebih terjangkau, seperti Rp__.999.
Strategi penetapan harga perusahaan bertujuan untuk memengaruhi pembelian konsumen dengan menciptakan persepsi keterjangkauan harga.
McDonald’s mendistribusikan produknya melalui berbagai tempat yang termasuk bagian dari model 4P ini yaitu restoran, kios, aplikasi seluler, dan situs web.
Restoran ini juga mengoperasikan kios yang menawarkan beberapa pilihan menu yang terbatas, seperti es krim, sundae, dan makanan penutup.
Kios ini biasanya bersifat sementara dan digunakan dalam acara-acara yang berlangsung secara musiman, seperti kompetisi olahraga dan lain sebagainya.
Komunikasi pemasaran ini terdapat di variabel 4P. McDonald’s akan menerapkan strategi ini setiap variabel 4P, yang disusun berdasarkan signifikansi dalam bisnis, termasuk berbagai jenis iklan, promosi penjualan, public relation, dan direct marketing.
Tak hanya itu, McDonald’s juga menggunakan iklan sebagai promosi utamanya, memanfaatkan media televisi dan media online untuk iklannya.
Promosi penjualan adalah taktik umum untuk meningkatkan traffik pelanggan di restoran.
Nah, McDonald’s baru-baru ini bermitra dengan boyband Korea Selatan, BTS, untuk mempromosikan merek mereka. Adanya strategi promosi, pelanggan akan tertarik dan ingin membelinya.
Produk Basreng Regar dibuat dengan bahan-bahan asli Indonesia dan memiliki cita rasa yang khas. Dibuat dengan tangan dan memiliki kerenyahan yang memuaskan di setiap gigitannya.
Lihatlah sekilas kemasannya dan Anda akan terkesima. Dengan berbagai macam pilihan rasa, termasuk pedas, asin dan manis, selalu ada yang cocok untuk setiap selera.
Tingkat kepedasannya sangat seimbang, tidak pernah terlalu berlebihan namun tetap memberikan rasa pedas yang diharapkan dari camilan berkualitas.
Tapi bukan hanya rasa yang membuat produk Basreng Regar menonjol, melainkan juga komitmennya terhadap kualitas.
Setiap tahap produksi diawasi dengan ketat untuk memastikan bahwa hanya bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi yang masuk ke dalam setiap kemasan. Perhatian terhadap detail inilah yang membuat pelanggan terus kembali dari generasi ke generasi.
Camilan basreng ini diproduksi dengan menggunakan campuran daging dan tepung yang tepat, dan digoreng sehingga menghasilkan rasa daging yang dominan. Produk camilan juga diberi berbagai macam bumbu.
Kemudian, basreng ini juga memiliki berbagai pilihan rasa, ukuran, dan kemasan, yang dapat meningkatkan daya tarik pelanggan.
Harga Basreng Regar didasarkan pada biaya produksi dan persaingan pasar. Untuk ukuran terkecil biayanya sendiri adalah 5.000 dan ukuran terbesar adalah 30.000.
Harga dari produk ini tentu sangat terjangkau, sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi pelanggan. Apalagi, jika Anda memberikan diskon sesekali, hal ini dapat meningkatkan penjualan Anda.
Basreng Regar dijual di berbagai lokasi termasuk toko-toko keripik dan makanan ringan, pasar tradisional, serta toko modern dan minimarket.
Strategi penjualan yang dilakukannya yaitu memanfaatkan penjualan langsung di TikTok dan Instagram, serta penjualan dari industri rumahan.
Selain itu, pemilik bisnis ini membuat spanduk dengan desain yang menarik dan memposisikan rumah secara strategis di dekat kantor untuk meningkatkan eksposur produk kepada pembeli yang beragam.
Strategi promosi yang akan digunakan yaitu media sosial (TikTok dan Instagram), iklan media cetak, dan meningkatkan promosi melalui ulasan dan testimoni.
Produk ini juga menawarkan promosi seperti diskon, hadiah, dan paket beli lebih banyak. Hal ini dapat menarik minat calon pembeli.
Memanfaatkan dukungan dari figur publik atau influencer di media sosial juga termasuk strategi pemasaran yang efektif. Karena dapat meningkatkan brand awareness dan keunggulan merek Basreng regar.
Bersiaplah untuk menenggelamkan gigi Anda ke dalam kebab terbaik yang pernah Anda rasakan bersama Harahap! Karena kebab ini memadukannya dengan rempah-rempah unik yang akan menggoda selera Anda.
Kebab Harahap merupakan perpaduan sempurna antara daging yang lezat dan bumbunya yang beraroma. Anda tidak akan bisa menolak aroma menggiurkan yang berasal dari kebab panggang yang lezat ini.
Rahasia kesuksesan Harahap terletak pada teknik pembuatannya yang cermat, yang memastikan setiap gigitannya penuh dengan cita rasa.
Jadi, kebab ini memiliki perpaduan sempurna antara bumbu dan panasnya keba, serta membuat Anda akan merasa puas dan ingin mencicipinya lagi.
Tapi tunggu dulu, masih ada yang lebih baik lagi! Harahap menawarkan berbagai pilihan produk kebab yang memenuhi setiap selera yaitu daging ayam, daging sapi atau vegetarian.
Produk utama dalam dari Kebab Harahap yaitu kebab. Meskipun cuman kebab, produk ini memiliki variasi yang dapat ditawarkan seperti Kebab Harahap ayam, daging sapi atau domba, serta Kebab Harahap vegetarian.
Kebab Harahap juga memiliki kemasan yang nyaman, dan mudah untuk dibawa, serta bisa dimakan saat bepergian.
Kebab Harahap menentukan harga dengan berbagai faktor seperti biaya produksi, termasuk bahan, tenaga kerja, dan pengemasan. Tak hanya itu produk ini juga mempertimmbangkan persaingan, dan pasar lokal.
Kisaran harga untuk produk ini mulai dari 10 ribu untuk varian termurah, dan 25 ribu untuk yang termahal. Kebab Harahap ini pun menerapkan promosi atau diskon selama waktu tertentu untuk meningkatkan penjualannya.
Keberhasilan gerai Kebab Harahap sangat bergantung pada lokasi. Lokasi yang optimal akan memiliki traffik pejalan kaki yang tinggi dan menarik orang-orang yang lapar untuk mencari makanan yang cepat dan lezat.
Perusahaan ini juga menawarkan stan yang terletak di teras alfamart dan indomaret, serta area traffik yang tinggi lainnya sepertipusat perbelanjaan, dan bar atau klub populer.
Perusahaan ini menggunakan berbagai strategi promosi efektif untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lamanya.
Strategi pemasaran yang digunakan seperti menawarkan diskon pada acara-acara khusus, mempromosikan melalui platform media sosial seperti TikTok dan Instagram, dan memasang spanduk atau baliho di lokasi-lokasi strategis.
Hal ini dapat secara efektif meningkatkan brand awreness untuk kebab Harahap dan menarik pelanggan potensial untuk membelinya.
Bersiaplah untuk memanjakan diri Anda dalam dunia produk EatSambel yang menggiurkan. Dengan berbagai pilihan rasa yang menggugah selera,Anda pasti akan menemukan pelengkap yang sempurna untuk makanan Anda.
Eatsambel memproduksi sambal kalengan dengan berbagai rasa dan bahan, termasuk cumi-cumi, daging, dan ikan teri. Mereka juga menawarkan produk lain dalam kemasan plastik dan botol sambal.
Produk eatsambel dipastikan memiliki kualitas tinggi dan rasa yang lezat, tanpa bau yang tidak sedap, agar dapat menanamkan kepercayaan pada pembeli.
Agar tetap kompetitif di pasar, produk Eatsambel harus memiliki harga yang sesuai dengan biaya produksi. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan perlu melakukan perencanaan produk yang matang, termasuk dalam hal penetapan harga. Product planning akan membantu perusahaan untuk menentukan harga yang dapat menutup biaya produksi namun tetap bersaing di pasaran. Selain itu, perusahaan juga perlu mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat agar produk Eatsambel dapat diterima dengan baik oleh konsumen.
Jadi, produk ini menawarkan harga terjangkau yang dapat meningkatkan basis pelanggan dan mempertahankan loyalitas di antara pelanggan yang sudah ada.
Harga eatsambel sendiri berkisar antara 15.000 hingga 50.000 tergantung pada ukuran dan bahan-bahannya.
Perusahaan ini mendistribusikan Eatsambel melalui berbagai platform e-commerce termasuk Shopee, Tokopedia, dan Lazada, serta melalui kemitraan dengan toko-toko dan pasar lokal.
Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan penjualan dan promosi di toko TikTok dan Instagram untuk meningkatkan aksesibilitas dan ketersediaan produk bagi pelanggan.
Promosi produk ini dilakukan melalui media sosial, iklan di platform e-commerce, dan pemasaran email. Kegiatan promosi seperti diskon, voucher, atau giveaway dapat digunakan untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Perusahaan ini menggunakan berbagai strategi pemasaran termasuk media sosial, iklan di platform e-commerce, dan kampanye email untuk mempromosikan produknya.
Selain itu, produk tersebut ditawarkan diskon, voucher, atau hadiah yang bertujuan untuk menarik minat pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Membangun kehadiran media sosial yang kuat, terutama di platform seperti TikTok dan Instagram, serta bermitra dengan influencer dapat meningkatkan pengenalan merek dan meningkatkan kesadaran akan produk Eatsambel.
Kentucky Fried Chicken atau KFC adalah merek makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia dan khususnya di Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki Marketing Mix yang belum dapat ditandingi oleh para pesaingnya.
Strategi pemasaran KFC mengkaji merek dengan menggunakan konsep Marketing Mix yang meliputi 4P (Product, Price, Place, Promotion).
Bauran pemasaran perusahaan ini mengacu pada pendekatan dan strategi yang digunakannya untuk menjangkau pasar sasarannya dan mengiklankan dirinya sendiri.
4P bauran pemasaran KFC adalah taktik produk, promosi, harga, dan tempat. Akibatnya, kita dapat menyimpulkan bahwa bauran pemasaran adalah strategi yang membantu kita untuk lebih memahami perusahaan dan dampaknya.
Teknik bisnis berbasis bauran pemasaran KFC ini membantu kesuksesan merek. Strategi pemasaran KFC juga membantu merek/perusahaan dalam membangun posisi pasar yang kompetitif dan mencapai tujuan bisnisnya.
Dalam postingan ini, kita akan membahas 4P dari Marketing Mix KFC, yaitu seperti di bawah ini.
Strategi produk adalah ringkasan dari barang-barang yang perlu dijual dan disediakan perusahaan kepada konsumennya. Ayam goreng adalah spesialisasi KFC, merek restoran cepat saji Amerika.
Produk awal KFC adalah potongan ayam goreng yang dibumbui dengan sebelas campuran rempah yang berbeda sesuai dengan formula Sanders.
KFC memodifikasi menunya agar sesuai dengan selera daerah di seluruh dunia, dengan hampir 300 pilihan menu yang tersedia.
Fakta bahwa KFC terus menambahkan hal-hal baru ke menunya membantu pengembangan strategi produk yang solid, yang membantu mempromosikan pemasaran.
Dalam skala dunia, KFC memiliki profitabilitas yang lebih tinggi. Bisnis tersebut menghasilkan laba $16 miliar pada tahun 2015. Di Eropa dan Rusia, merek tersebut memiliki kinerja yang sangat baik, yang merupakan aset signifikan bagi korporasi.
Harga burger sekitar $5, sedangkan kombinasi makan siang dengan minuman berharga sekitar $15. Bundel lebih murah daripada membeli semua barang secara terpisah.
Ini sangat menguntungkan di negara-negara yang sensitif terhadap harga seperti Asia dan Afrika.
Merek ini menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari $25 miliar di seluruh dunia.
Pendekatan ini berfokus pada penentuan di mana perusahaan dapat menemukan calon konsumen untuk produknya. Staf pemasaran KFC mengikuti serangkaian pedoman yang ketat dalam hal meletakkan dasar lokasinya di seluruh negeri.
Status KFC saat ini sebagai raksasa global adalah karena strategi memenangkan penontonnya. KFC dan restorannya memiliki lebih dari 15.000 lokasi di lebih dari 100 negara.
Lokasi KFC semuanya sengaja ditempatkan di dekat sekolah, universitas, tempat kerja, dan lembaga pendidikan lainnya.
Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kaum muda mengonsumsi makanan cepat saji jauh lebih banyak daripada penduduk negara yang lebih tua.
Cara di mana produk perusahaan dapat dipromosikan di pasar disebut sebagai strategi promosi. KFC, sebagai salah satu perusahaan makanan terbesar, memasarkan dirinya secara agresif.
Mayoritas iklan dilakukan melalui iklan televisi, surat kabar, jurnal, dan papan reklame. KFC telah mensponsori Australian Big Bash League (BBL) serta pertandingan kriket lainnya.
Untuk meyakinkan pelanggannya akan produk dan kelezatan kulinernya yang menggugah selera, KFC menggunakan tagline ‘Its Finger-Lickin’ Good.’
Karena KFC memiliki profil sosial yang kuat, KFC akan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumennya sambil belajar lebih banyak tentang barang dan jasanya.
KFC juga memanfaatkan restoran mereka secara ekstensif untuk memasarkan produk baru.
Nah, itu dia penjelasan mengenai singkat dari contoh Marketing Mix produk makanan. Dengan begitu Anda bisa mengikuti atau meniru strategi yang dilakukan dari setiap brand atau produk ini.
Berikut salah satu contoh marketing mix produk makanan menggunakan 4 elemen:
KFC, Kentucky Fried Chicken atau KFC adalah merek makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia dan khususnya di Amerika Serikat. Perusahaan ini memiliki Marketing Mix yang belum dapat ditandingi oleh para pesaingnya.
Product – Strategi produk adalah ringkasan dari barang-barang yang perlu dijual dan disediakan perusahaan kepada konsumennya. Ayam goreng adalah spesialisasi KFC, merek restoran cepat saji Amerika.
Price – Merek ini menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari $25 miliar di seluruh dunia.
Place – Lokasi KFC semuanya sengaja ditempatkan di dekat sekolah, universitas, tempat kerja, dan lembaga pendidikan lainnya.
Promotion – Mayoritas iklan dilakukan melalui iklan televisi, surat kabar, jurnal, dan papan reklame.
Safira Haddad, Penulis Konten Profesional yang berpengalaman 2+ tahun dalam dunia kepenulisan dan berdedikasi di Upgraded.id. Kemampuan utama, SEO dan Content Writing.